Pitohui ; Burung Beracun Dari Tanah Papua

- 9:06 PM

Pitohui ; Burung Beracun Dari Tanah Papua

 
Burung Hooded Pitohui yng merupaka endemik asli Papua nugini ini barangkali satu - satunya burung eksotis yng bisa atau mampu menjaga dirinya dari hewan pemangsa lain-lainnya, bagaimana tak, Burung ini dikategorikan menjadi satu dari sekian banyaknya burung yng beracun di dunia. Pertahanan orang-orang dari pemangsa merupakan dari Bulu serta kulitnya yng memiliki kandungan alkaloid neurotoksik kuat dari jenis batrachotoxin (yng pula didapati pada katak panah beracun Kolombia, ataupun genus Phyllobates).
Burung dasarnya memang tak mampu memproduksi Racun yang dengannya sendirinya akan tetapi tidak sedikit penelitian mengenai burung Pitohui ini yng memperlihatkan bahwasanya racun yng keluar dari burung yang telah di sebutkan merupakan hasil dari makanan utamanya , menjadi burung omnivora burung ini memakan beberapa jenis kumbang yng memiliki kandungan neurotoxin kuat serta memiliki kandungan alkaloid.
Racun-racun yang telah di sebutkan menyebar melalui jaringan kulit serta Bulu - bulunya, yng andaikan tangan kita memegang burung yang telah di sebutkan maka akan langsung terasa penyebaran racunnya yakni munculnya kesemutan, mati rasa, Kulit terbakar serta bersin - bersin. Oleh lantaran itulah Penduduk asli di Papua Nugini menyebut burung ini yang dengannya sebutan Burung Sampah, lantaran tak mampu dikonsumsi serta meskipun terpaksa Perlu dikonsumsi maka berlebi dahulu dihilangkan bulu dan kulitnya lantas dagingnya dilapisi yang dengannya arang bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas dibakar/panggang.
Menjadi peringatan bagi pemangsa (aposematism) akan sifat racunnya, burung ini mempunyai warna Oranye terang serta warna hitam yng memungkinkan calon pemangsa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenalinya, serta diyakini juga oleh para ahli bahwasanya burung ini pula menggosokan racunnya pada telur serta pula anaknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga orang-orang dari pemangsa.
Jenis - jenisnya:
  • Variable Pitohui, Pitohui kirhocephalus
  • Hooded Pitohui, Pitohui dichrous
  • White-bellied Pitohui, Pitohui incertus
  • Rusty Pitohui, Pitohui ferrugineus
  • Crested Pitohui, Pitohui cristatus
  • Black Pitohui, Pitohui nigrescens
Bunyi :
Penyebaran: Papua Nugini serta Papua ( Indonesia ).

Video terkait;
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/01/pithui-burung-beracun-dari-tanah-papua.html.

Seputar Pitohui ; Burung Beracun Dari Tanah Papua

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pitohui ; Burung Beracun Dari Tanah Papua