Tips Ternak Kacer Untuk Pemula

- 4:33 AM

Tips Ternak Kacer Untuk Pemula

 
Sebetulnya menangkar kacer taklah sesulit yng dipikirkan oleh tidak sedikit orang. Selama burung telah masuk pada kondisi breeding, maka penangkarannya pun akan berjalan lancar tanpa hambatan. Lantas bagaimana mengondisikan kacer supaya siap tangkar? Berikut cara ternak kacer untuk pemula.
 ternak kacer untuk pemula
Berbeda dari beberapa tahun yng lantas, burung kacer kini makin popular serta tidak sedikit diminati oleh seluruh kalangan. Padahal dahulu jarang sekali orang yng mau memelihara kacer yang dengannya beragam alasan, sampai-sampai harga kacer yng telah gacor saja cuma dihargai Rp 300 ribu rupiah!. Beda zaman beda rasa, kini yang dengannya uang sebesar itu cuma mampu membeli burung kacer bakalan yng masih giras serta tak ketahuan bunyi apa nggaknya.
Kacer memanglah menjadi burung favorit kicaumania selain murai batu serta cucak hijau, malah tatkala ini saja telah tidak sedikit kicaumania yng sukses menangkarkan burung kacer orang-orang, meskipun hasil tangkarannya tak dijual bebas di pasaran. Berternak kacer memanglah cukup menggiurkan, hayalkan saja untuk satu anakan yng belum terperinci jenis kelaminnya rata-rata diharga Rp 250.000 - Rp 350.000. Lantaran itulah, tidak sedikit orang yng lantas tertarik untuk ternak kacer, walau yang dengannya lahan dibatasi.
Yup, ternak kacer memanglah mampu di lakukan dalam lahan yng serba dibatasi, salah satunya mempergunakan serta memanfaatkan sangkar harian menjadi sangkar ternaknya.
Tips perjodohan
Proses perjodohan sebelum ternak kacer di lakukan yang dengannya mempergunakan dua ekor kacer calon indukan yng berbeda jenis kelaminnya. Pastikan saja kamu telah mempunyai sepasang kacer yng terdiri dari burung jantan serta betina. Membedakan jenis kelamin kacer merupakan pekerjaan yng Amat gampang, lantaran mampu dilihat dari penampilan serta warna bulunya. Untuk lebih jelasnya, silakan amati perbedaannya dalam gambar yang akan di sajikan kali ini:
ternak kacer
Untuk memperoleh hasil ternak kacer yng lebih memuaskan, burung kacer yng akan kamu ternak yang telah di sebutkan Perlu berumur mapan ataupun telah matang kelamin. Dalam hal ini, burung jantan tentu Perlu berumur lebih dari satu tahunan, sedangkan burung betina minimal berumur 8 bulan.
Untuk mengetahui ciri-ciri burung berumur mapan mampu di lakukan yang dengannya mendengarkan bunyi serta melihat penampilannya. Kacer jantan biasanya mempunyai bunyi kicauan yng ngeplong serta jarang ngeriwik, selain itu bulu-bulu di bagian dadanya terlihat lebih kelam serta mengkilap, sedangkan pada kaki-kakinya telah tampak bersisik. Kacer betina biasanya memiliki perilaku gemar bersiul memanggil burung jantan, serta disaat mendengar bunyi jantannya ia akan terlihat Amat gelisah.
Pada tahap perjodohan, kedua burung mempergunakan sangkar harian yng berukuran tengah yang dengannya posisi tenggeran disesuaikan (masing-masing pada posisi percis rendah). Selama beberapa hari, tempel kacer jantan serta betina dalam jarak berdekatan sembari mengamati perilaku orang-orang. Andai keduanya saling tertarik umumnya pada malam hari orang-orang akan tidur saling berdampingan yang dengannya posisi saling mepet ke dinding sangkar.
Itulah gunanya memberikan tenggeran dalam posisi yng percis rendah, yakni untuk memberikan peluang supaya burung mampu saling mengenal serta berdekatan lebih-lebih tatkala sangkarnya didempetkan. Selama masa perjodohan, berikan pakan tinggi protein untuk menaikan birahi keduanya. Pakan yang telah di sebutkan mampu berupa EF hariannya semisal jangkrik yng diberikan dalam jumlah secukupnya.
Tahap ternak kacer
Sesudah kedua burung kacer yang telah di sebutkan dirasa telah saling mengenal satu percis lain, telah saatnya bagi kita untuk menyiapkan sangkar ternak kacer yng akan dipakai. Sangkar ternak ini mampu mempergunakan serta memanfaatkan sangkar besi yng biasa dipakai untuk ternak lovebird, sangkar aviary, ataupun sangkar harian yng berukuran besar (No.1).
Jangan tidak ingat untuk menyediakan tempat sarang di dalam sangkar ternak yng dipakai. Tempat sarang yng dipakai merupakan tempat sarang berbentuk sepert glodok akan tetapi yang dengannya pintu masuk yng besar, model tempat sarang mampu kamu lihat dalam gambar ternak kacer yang akan di sajikan kali ini:
cara ternak kacer
Kotak sarang yng dipakai dalam penangkaran kacer

Siapkan bahan-bahan untuk membuat sarang, semisal bahan sabut/serat kelapa, rumput kering, serta sebagainya. Letakkan sebagian bahan sarang di dalam kotak sarang serta sisanya ditebarkan di dasar sangkar ternaknya.
Selama masa penyatuan yang telah di sebutkan, kamu Perlu lebih rajin melakukan pengamatan. Lantaran ada kalanya burung yng terlihat telah berjodoh, akan tetapi disaat disatukan dalam sangkar ternaknya malahan bahkan saling berantem ataupun kejar-kejaran. Umumnya hal yang telah di sebutkan merupakan akibat satu dari sekian banyaknya burung yng telah masuk kondisi breeding ataupun telah birahi, sedangkan burung yng lain belum siap / belum masuk kondisi breeding.
Andai masalah yang telah di sebutkan menimpa burung kacer yng kamu coba ternakkan, solusinya merupakan mengulangi lagi tahap perjodohannya. Akan tetapi pada di artikel ini, burung betina dibiarkan berada dalam sangkar ternakna, sedangkan burung jantan dijauhkan dalam sangkar harinnya. Nantinya sangkar si jantan digantung berdekatan yang dengannya sangkar ternak yng berisi pasangannya.
Lakukan penempelan selama tidak lebih lebih satu minggu sembari melakukan perubahan setingan pakan hariannya. Misalnya, burung jantan yng telah birahi diberikan pakan jangkrik yang dengannya takaran semisal biasa, sedangkan burung betina yng tidak lebih birahi diberikan pakan jangkrik yng lebih tidak sedikit. Andai butuh, berikan suplemen breeding pada burung yang telah di sebutkan.
Tahap perkembang biak
Sesudah kedua burung sudah berjodoh, maka dalam waktu yng tak terlalu lama, orang-orang akan melakukan ritual kawin yng umumnya diawali yang dengannya saling kejar-kejaran ala film-film India. Ciri-tanda burung telah kawin mampu diamati dari perilaku burung betina yng sibuk memunguti serta merapihkan bahan-bahan sarang.
Pada waktu burung betina bertelur, maka pada tatkala itu kita Perlu mampu melindungi situasi sangkar ternak kacer nya tetap aman serta nyaman. Gangguan yng muncul disaat burung tengah mengerami telur-telurnya mampu menghasilkan kegagalan dalam penangkarannya. Camkan itu..!
Demikian cara ternak kacer untuk pemula, mudah-mudahan mampu memberikan manfaat.
Salam ternak kacer!
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/08/tips-ternak-kacer-untuk-pemula.html.

Seputar Tips Ternak Kacer Untuk Pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Ternak Kacer Untuk Pemula