Burung Murai Batu Mendadak Macet Berkicau

- 3:34 PM

Burung Murai Batu Mendadak Macet Berkicau

 
Burung Murai Batu Mendadak Macet Berkicau
Para penggemar burung Murai Batu, pasti pernah mengalami aneka macam masalah yng dihadapi selama memelihara Murai. Apalagi yng pernah memelihara burung Murai Batu lebih dari 2 ataupun 3 ekor, malah barangkali ada yng pernah memelihara hingga 5 ekor di rumah yng mempunyai halaman yng sempit. Akibatnya satu dari sekian banyaknya ataupun beberapa ekor burung Murai Batunya tiba-tiba macet.
penggemar burung Murai Batu
Suatu waktu, saya main ke rumah seorang sahabat (kebetulan baru kenal di pasar burung) yng memelihara burung Murai Batu hingga 5 ekor di rumahnya. Namun hebatnya ke 5 ekor burung Murai Batu nya pada gacor-gacor seluruh, kok mampu ya. ah... saya pikir, paling cuma gacor di rumah saja, belum tentu kalau di latberan. Pada hari minggu, kebetulan ada latberan di pasar burung, kebetulan pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai disediakan 3 kelas yng berbeda. Saya menunggu kehadiran sahabat saya yng memelihara 4 ekor Murai yang telah di sebutkan, apa dia membawa ke 5 burungnya ? pikir saya. Eh, diluar dugaan sahabat saya yang telah di sebutkan muncul yang dengannya telah membeli tiket pendaftaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk ke 3 kelas Murai Batu yang telah di sebutkan. Di sayangkan sahabat saya itu cuma membawa 4 ekor burung Murai Batunya. "repot kalau bawa semua", ujarnya.
Lantas lomba pun berlangsung, serta tentunya saya yang dengannya setia memperhatikan kelas demi kelas. Luar umumnya ke 4 burung yng dibawa sahabat saya yang telah di sebutkan, seluruh masuk ke dalam jajaran 5 besar yng dimainkan bergantian dalam 3 kelas. ck ck ck... saya pun berdecak kagum. Bagaimana ya tatacara merawat burung semisal itu. Soalnya di rumah saya ada 3 ekor burung Murai Batu, pada awal mulanya ke 3 burung Murai Batu saya percis bagusnya serta percis gacornya. Namun sesudah beberapa bulan, 1 dari ke 3 ekor burung saya itu tiba-tiba macet. Awal mulanya saya kira mau masuk masa mabung, diluar dugaan tak.
Sayapun menimba ilmu dari sahabat saya itu, yang dengannya tatacara diam-diam. Hampir sehari-hari, saya main ke rumah sahabat saya itu, sembari memperhatikan tatacara dia merawat burungnya. Dari membuka kerodong, memandikan, memberikan extra fooding, jemur hingga ke pengerodongan kembali. Ah... kayaknya rawatannya tak beda jauh yang dengannya rawatan saya, biasa saja kok. Namun saya semakin penasaran. Selidik punya selidik akhirnya terungkap pula, diluar dugaan waktu menyimpan di dalam rumah ada tatacara tertentu.
Pendapat dari penjelasan sahabat saya itu, kalau menempatkan burung Murai Batu dalam rumah, Perlu berjauhan, minimal berjarak 4 meter, lantas di antara Murai Batu yang telah di sebutkan, tempatkan burung-burung kecil semisal kenari, prenjak ataupun lovebird, yng tak mengganggu mental Murai Batu, serta usahakan ditempatkan di tempat yng agak gelap, serta kerodong tak boleh terlalu tebal. cuma itu ? ya.. cuma itu
Pantas, saya selama ini menggantung Murai Batu saya bersebelahan, serta akibatnya burung Murai Batu saya yng berada di posisi sedang jadi macet, serta tentunya butuh waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memulihkannya.

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/burung-murai-batu-mendadak-macet.html.

Seputar Burung Murai Batu Mendadak Macet Berkicau

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Burung Murai Batu Mendadak Macet Berkicau