Menjaga Keselamatan Burung Murai Batu Dari Aksi Kemalingan

- 7:15 AM

Menjaga Keselamatan Burung Murai Batu Dari Aksi Kemalingan

 
Burung Murai Batu adalah satu dari sekian banyaknya dari ratusan jenis burung kicauan yng paling tidak sedikit digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia. Tingginya minat terhadap burung Murai Batu membuat harga jualnya di pasaran telah mencapai angka jutaan rupiah. Apalagi andai burung yang telah di sebutkan baru ataupun Suka memenangi kompetisi burung kicauan maka harganya pun mampu langsung melejit mencapai puluhan juta. Hal ini membuat tidak sedikit dari para pecinta burung ocehan rela mengeluarkan uang yng banyak sekali supaya mampu mempunyai burung Murai Batu yng diidam-idamkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu diikutkan dalam perlombaan ataupun paling tak mendengarkan kemerduan suaranya. Peristiwa ini pun bisa memaksakan timbulnya tindak kejahatan yng menyasar burung Murai Batu menjadi target pencurian bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual kembali yang dengannya harga tinggi. Oleh lantaran itu bagi para pemilik burung Murai Batu memanglah butuh berhati-hati supaya burung kesayangan Kamu tak raib dimaling oleh pencuri.
Adapun cara supaya burung Murai Batu peliharaan terhindar dari aksi kemalingan coba di ulas dalam tulisan atau artikel ini. Sebagaimana penjelasannya bisa disimak di bagian bawah ini:
  1. Menambah tingkat kewaspadaan
    Menambah tingkat kewaspadaan adalah tatacara ampuh supaya burung Murai Batu peliharaan kesayangan Kamu mampu terhindar dari aksi kemalingan. Adapun kewaspadaan yng butuh ditingkatkan dalam melindungi keselamatan burung Murai Batu peliharaan bisa yang dengannya menyimpan ataupun meletakkannya di dalam ruangan yng mempunyai sirkulasi udara baik. Ini menjadi penting mengingat terkadang dalam peletakan burung Murai Batu seringnya ditaruh di depan rumah tanpa pengawasan yng ketat oleh pemiliknya. Hal yang telah di sebutkan bisa memancing pencuri bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil burung Murai Batu yng ditaruh di depan rumah yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan kelengahan dari pemiliknya. Selain itu pula tatkala malam menjelang ataupun tengah bepergian mampu menutup pintu ataupun jendela yang dengannya rapat dan tetap membiarkan lampu dalam kondisi menyala. Di samping itu bila dirasa lingkungan dalam rumah dianggap tidak lebih aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan burung Murai Batu tatkala tengah bepergian keluar maka mampu menitipkan kepada tetangga yng sudah dipercaya.

  2. Meletakkan burung Murai Batu di tempat yng lebih tinggi
    Dalam melindungi supaya burung Murai Batu tak dimaling oleh pencuri maka mampu meletakkannya pada tempat yng lebih tinggi di waktu pagi serta sore hari. Peletakan sangkar Murai Batu yng ditaruh ketempat yng tinggi bisa yang dengannya mempergunakan media buluh ataupun bambu berukuran panjang serta pula tiang besi. Tips yng satu ini bisa mempersulit bagi pencuri yng hendak mengambil burung Murai Batu yng digantang ataupun ditaruh di atas tiang. Selain itu pula tatacara ini bisa memberikan manfaat dalam pembentukan mental burung Murai Batu serta memperindah kicauannya. Meskipun demikian dibutuhkan pula perhatian ekstra yang dengannya tetap melihat kondisi Murai Batu yng digantang dalam beberapa jam sekali supaya tak ada satupun orang yng berani bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencurinya.

  3. Letakkan alarm pada sangkar burung Murai Batu
    Tips lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengamankan burung Murai Batu supaya tak dimaling oleh pencuri merupakan yang dengannya meletakkan alarm pada sangkarnya. Peletakan alarm ini supaya tatkala ada orang yng hendak mencuri burung Murai Batu yang dengannya menyentuh sangkarnya maka secara otomatis akan keluar bunyi ataupun bunyi yng menandakan burung Murai Batu tengah berada dalam ancaman kemalingan. Hal ini pula mampu langsung menjadi penanda yng terperinci bagi pemilik burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu sigap dalam mengambil tindakan penyelamatan bagi burung Murai Batu yng hendak dimaling oleh pencuri.

  4. Memasang kamera pemantau CCTV
    Bagi yng memelihara burung Murai Batu yang dengannya bentuk rumah yng lumayan besar maka dibutuhkan pengaman tambahan yang dengannya memasangkan kamera pemantau ataupun CCTV pada sudut rumah yng letaknya di dekat sangkar burung Murai Batu. Pemasangan CCTV ini membuat pemilik burung Murai Batu mampu lebih waspada yang dengannya terus memantau kondisi sangkar yng ditelak jauh dari jangkauan pandang-an mata. Apalagi di era saat ini ini CCTV tak cuma mampu dihubungkan pada perangkat komputer saja yng barangkali tak setiap waktu mampu dilihat. Namun dalam pemantauan CCTV pula sudah mampu dihubungkan pada perangkat elektronik lain-lainnya semisal smartphone serta tablet.

Demikianlah pemaparan mengenai pengamanan terhadap burung Murai Batu supaya tak dimaling oleh orang lain. Yang dengannya adanya kehati-hatian yng ditunjukkan oleh para pemilik burung Murai Batu melalui menaikan kewaspadaan yng Amat ekstra bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengamanan keselamatan burung kicauannya maka potensi kemalingan burung Murai Batu mampu diperkecil seminal barangkali. Serta mudah-mudahan goresan pena ini mampu memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber Goresan pena:
1. https://omkicau.com/2014/03/31/pola-pengamanan-terhadap-burung-piaraan-dan-burung-penangkaran/
2. https://omkicau.com/2016/06/14/tips-menjaga-burung-dari-maraknya-aksi-pencurian-selama-ramadhan/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2016/08/menjaga-keselamatan-burung-murai-batu.html.

Seputar Menjaga Keselamatan Burung Murai Batu Dari Aksi Kemalingan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menjaga Keselamatan Burung Murai Batu Dari Aksi Kemalingan