Kipasan Kebun, Si Burung Kebun Yang Kian Tergusur

- 5:42 AM

Kipasan Kebun, Si Burung Kebun Yang Kian Tergusur

 
Kipasan Kebun (Rhipidura leucophrys)
Kipasan Kebun (Rhipidura leucophrys). Foto: Hanom Bashari/Burung Indonesia
Namanya memanglah kipasan kebun, julukannya yang telah di sebutkan identik yang dengannya kegemarannya bermain serta bercengkerama di perkebunan walau sebetulnya spesies burung yang mempunyai nama latin Rhipidura leuchophrys ini Suka terlihat di perkotaan lebih-lebih di Ternate, Tidore, Halmahera serta sekitarnya. Namun kini, kipasan kebun makin jarang terlihat seolah keberadaannya kian tergusur.
Keberadaan kipasan kebun di Maluku barangkali lebih mirip yang dengannya keberadaan cucak kutilang yang tidak sedikit didapati di Pulau Jawa. Burung yang mempunyai nama daerah yang cukup unik yakni "Baikole" yang pengertiannya "Pantat yang bergoyang".
Julukan gokil yang telah di sebutkan tidak lain dikarenakan burung kipasan kebun mempunyai kebiasaan menggoyang-goyangkan pantatnya sembari mengibarkan ekor laksana kipas para jago-jago kungfu disaat beraksi.
Kipasan kebun mempunyai penampilan yang berbeda serta gampang dikenali, seluruh tubuhnya berwarna hitam sedangkan bagian perutnya berwarna putih, serta terkadang tampak alis putih memanjang di atas matanya.
Burung kipasan kebun menyebar mulai ari Maluku, Maluku Utara, Papua hinga Australia. Di daerah Maluku, burung kipasan kebunlah yang mengisi relung yang biasa dipakai oleh cucak kutilang di daerah Jawa, yakni mulai ari daerah pemukiman sampai-sampai kebun-kebun di pinggiran hutan.
Di Ternate, burung ini gampang dijumpai di wilayah kota, orang-orang malah tak begitu terpengaruh oleh banyaknya kita-kita yang beraktivitas. Malah menjadi burung pemakan serangga, orang-orang tidak segan-segan "blusukan" sampai-sampai ke lorong-lorong perumahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari serangga yang gemar berkumpul di sekeliling tempat-tempat sampah ataupun di halaman rumah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersarang pun burung kipasan kebun tak terlalu mikirin tempat yang mewah, orang-orang Suka terlihat bersarang di cabang-cabang kecil pohon mangga ataupun rambutan yang terdapat di pekarangan rumah, malah tidak tidak banyak yang membangun sarangnya di kabel-kabel listrik sepanjang jalan.
Yang mengkhawatirkan merupakan keberadaan kipasan kebun kini mulai tergusur, baik oleh pembangunan serta pula oleh keberadaan burung cucak kutilang yang adalah burung lepasan.
Menjadi jenis burung yang dibawa dari daerah lain, cucak kutilang berhabitat di relung yang percis yang dengannya kipasan kebun, serta akibat yang barangkali saja berlangsung merupakan munculnya kompetisi antara orang-orang, perlahan akan tetapi pasti andai tak segera dikendalikan, cucak kutilang akan menguasai perkotaan serta menggusur burung lokal yang dalam kasus ini merupakan kipasan kebun.
Berikut beberapa bunyi kicauan burung kipasan kebun.
Download variasi 1
Download variasi 2
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/06/kipasan-kebun-si-burung-kebun-yang-kian.html.

Seputar Kipasan Kebun, Si Burung Kebun Yang Kian Tergusur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kipasan Kebun, Si Burung Kebun Yang Kian Tergusur