Tips Perawatan Burung Kolibri Ninja

- 8:22 AM

Tips Perawatan Burung Kolibri Ninja

 
Kolibri ninja merupakan jenis burung kicauan paling ternama serta tidak sedikit dicari penggemar burung di Indonesia. Jenis burung ini sebetulnya bernama burung-madu akan tetapi tampaknya orang kita lebih senang menyebutnya menjadi kolibri. Berikut merupakan bagaimana merawat burung kolibri ninja supaya lebih rajin bunyi.
Tips perawatan burung kolibri ninja
Kolibri ninja ataupun burung-madu bakau

Kolibri ninja dalam bahasa resmi mempunyai nama burung-madu bakau (Nectarinia calcostetha). Spesies ini mempunyai tubuh berwarna kehitaman. Burung jantan memiliki tubuh bagian atas berwarna hitam mengkilap kehijauan, setrip kumis serta dada berwarna ungu, tenggorokan serta dada berwarna tembaga gelap mengkilap. Burung betina mempunyai kepala berwarna abu-abu, punggung zaitun, tenggorokan keputihan, perut kuning kotor, dan penutup ekor bawah berwarna putih.
Penampilan kolibri ninja jantan (kiri) serta betina

Penampilan burung-madu bakau ataupun kolibri ninja Amat mirip yang dengannya burung-madu pengantin, akan tetapi bedanya tidakmemiliki warna merah di bagian dada, sisi tubuh kuning serta pula ukurannya yng lebih besar. Penyebaran burung-madu bakau ataupun kolibri ninja ini terdapat di Asia Tenggara, Palawan, Semenanjung Malaysia serta di tempat Sunda Besar.
Perawatan kolibri ninja supaya rajin bunyi
Sebelum mengawali perawatan hariannya, sebaiknya kamu telah mempunyai seekor burung yng berjenis kelamin jantan. Burung jantan dikenal memiliki bunyi kicauan yng lebih bervariasi dari burung betina, selain itu punya gaya berkicau yng Amat khas.
Pemberian pakan merupakan hal yng paling utama dalam perawatan hariannya, di alam liar kolibri ninja memakan serangga-serangga kecil lebih-lebih laba-laba serta pula menghisap nektar ataupun cairan manis yng berasal dari sari bunga. Dalam perawatan hariannya, kedua jenis pakan yang telah di sebutkan Perlu disediakan supaya burung tetap aktif menjadikan rajin berbunyi.
Pakan yng mampu disediakan antara lain: kroto berupa telur serta larva semut, laba-laba kecil (andai ada), air nektar ataupun air gula alternatifnya merupakan air madu, serta voer halus andai burung telah terbiasa mengkonsumsinya.
Perawatan harian kolibri ninja:
  • Pagi hari burung dikeluarkan lantas dijemur sebentar di bawah sinar matahari pagi.
  • Sesudah beberapa menit, burung dimandikan yang dengannya tatacara mandi cepuk ataupun disemprot yang dengannya sprayer.
  • Sesudah mandi, burung kembali dijemur selama 30 menit.
  • Berikan kroto segar yng bersih sebanyk satu sendok teh kecil.
  • Setiap beberapa hari sekali burung diberikan pakan ulat sangkar.
  • Jka ada berikan laba-laba kecil yng tak rawan baik bagi perawatnya ataupun burung yng mengkonsumsinya, alternatifnya merupakan memberikan serangga jenis lain-lainnya.
  • Berikan air nektar yng mampu dibuat yang dengannya tepung nektar, ataupun membuat nektar buatan yang dengannya mencampurkan gula putih secukupnya dalam satu gelas air. Selain itu mampu pula memberikan madu alam dalam cepuk minumnya.
  • Air gula ataupun nektar ini sebaiknya diganti sehari-hari lantaran rentan di kenai bakteri andai disimpan terlalu lama ataupun lebih dari 24 jam.
  • Sesudah penjemuran, burung digantung di tempat sejuk serta diberikan pemasteran.
  • Sore harinya, burung dikerodong hingga pagi hari.

Butuh diketahui pula bahwasanya Seluruh jenis burung-madu merupakan jenis burung yng dilindungi oleh pemerintah melalui PP No 7/1999. Satu dari sekian banyaknya alasan dilindunginya burung-madu merupakan jenis burung ini turut berperan dalam penyerbukan tanaman serta hutan, tanpa adanya burung-madu maka ekosistem hutan akan terganggu.
Salam
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/02/tips-perawatan-burung-kolibri-ninja.html.

Seputar Tips Perawatan Burung Kolibri Ninja

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Perawatan Burung Kolibri Ninja