Tentang Murai Batu Jambi

- 1:26 PM

Tentang Murai Batu Jambi

 
Pulau Sumatera memanglah dikenal menjadi penghasil Murai Batu mempunyai kualitas. Ada beberapa jenis Murai Batu yng habitatnya berasal dari Pulau Sumatera, sebut saja misalnya Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, serta Murai Batu Aceh. Ketiga jenis Murai Batu yang telah di sebutkan Amat familiar di kalangan penghobi burung kicauan. Selain tampilannya yng menawan, kemampuan kicauannya yng merdu menambah daya tarik Murai Batu ini di mata para penghobi.
Akan tetapi ada satu jenis Murai Batu di tempat Pulau Sumatera yng mempunyai kemampuan yng mumpuni, namun sayang gaungnya tidak lebih begitu terdengar secara luas. Merupakan Murai Batu Jambi yng keberadaannya tidak lebih ternama diantara Murai Batu jenis lain-lainnya. Padahal andai dilihat dari segi kemampuan, Murai Batu Jambi tak kalah hebat dari yng lain. Malah, jenis ini pernah menjadi langganan juara nasional lewat Murai Batu Jambi milik Om Akia yng diberi nama Happy Birthday.

Gambar 1. Murai Batu Jambil Milik Om Akia
Amat jarang berita wacana Murai Batu Jambi diulas yang dengannya lengkap di situs-situs burung kicauan, membuat kita kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengindentifikasi apa-apa kelebihan serta kekurangan Murai Batu Jambi ini. Namun melihat pengalaman yng sudah ditorehkan pada Murai Batu Jambi milik Om Akia yang telah di sebutkan, setidaknya sudah memberikan bukti bahwasanya Murai Batu Jambi pula mampu menjadi juara. Tinggal bagaimana ketekunan kita dalam memelihara serta melatihnya yang dengannya baik, potensi Murai Batu menjadi juara akan makin besar.
Sekilas Berita
Sesuai yang dengannya namanya, Murai Batu ini berasal dari Provinsi Jambi. Sebetulnya di daerah lain yng tidak jauh dari wilayah Jambi semisal Bengkulu misalnya, pula masuk dalam tempat penyebarannya. Memanglah perkumpulan yng paling tidak sedikit ditemui merupakan pada daerah Jambi itu sendiri, makanya disebut Murai Batu Jambi.
Murai Batu Jambi mempunyai ciri-ciri fisik yng tidak tidak sedikit berbeda yang dengannya Murai Batu jenis lain khas Pulau Sumatera. Akan tetapi di beberapa bagian, diakui mampu menjadi pembeda Murai Batu ini yang dengannya yng lain. Yakni di bagian warna bulu yng di dominasi oleh warna hitam. Pada bagian dadanya, warna bulu Murai Batu Jambi berwarna cokelat keemas-emasan. Lantas disusul oleh tidak banyak warna putih tepat di bagian pangkal ekor. Sedangkan ekornya sendiri bulunya berwarna hitam biasa.
Bedanya yang dengannya Murai Batu Medan, warna hitam pada Murai Batu Jambi tak mempunyai efek kebiru-biruan andaikan di kenai sinaran matahari. Begitu pula yang dengannya panjang ekornya yng memiliki ukuran tengah, yaitu antara 10 cm hingga 16 cm. Kalau Murai Batu Medan panjangnya mampu mencapai 33 cm, serta adalah jenis Murai Batu yang dengannya ekor yng paling panjang diantara lain-lainnya.
Bila melihat dari ukuran tubuhnya, Murai Batu Jambi terbagi menjadi dua jenis. Ada Murai Jambi rawa serta Murai Batu Jambi dataran tinggi. Terperinci sekali bahwasanya pengklasifikasian ini didasarkan oleh wilayah tempat hidupnya di alam liar. Pada Murai Batu rawa, ukuran tubuhnya lebih kecil daripada yng di dataran tinggi. Warna cokelat di bagian perutnya pula mempunyai bulu yng lebih terang, sedangkan yng di dataran tinggi lebih gelap.
Selain itu, faktor lain yng membuat mudah kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakannya merupakan yang dengannya melihat pada bentuk ekornya. Andai bentuk ekornya agak panjang serta berbentuk tampak melengkung, maka mampu dipastikan kalau itu Murai Batu Jambi wilayah dataran tinggi, karena pada Murai Batu rawa bentuk ekor memanjang lurus.
Andai membicarakan karakternya, Murai Batu Jambi dikenal yang dengannya karakternya yng proaktif pula aktraktif. Barangkali ini dipengaruhi lantaran keberadaannya yng terdapat atau terletak di sedang Pulau Sumatera. Sebagaimana karakter Murai Batu jenis lain di tempat Sumatera yng berjiwa petarung, tanda khas itu menular kepada Murai Batu Jambi.
Walaupun Murai Batu Jambi tidak lebih ternama, namun harga jual burung ini tergolong tinggi. Dalam situs jual beli chitku.co.id, kategori Murai Batu Jambi dijual di atas Rp 1,5 juta. Malah ada yng menjual Rp 4 juta bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu Jambi yng sudah gacor. Melihat kondisi itu, tak ada salahnya bagi penghobi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadikan itus menjadi kesempatan usaha yng menjanjikan. Yang dengannya melakukan penangkaran terhadap Murai Batu Jambi, penghobi mampu mencapai maupun meraih pundi-pundi keuntungan yng menggiurkan sekalian melestarikan keberadaan Murai Batu Jambi yang telah di sebutkan.
Oleh: Roma Doni
Sumber Goresan pena:
http://www.budidayakenari.com/2016/01/mengenal-ciri-dan-karakter-murai-batu.html
http://balakdigdaya.blogspot.co.id/2013/08/murai-batu-jambi.html
Sumber Gambar:
https://omkicau.com/2013/06/14/meski-terus-digenjot-happy-birthday-anti-stres/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2016/07/tentang-murai-batu-jambi.html.

Seputar Tentang Murai Batu Jambi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tentang Murai Batu Jambi