Bagaimana Cara Beternak Burung Kacer Agar Berhasil

- 8:57 AM

Bagaimana Cara Beternak Burung Kacer Agar Berhasil

 
Kicaukan - Bagaimana Tips Bertenak Burung Kacer Supaya Sukses - Sobat kicaukan pernahkah kamu punya keinginan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertenak burung kacer? Beternak burung kacer memanglah menguntungkan, apalagi burung kacer ternakan kamu produktif serta menghasilkan tidak sedikit anakan. Tentu bagi atau bisa juga dikatakan untuk sukses dalam beternak kacer butuh tidak sedikit hal, salah satunya ketelitian, ketelatenan, kesabaran, serta tentunya kesungguhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kacer.
Beternak kacer dasarnya memang cukup gampang asalkan kita memiliki kemauan yng besar, serta tentu pula Perlu diikuti yang dengannya beberapa ilmu maupun teknik yng tidak jelek alias bagus. Lantaran andai kita tak punya kemauan yng kuat, walaupun kita tahu ilmu serta tekniknya maka mustahil akan sukses. Begitu pula sebaliknya, andai kita punya kemauan yng kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertenak kacer akan tetapi tak memiliki teknik serta ilmu yng benar maka hasil nya pun akan mengecewakan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu setidaknya kita Perlu memiliki keduanya, yakni kemauan yng besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kacer serta punya ilmu serta teknik yng benar. Andai sobat kicaukan ingin beternak kacer, maka sebaiknya kamu membaca tulisan atau artikel ini hingga akhir lantaran kami akan membagikan cara mengenai bagaimana tips beternak burung kacer supaya sukses.
BAGAIMANA CARA BETERNAK BURUNG KACER AGAR BERHASIL
Langsung saja sobat kicaukan, ada beberapa poin penting yng Perlu kamu pahami perihal bagaimana tips beternak burung kacer supaya sukses. Simak baik-baik yng yang akan di sajikan kali ini :
1. Pemilihan indukan kacer yng tidak jelek alias bagus Hal pertama yng Perlu kamu perhatikan sebelum beternak kacer merupakan memilih kacer bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan indukan. Indukan yng tidak jelek alias bagus akan berdampak positif pada anakannya, serta pula bagi kamu sendiri. Ada beberapa cara memilih indukan kacer yng tidak jelek alias bagus, di antaranya menjadi berikut :
  • Kacer jantan berumur sekitar 10 bulan (kacer yng berumur 10 bulan ke atas umumnya telah masuk periode birahi/siap kawin).
  • Indukan kacer betina sebaiknya yng sudah jinak (hasil penangkaran) serta berumur 1 tahun ke atas.
  • Badan serasi, yakni besar serta panjang.
  • Tak cacat fisik.
  • Aktif bergerak serta lincah.
  • Gacor/rajin berkicau.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan jantan,
  • Itu merupakan beberapa tanda utama indukan kacer yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kacer. Kalau kamu ingin tahu bakalan kacer yng mempunyai kualitas tidak jelek alias bagus kamu mampu baca di sini.
2. Kondisi sangkar serta sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kacer Poin kedua yng Perlu kamu perhatikan sebelum beternak kacer merupakan membuat sangkar serta sarang yng tepat. Sangkar yng baik merupakan sangkar yng mampu membuat kacer terasa nyaman serta leluasa, menjadikan bisa mempercepat proses reproduksi. Bahannya mampu dari kayu apa saja asalkan kuat serta awet. Ukuran sangkar yng kami sarankan merupakan menjadi berikut :
  • Panjang = 90 cm
  • Lebar = 90 cm
  • Tinggi = 180 cm.
Alasan kenapa memilih ukuran yang telah di sebutkan merupakan indukan kacer telah cukup leluasa yang dengannya ukuran yang telah di sebutkan serta tak terlalu sempit. Selain itu kawat strimin yng ada di pasaran pula berukuran 90 cm, jadi kamu tak butuh repot-repot untukmenyusunnya lagi. Dalam sangkar kacer sebaiknya kamu melengkapi beberapa hal yang akan di sajikan kali ini :
  • Tempat pakan.
  • Tempat minum
  • Tempat mandi (mampu mempergunakan karamba)
  • Tangkringan
  • Tumbuh-tumbuhan (opsional)
  • Tulang sotong (opsional).
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sarangnya, kamu mampu membuat sarang dari bahan kayu yng awet yang dengannya bentuk kotak persegi yang dengannya ukuran panjang 20 cm, lebar 25 cm, serta tinggi 20 cm. Ataupun kamu pula mampu membuat sarang yang dengannya ilustrasi semisal berikut :
BAGAIMANA CARA BETERNAK BURUNG KACER AGAR BERHASIL
Ilustrasi sarang kacer
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan-bahan membuat sarang kacer, kamu cukup mempergunakan daun cemara/pinus ataupun mampu pula yang dengannya merang. Sebagian ditaruh di dalam kotak/gelodok bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang kacer segera membuat sarang, sebagian lagi ditaruh di dasar sangkar.
3. Teknik penjodohan
Tahap penjodohan tak selalu gampang, lantaran ada karakter kacer yng suka bertengkar tatkala dimasukkan dalam sangkar yng percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijodohkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk teknik penjodohan indukan kacer kamu mampu melakukan langkah-langkah berikut :
  • Masukkan indukan kacer jantan dalam sangkar ke dalam sangkar.
  • Lantas masukkan indukan kacer betina dalam sangkar ke sangkar.
  • Tunggu reaksi kedua indukan kacer yang telah di sebutkan apakah telah terlihat rukun ataupun belum.
  • Tanda-ciri indukan kacer telah rukun merupakan kacer jantan terus berkicau sembari mendekat ke betina, serta si betina meresponnya yang dengannya turun ke dasar sangkar sembari berkicau khas kacer betina/ngepler-ngepler.
  • Kalau belum jodoh, umumnya betina akan menghindar serta cuek kepada kacer jantan.
4. Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan kacer butuh kenyamanan serta ketenangan di sangkar serta sekitar sangkar. Pastikan tak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa ataupun parasit. Waktu pengeraman kacer sekitar 14 hari (2 minggu), serta daya tetas telur bergantung dari kondisi lingkungan serta betina itu sendiri. Menjadi saran, pada tatkala masa mengeram kurangilah memberikan EF lantaran bisa membuat kacer proaktif serta birahi tinggi serta akan berdampak tidak baik pada telur yng dierami. Sebelum telur menetas (sekitar 2 hari sebelum menetas) perbanyaklah memberikan EF serta jangan tidak ingat sediakan kroto. Biarkan indukan kacer memberikan makan anakannya yang dengannya koroto, lantaran kroto baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan kacer yng baru menetas.
5. Meloloh anakan kacer
Pada tatkala anakan kacer berusia 5-10 hari, kamu mampu mengambilnya/disapih bagi atau bisa juga dikatakan untuk diloloh sendiri. Jangan ambil anakan kacer sebelum berusia 5 hari, akan tetapi jangan hingga lebih dari 10 hari. Kamu mampu menaruh anakan kacer di dalam wadah apa saja, yng penting merupakan ada landasan bahan yng percis yang dengannya yng ada di sarang sebelumnya. Mampu yang dengannya kapas, ataupun yang dengannya merang serta daun cemara/pinus. Taruh wadah yang telah di sebutkan dalam box. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kehangatan anakan kacer, pasanglah lampu di dalam box.
Pakan yng kami sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan kacer berusia 5-10 hari merupakan kroto yng bersih (bebas kotoran serta bangkai semut). Suapkan kroto yang telah di sebutkan yang dengannya alat penjepit dari bambu/alat lain secara perlahan. jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk meneteskan tidak banyak air ke kroto sebelum dilolohkan supaya gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditelan. Pada tatkala anakan kacer berusia di atas 7 hari, kamu mampu memberikan kroto yng dicampur yang dengannya adonan voer. Kamu pula mampu menambahkan multivitamin bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan kebutuhan vitamin serta mineral bagi anakan kacer.
Pada tatkala anakan kacer berusia 15 hari ke atas, kamu mampu memberikan pakan berupa jangkrik yng telah diotong kakinya serta kepalanya dipencet. Akan lebih baik lagi andai jangkriknya tengah mabung yng masih lembut serta berwarna putih. Andai anakan telah mulai melompat-lompat di dalam box sarang, kamu mampu mengalihkan anakan kacer yang telah di sebutkan ke dalam sangkar gantung. Namun pastikan dasar sangkar gantung tetap diberi landasan bahan yng percis yang dengannya bahan pembuat sarang. Kamu pula mampu memberikan tangkringan bertingkat supaya anakan kacer belajar melompat dari tangkringan paling bawah ke tangkringan di atasnya.
6. Manajemen indukan kacer
Nah, sesudah anakan kacer diambil umumnya dalam 7-10 hari lantas indukan kacer betina akan bertelur lagi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu berikan pakan serta EF yng percis yang dengannya tatkala masa kawin (sesudah penjodohan) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan birahi serta segera bertelur lagi.
Cukup gampang bukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak burung kacer? Yng pasti kamu tak boleh putus asa disaat gagal ataupun tak maksimal, akan tetapi cobalah lagi serta tak mengulangi kesalahan. Lantaran guru yng paling baik merupakan pengalaman, bukan begitu sobat kicaukan?
Demikian berita yng bisa kami sampaikan perihal bagaimana tips beternak burung kacer supaya sukses, mudah-mudahan berguna bagi kamu serta Terimakasih sudah membaca tulisan atau artikel ini. Simak terus Kicaukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh macam-macam berita penting seputar dunia burung serta perawatannya. Salam kicau.
Sobat kicaukan, andai kamu menilai tulisan atau artikel ini berguna bagi kamu silakan like di Facebook ataupun tweet di Twitter di bawah ini. Terimakasih.
Lihat pula tulisan atau artikel menarik yang akan di sajikan kali ini : Cara Perawatan Burung Tatkala Musim Hujan Supaya Tetap Sehat.

Sumber rujukan dan gambar : http://kicaukan.blogspot.com/2013/11/bagaimana-cara-beternak-burung-kacer-agar-berhasil.html.

Seputar Bagaimana Cara Beternak Burung Kacer Agar Berhasil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bagaimana Cara Beternak Burung Kacer Agar Berhasil