Merawat Burung Yang Susah Jinak

- 8:11 AM

Merawat Burung Yang Susah Jinak

 
Walau sudah tidak sedikit berita ataupun tatacara mengenai tatacara menjinakkan burung bakalan, akan tetapi pada faktanya masih tidak sedikit burung yang memanglah susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat jinak, lebih-lebih andai burung yang telah di sebutkan didapat dalam kondisi dewasa hutan. Akan tetapi kita jangan berkecil hati, lantaran walau burung masih tetap giras akan tetapi orang-orang akan tetap berbunyi andai diberikan perawatan yang tepat. Bagaimana tatacaranya? Ikuti saja cara bagaimana merawat burung yang susah jinak yang akan di sajikan kali ini.

- Walau beresiko serta butuh perawatan yang ekstra, akan tetapi burung bakalan tetap tidak sedikit diburu lantaran harganya yang murah serta cukup terjangkau. Akan tetapi hal yang telah di sebutkan terkadang tak sebanding yang dengannya perawatan hariannya, apalagi andai burung yang telah di sebutkan belum makan voer serta dalam kondisi yang masih liar, menjadikan butuh waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan perawatan tambahan sebelum burung benar-benar akan rajin berbunyi. Tahap-tahap perawatan burung bakalan seusai burung dibawa ke rumah antara lain:
  • Tahap adaptasi
  • Tahap melatih makan voer
  • Tahap penjinakkan
  • Tahap pemasteran
Bagi burung bakalan usia muda hutan, tahapan-tahapan yang telah di sebutkan tentu akan lebih gampang di lakukan, lantaran sifat burung muda yang cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang besar menjadikan cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyesuaikan diri serta mau mendapatkan pelatihannya. Akan tetapi hal yang berbeda umumnya ditunjukkan oleh burung bakalan yang telah berusia dewasa ataupun telah tua, orang-orang rata-rata lebih mikirin keselamatan dirinya, menjadikan proses pelatihannya akan menjadi susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan.
Akan tetapi yang dengannya melakukan beberapa cara berikut, tentu akan mampu mempermudah dalam perawatan burung bakalan yang susah jinak yang telah di sebutkan.
Satu hal yang paling penting serta mendasar dalam perawatan burung bakalan yang susah jinak merupakan memberikan rasa aman pada burung yang telah di sebutkan. Hal ini Amat memberi pengaruh kondisi burung yang telah di sebutkan, yang dengannya menciptakan rasa aman, maka burung cenderung terasa nyaman menjadikan kita tak akan direpotkan lagi yang dengannya perawatannya.
Memberikan rasa aman pada burung mampu di lakukan yang dengannya beberapa tatacara menjadi berikut :
Menggantung burung di tempat yang tenang
Disaat kita memperoleh burung bakalan, apalagi burung yang telah di sebutkan telah berusia dewasa hutan ataupun telah tua, maka satu hal yang mampu kita lakukan merupakan tak terlalu berambisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjinakkan burung yang dengannya cepat, misalnya langsung menggantung burung di tempat yang ramai. Hal yang telah di sebutkan malah akan memperparah kondisi "kegirasan" dari burung yang telah di sebutkan, lantaran rasa takut yang terus-menerus muncul disaat melihat kita-kita yang lantas lalang akhirnya akan memicu stress berat tersendiri bagi burung yang telah di sebutkan.
Burung bakalan susah jinak
Selama beberapa minggu burung yang susah jinak digantung di tempat tenang

Perawatan yang tepat bagi burung bakalan yang susah jinak merupakan yang dengannya menyimpan burung ditempat yang tenang, akan tetapi tanpa tidak lagi mengingat interaksi langsung antara pemilik yang dengannya burungnya, lantaran tanpa interaksi, burung yang telah Amat jinak sekalipun disaat dibiarkan maka burung yang telah di sebutkan cenderung akan kembali pada sifat alaminya yakni liar.

Gantung burung ditempat tenang misalnya di pekarangan, loteng, ataupun belakang rumah yang tak tidak sedikit aktivitas kita-kita selama beberapa minggu. Selama itu juga kita Perlu selalu melakukan interaksi yang dengannya orang-orang. Bentuk interaksi yang telah di sebutkan misalnya merupakan memberikan pakan EF yang dengannya tangan ataupun lidi, memandikan burung yang dengannya tatacara disemprot halus ataupun dimandikan yang dengannya tangan, selalu berusaha menenangkan burung yang dengannya bunyi ataupun siulan, dan bentuk-bentuk interaksi lain-lainnya. Andai kamu cukup rutin melakukannya, maka dalam beberapa minggu, burung akan mulai menganggap kamu bukanlah musuh orang-orang, serta secara perlahan burung pun mampu menyesuaikan diri yang dengannya pemiliknya.
Burung yang selalu melukai dirinya sendiri
Selama ini, sebagian besar penggemar burung lebih memilih memberikan kerodong pada burungnya disaat burung yang telah di sebutkan mulai terlihat giras. Apalagi andai kondisi girasnya itu telah Amat keterlaluan ataupun burung telah tak mikirin kondisinya sendiri, lantaran tidak jarang burung yang Amat ketakutan akan berusaha melarikan diri yang dengannya menabrak jeruji, akibatnya burung cenderung melukai dirinya sendiri.
Burung bakalan muda hutan cenderung lebih bersifat tenang serta tak grabag-grubug disaat orang-orang terasa ketakutan, berbeda yang dengannya burung yang telah berusia dewasa ataupun tua hutan, lantaran rasa takut orang-orang lebih besar dari keingintahuannya. Menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakalinya, kita sekali lagi Perlu memberikan simulasi rasa aman bagi burung yang telah di sebutkan, yang dengannya tatacara menutup sangkarnya yang dengannya kain kerodong yang secara bertahap dinaikkan selama beberapa minggu, ataupun mampu pula mempergunakan serta memanfaatkan kertas koran bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi bagian kiri serta kanan dari sangkarnya.
Teknik pengkerodongan burung secara bertahap
- Yang dengannya melakukan hal yang telah di sebutkan, maka burung cenderung akan lebih tenang serta tak gampang grabag-grubug, selain itu sifat liar orang-orang pun akan lebih terkontrol menjadikan tak akan menyakiti dirinya sendiri.
Sesudah burung mulai menunjukan perubahan sikap serta karakternya, maka pada tatkala itu juga burung umumnya akan lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk diberikan pemasteran supaya lebih rajin berkicau, ataupun mampu pula di lakukan tahap penjinakkannya semisal tahap yang biasa di lakukan pada tatkala menjinakkan burung bakalan muda hutan.
Akan tetapi andai lantas burung yang telah di sebutkan tetap tak mau jinak, atau juga masih tetap giras serta tak mau mengeluarkan bunyi kicauannya, maka jalan yang mampu kamu tempuh merupakan menukar burung yang dengannya burung lain-lainnya (tukar tambah) ataupun melepasliarkan burung yang telah berusia dewasa / tua yang telah di sebutkan di tempat asli aslinya supaya berkembangbiak yang dengannya syarat-syarat tertentu.
Mudah-mudahan berguna Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/07/merawat-burung-yang-susah-jinak.html.

Seputar Merawat Burung Yang Susah Jinak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Merawat Burung Yang Susah Jinak