Seputar Burung Gelatik

- 5:00 PM

Seputar Burung Gelatik

 
Gelatik jawa ataupun Padda oryzivora merupakan sejenis burung pengicau berukuran kecil, yang dengannya panjang lebih tidak lebih 15cm, dari suku Estrildidae. Burung gelatik jawa mempunyai kepala hitam, pipi putih serta paruh merah yng berukuran besar. Burung dewasa memiliki bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki merah muda serta lingkaran merah di sekeliling matanya. Burung jantan serta betina sejenis. Burung muda berwarna coklat.
Burung ini endemik dari Indonesia serta di alam didapati di hutan padang rumput, sawah serta lahan budidaya di Pulau Jawa serta Pulau Bali. Saat ini, spesies ini dikenali di tidak sedikit negara di seluruh dunia menjadi burung hias.
Perilakunya senang berkelompok serta cepat berpindah-pindah. Pakan utama burung ini merupakan bulir padi ataupun beras, pula biji-bijian lain, buah, serta serangga. Burung betina menetaskan antara empat hingga enam telur berwarna putih, yng dierami oleh kedua tetuanya. Spesies ini adalah satu dari sekian banyaknya burung yng paling diminati oleh para pemelihara burung. Penangkapan liar, hilangnya tempat asal hutan, dan terbatasnya ruang hidup burung ini memicu populasi gelatik Jawa menyusut pesat serta terancam punah di tempat asal aslinya dalam waktu singkat. Saat ini sudah susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjumpai gelatik di persawahan ataupun ladang. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/07/seputar-burung-gelatik.html.

Seputar Seputar Burung Gelatik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Seputar Burung Gelatik