9 Permasalahan Lovebird Yang Perlu Anda Ketahui

- 2:02 AM

9 Permasalahan Lovebird Yang Perlu Anda Ketahui

 
Oleh Bunyi Burung Juara Tuesday, December 16, 2014 Mengetahui banyak sekali permasalahan “Penyakit” yng Suka berlangsung dalam merawat burung lovebird pula adalah suatu keharusan bagi pemeliharanya. Menjadi pemelihara diwajibkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan perawatan sebaik-baiknya pada hewan peliharaan kesayangannya.
burung-lovebird-dan-permasalahannya
Memiliki pengetahuan banyak sekali permasalahan yng biasa berlangsung dalam perawatan burung lovebird akan membuat kita menjadi lebih tenang, lantaran kita telah tahu tatacara mengatasinya. Penting sekali kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui beberapa daftar permasalahan yng biasa berlangsung pada lovebird, semisal dibawah ini.

1. Permasalahan egg binding pada lovebird


Permasalahan dalam ternak lovebird yng Suka mennyebabkan indukan betina mati merupakan Egg binding ataupun biasa disebut yang dengannya telur lengket. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kecil kematian induk betina lantaran egg binding mampu di lakukan yang dengannya tatacara semisal berikut:
  • Sediakan alat sepet (berisi minyak goreng yng masih baru/fresh sebanyk 1 ml).
  • Minyak goreng
Tips menanggulanginya:
  • Pegang lovebird yang dengannya posisi terlentang, lantas kamu lolohkan mempergunakan sepet yng berisi minyak goreng ke mulutnya.
  • Selanjutnya, teteskan minyak goreng pada anus LB. Sesudah itu, urut secara perlahan-lahan serta sembari ditekan sesekali.
  • Sesudah prose situ selesai, masukan kembali lovebird yng mengalami egg binding kedalam sangkar yng dikerodong. Lihat hasil nya pada keesokan harinya.

2. Permasalahan cacat kaki pada lovebird


Ramai sekali berlangsung anakan lovebird yng kakinya tak mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk berdiri dan jari kaki tak mampu mencengkeram yang dengannya sempurna. Penyebab terjadinya hal ini dikarenakan bahan sarang yng terdapat pada sangkar tak mencukupi serta menghasilkan lovebird tak mempunyai dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk berpijak pada tempat yng tak licin.
Kasus ini Suka berlangsung pada dasar sangkar yng mempergunakan papan triplek. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu sebaiknya genakan papan yng belum diserut ataupun dihaluskan menjadi papan dasar pada sangkar.
Mengatasi anakan lovebird yng telah terlanjur cacat mampu kamu lakukan yang dengannya memasung kakinya yang dengannya kain. Tatacaranya merupakan tarik kedua kaki ketengah tidak banyak kencang.

3. Lovebird di kenai snot


Pada tulisan atau artikel Kenali Penyebab Infeksi Mata pada Burung kami pula membahas masalah penyakit Snot. Jenis penyakit yng menyerang mata ini memanglah Amat rawan bagi burung Lovebird. Akan tetapi kamu pula tak butuh risau, lantaran andai di lakukan perawatan yang dengannya baik penyakit Snot ini mampu disembuhkan.
lovebird-terkena-snot-penyakit-mata
Ciri umum pada lovebird yng di kenai Snot merupakan Suka keluar cairan pada bagian mata, lantaran adanya rasa yng mengganggu maka burung akan Suka menggosokan matanya pada tenggeran ataupun pada jeruji sangkar secara berulang-ulang, berkurangnya nafsu makan yng menghasilkan tubuh menjadi kurus, adanya pembengkakkan disekitar kelopak mata yng berwarna merah, andai telah terlalu lama burung mengalaminya maka tekstur kotorannya akan cair dan berwarna putih yang dengannya bau yng menyengat.
Tips menangani lovebird yng di kenai snot/penyakit mata
  • Sifat penyakit ini merupakan menular, jadi sebaiknya burung dikarantina/dijauhkan yang dengannya burung lain-lainnya berlebi dahulu.
  • Hentikan proses memandikan serta penjemuran, kerodong sangkar (usahakan ada tidak banyak cahaya) serta tempatkan di ruangan yng sepi.
  • Berikan antibiotic dan vitamin supaya kondisi burung tak drop/lemah.
  • Oleskan obat khusus snot (kamu mampu peroleh di toko burung) yang dengannya mempergunakan tisu pada bagian mata.
  • Hentikan pemberian makanan kangkung berlebi dahulu.
  • Tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum usahakan yng berukuran kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari lovebird mandi sendiri.
  • Semprotkan air rebusan daun sirih pada sangkar, air rebusan ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh bakteri supaya tak berkembang biak.
  • Kotoran dalam sangkar Perlu selalu dibersihkan.
  • Dalam melakukan pengobatan, sebaiknya kamu mempergunakan sarung tangan guna menghindari tertularnya bakteri.

4. Permasalahan patek pada lovebird


Penyebab terjadinya patek ataupun cacar unggas merupakan strain virus cacar, virus jenis ini pula bisa menyerang lovebird kesayangan kamu. Resiko kematian unggas yng di kenai patek/cacar Amat tinggi serta bersifat menular. Penularan virus ini mampu melalui nyamuk, terjadinya gesekan ataupun kontak langsung yang dengannya permukaan burung yng di kenai patek.
Penyakit patek terdiri dari dua jenis, yakni patek kering (cutaneous) serta patek basah.
#1. Patek kering
Jenis penyakit ini pada biasanya akan menyerang kulit yang dengannya timbulnya kutil pada bagian tubuh tanpa bulu semisal bagian sekitar mata, pangkal paruh, serta kaki.
Burung yng di kenai patek/cacar mampu dilihat dari tandanya:
  • Adanya kutil pada bagian yng tak berbulu
  • Andai virus ini telah hingga mengganggu system saluran makan, maka burung akan terlihat kurus serta lemah.
  • Pernafasan burung menjadi tersengal-sengal.
#2. Patek basah
Burung yng di kenai patek basah umumnya akan terdapat bercak putih yng menyerang selaput dimulut, kerongkongan, trakea, paru-paru. Akibat terjadinya patek basah ini maka system pernapasan burung akan terganggu serta kesulitan dalam makan.
Patek basah pula adalah jenis penyakit yng menular. Penularan penyakit ini percis semisal penyakit patek kering diatas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pengobatannya pula percis yang dengannya jenis penyakit patek kering.

5. Permasalahan nyilet pada lovebird

nyilet-pada-lovebird
Loevbird nyilet merupakan tulang dada yng terlihat menonjol ataupun yang dengannya bahasa lain prominent keel/prominent breast bone. Dada nyilet Suka diidentikan lantaran kekurangan gizi, akan tetapi tak seluruh LB yng nyilet lantaran asupan gizi yng tidak lebih, mampu pula lantaran adanya penyakit.
Penyebab umum terjadinya permasalahan nyilet pada lovebird antara lain:
  • Kandungan gizi pada makanan yng tidak lebih.
  • Minimnya porsi makan burung.
  • Burung di kenai penyakit gondok.
  • Burung mengalami keracunan bahan logam berat.
  • Adanya permasalahan pada paruh.
  • Adanya gangguan parasit yng menyerang lovebird, semisal: Cacing gelang, giardia, lalat, kutu, dan tungau kulit.
  • Terjadinya infeksi yng diakibatkan oleh bakteri, jamur, serta virus.
  • Penyakit yng mampu menghasilkan penurunan berat badan lovebird antara lain PDD (Proventricular Dilatation Disease), Aspergillosis, Psittacosis, Avian tuberculosis, Candida, Avian polyoma, WNV (west nile virus).

Pengobatan lovebird nyilet

  • Burung dikarantina/diisolasi dalam sangkar yng dikerodong.
  • Hentikan proses mandi serta penjemuran berlebi dahulu.
  • Berikan obat khusus nyilet (mampu di peroleh di toko burung)
  • Bersihkan kotoran burung sehari-hari.

6. Tetelo pada lovebird


Tetelo adalah penyakit yng menyerang system saraf burung. Ciri-tanda lovebird di kenai tetelo merupakan menggeleng-gelengkan kepala semisal di kenai stroke.
Tips mengobatinya percis semisal pada lovebird yng di kenai snot diatas, yng membedakan merupakan jenis obatnya. Genakan obat khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetelo ataupun obat khusus syaraf yng tidak sedikit dijual di toko burung.

7. Kaki lemas pada lovebird


Penanganan lovebird yng kakinya lemas merupakan yang dengannya mengkarantina berlebi dahulu, lantas kompres kaki yang dengannya mempergunakan air Anget dilanjutkan yang dengannya mengurut kaki mempergunakan minyak tawon 2 kali sehari (lamanya pengurutan mampu kamu sesuaikan sendiri).

8. Lovebird berak kapur


Lovebird yng kotorannya semisal kapur ataupun biasa disebut yang dengannya berak kapur, tatacara mengobatinya merupakan yang dengannya memberikan bawang putih bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimakan. Potong bawang putih berukuran kecil-kecil lantas taruh pada wadah makanan (cukup 1/2 siaung saja).

9. Lovebird cabut bulu


Cabut bulu yng di lakukan lovebird bukan cuma lantaran adanya kutu ataupun kekurangan vitamin, akan tetapi mampu lantaran menderita stress fisiologis. Penyakit ini pula kerap berlangsung pada burung paruh bengkok lain-lainnya.
Stress fisiologis timbul akibat hidup menyendiri dalam sangkar, semisal yng kita tahu bahwasanya lovebird adalah tipe burung yng senang berkoloni. Menjadikan andai mengalami hidup sendiri maka mampu membuat burung stress secara fisiologis, di antaranya merupakan hilangnya komunikasi yang dengannya sesama lovebird dan tak memperoleh pasangan.
Akibat keadaan yng semisal itu maka burung menjadi stress serta meluapkan kegelisahannya yang dengannya tatacara mencabuti bulu-bulunya.
Solusi paling baik pada burung yng cabut bulu akibat stress fisiologis merupakan yang dengannya mencarikan jodoh guna melampiaskan hasrat biologisnya. (lihat pula tulisan atau artikel 6 Langkah Mengatasi Murai Yang Mencabut Bulu)
Itulah beberapa permasalahan yng biasa berlangsung pada perawatan burung lovebird, mudah-mudahan mampu berguna bagi para pecinta burung yng terkenal yang dengannya ngekeknya. Sumber rujukan tulisan atau artikel dari banyak sekali pengalaman kaskuser. Tag : Lovebird, Perawatan

Sumber rujukan dan gambar : http://www.suaraburungs.com/2014/12/9-permasalahan-pada-lovebird.html.

Seputar 9 Permasalahan Lovebird Yang Perlu Anda Ketahui

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 9 Permasalahan Lovebird Yang Perlu Anda Ketahui