Membuat Pakan Untuk Insectivore Birds (mb & Kc)

- 8:14 PM

Membuat Pakan Untuk Insectivore Birds (mb & Kc)

 
Goresan pena ini ditulis didasari pengalaman serta bukan bermaksud bagi atau bisa juga dikatakan untuk meruntuhkan asumsi yng kamu yakini semula sekalian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjawab keigintahuan kicaumania perihal bagaimana membuat pakan (voer). Goresan pena ini pula jangan disalah artikan bahwasanya yang dengannya mengkonsumsi pakan ini, maka 100 % burung bisa berprestasi baik serta juara. Lantaran yng membuat suatu burung berprestasi tidak jelek alias bagus ada tidak sedikit faktor yng mempengaruhinya. Serta pakan yng sehat serta memiliki kandungan nutrisi yng tidak jelek alias bagus adalah satu dari sekian banyaknya dari faktor-faktor yang telah di sebutkan.
Ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kombinasi ataupun kreasi pakan (voer) ini berawal dari kegelisahan serta keraguan saya terhadap voer pabrik yng beredar dipasaran. Apakah benar laik bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung-burung milik saya ataupun tak. Akhirnya saya mencari serta bongkar-bongkar jejaring di dunia maya serta mendapatkan pencerahan dari para expert pakan apa yng sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk MB serta KC. Melalui jejaring itu juga saya disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat serta mengkombinasikan sendiri bahan-bahan yng diyakini memiliki kandungan nutrisi yng sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung-burung pemakan serangga (insectivorous birds).
Komposisi:
(Pakan Harian)
- Bahan dasar voor + 350 gram
- Ikan Sarden/Ikan Basah + 200 gram
- Daging non lemak + 100 – 150 gram
- Kuning Telor sebanyk 3 butir + 18 – 20 gram
- Madu 2 sendok makan
(Pakan Tatkala Moulting)
- Bahan dasar voor + 350 gram
- Ikan Sarden/Ikan Basah + 200 – 300 gram
- Daging non lemak + 100 – 150 gram
- Kuning Telor sebanyk 5 butir + 30 – 35 gram
- Madu 4 sendok makan
Materi:
1. Bahan :
Bahan dasar voor, ikan sarden, daging sapi, telor serta madu.
2. Alat :
Sediakan alat-alat sbb: Blender, Panci Tekan (Boiler), Alat Pencetak Voor, Kain (Handuk),
mangkok, saringan, wadah plastik ataupun dari aluminium.
Persiapan:
1. Bahan dasar voor kita masukkan ke dalam blender serta giling hingga menjadi bubuk halus, Lantas tempatkan dalam wadah. Voor yng direkomendasikan menjadi bahan dasar merupakan voor yng diaplikasikan ke burung peliharaan kita sehari-hari.

(Bahan dasar voor)
seusai diblender menjadi semisal ini:

(Bubuk Voor yng sudah di blender)
2. Bersihkan ikan sarden serta tiriskan hingga kering dari rendaman air Anget selama + 30 menit supaya kandungan garam yng tersisa dalam tubuh ikan lepas ataupun berkurang. Sesudah bersih serta kering blender hingga halus. Lantas masukkan dalam wadah.

(Ikan sarden ditiriskan seusai melalui proses perendaman & pengeringan)
3. Rendam daging sapi cincang dalam air Anget selama + 30 menit supaya kandungan lemak yng tersisa lepas serta terpisah. Sesudah itu masukkan dalam kain/handuk supaya kandungan air serta lemak yng tersisa cepat terserap serta bersih. Lantas giling yang dengannya blender hingga halus. Lantas masukkan dalam wadah.

(Daging dimasukkan ke dalam kain/handuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyerap kandungan lemak & air)
Membuat Adonan:
Ketiga bahan-bahan yng telah halus yang telah di sebutkan, dimasukkan dalam blender serta digiling bersamaan supaya ketiga materi yang telah di sebutkan benar-benar menyatu serta bercampur yang dengannya baik. Untuk memperoleh hasil blenderan yng tidak jelek alias bagus diharapkan waktu sekitar 3 – 5 menit. Andai campuran adonan terlalu kering serta terlihat belum bercampur yang dengannya baik, tambahkan tidak banyak air supaya ketiga bahan yang telah di sebutkan bisa bercampur secara sempurna. Hasil akhir penggilingan akan begini:

(Hasil seusai digiling)
Sesudah itu masukkan kuning telur serta madu supaya adonan yang telah di sebutkan bisa melekat serta hasil jadi voor nantinya lebih cepat diserap serta gampang dicerna.
,
(Kuning telor)
serta

(Madu 2 ataupun 4 sendok makan)
Hasil akhir adonan seusai diberi telur & madu semisal ini:

(Hasil akhir adonan sebelum dicetak)
Membuat Cetakan Voor:
Sesudah adonan benar benar mengental serta tercampur yang dengannya sempurna, masukkan dalam mesin pencetak voor serta giling (cetak hingga bahan-bahan yang telah di sebutkan benar-benar habis). Keringkan selama + 3o menit yang dengannya tips diangin-anginkan saja.

(Mesin Pencetak Voor)
Hasil akhir cetakin voor akan semisal ini:

(Hasil jadi sebelum di steam)
Proses Pengeringan & Sterilisasi
Sesudah proses pengeringan selesai masukkan dalam mesin broiler ataupun bisa pula mempergunakan panci tekan yang dengannya temperatur yng rendah dibawah 30 derajat celcius selama 30 – 60 menit ataupun andai mempergunakan panci tekan ataupun steamer, usahakan api yng menyala pada posisi yng paling kecil supaya diperoleh temperatur yng stabil.

(Bisa mempergunakan Boiler/Panci Tekan/Steamer)
Tips ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk supaya:
1. Menyerap kandungan air yng masih tersisa
2. Membunuh serta mamatikan bakal jamur menjadikan voor menjadi steril.
Sesudah proses ini selesai, kamu bisa menyimpannya selama beberapa bulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk persediaan. Simpen dalam wadah kering serta bersih, jangan ditempatkan ditempat yng lembab.
Catatan:
1. Bahan-bahan di atas cuma lah beberapa semisal. Kamu bisa menyesuaikan ataupun menambahkan bahan-bahan lain-lainnya yng kamu yakini bisa dijadikan kombinasi yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk MB ataupun KC kamu. Kebetulan saya memakai bahan dasar voor merk “Gold Coin” yng teksturnya serta aromanya genuine serta original. Jadi saya tak butuh menambahkan zat pewarna. Andai kamu memakai bahan dasar yang dengannya produk lain, silahkan saja dipakai, namun kamu butuh menambahkan zat pewarna andai bahan dasar yng kamu genakan berwarna.
Ini Amat penting, mengingat burung peliharaan lebih-lebih MB serta KC Amat peka terhadap adanya perubahan serta perubahan yng Amat mencolok merupakan warna dari voor bersangkutan.
2. Andaikan hasil kreasi ini akan diaplikasikan ke burung kamu, lakukan secara bertahap yang dengannya tips mencampur pakan lama yang dengannya pakan baru. Ini pula penting lantaran system pencernaan MB Amat peka yang dengannya adanya perubahan yng berlangsung. Menjadikan tak mengganggu saluran pencernaan burung yang telah di sebutkan.
3. Untuk alasan yng percis, maka proporsi kandungan bahan-bahan pula Perlu konsisten dari waktu ke waktu. Begitu pula yang dengannya waktu pengadonan, waktu sterilisasi serta proses pengeringan. Semuanya Perlu di lakukan yang dengannya konsisten serta tak berganti.
4. Andai poin ketiga tak di lakukan yang dengannya baik, maka hal ini bisa menimbulkan ketidak konsistenan dalam system pencernaan burung yang telah di sebutkan. Akibatnya burung menjadi stress. Lebih parah lagi andai burung dalam kondisi moulting/mabung. Burung akan mengalami gangguan secara fisiologis. Antara lain pertumbuhan bulu menjadi terganggu serta mabung tak kelar-kelar. ( last edited by suwarno71:5 July 2010)

sumber: kicaumania org Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/11/membuat-pakan-untuk-insectivore-birds.html.

Seputar Membuat Pakan Untuk Insectivore Birds (mb & Kc)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membuat Pakan Untuk Insectivore Birds (mb & Kc)