Merawat Kenari Mabung

- 11:51 PM

Merawat Kenari Mabung

 

Masa Molting ataupun mabung bagi burung kenari ibaratnya merupakan sebuah cobaan yng berat bagi burung yang telah di sebutkan, hayalkan saja pada masa itulah burung akan merontokan dan menumbuhkan kembali bulu-bulu barunya yng berjumlah lebih dari 2000 helai bulu! serta yang akan di sajikan kali ini adlaah beberapa langkah yng mampu kamu terapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminimalisir Stress akibat mabung tahunan ini terhadap burung peliharaan kamu.
Burung kenari akan mengalami masa pergantian bulu sekali per tahunnya, serta umumnya berlangsung pada musim panas maupun pada awal musim gugur, akan tetapi ada kalanya pula perubahan cuaca serta suhu pula mampu membuat masa mabung orang-orang datang lebih awal, serta masa mabung yng semisal ini dia yng mampu berpengaruh tidak sedikit terhadap kebugaran atau kesehatan dari burung.
Karakter serta Kondisi selama mabung
Andai burung kenari mengalami masa mabung lebih cepat dari umumnya ataupun masa mabung diluar jadwal tahunannya, misalnya lantaran perubahan cuaca ataupun suhu maka cobalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan batas masa aktif burung kenari menjadi selama 8 sampai-sampai 10 jam setiap harinya, selebihnya merupakan memberikannya kerodong ataupun disimpan ditempat yng tenang bagi atau bisa juga dikatakan untuk beristirahat, dan pencahayaan yng diberikan pula haruslah yng Full Spektrum, supaya bis amembantu dalam menormalkan siklusnya serta pula mendukung fungsi kekebalan tubuhnya.
Kenari yng mengalami kondisi Stress mampu memicu mabung yng tak tuntas, beberapa penyebab stress ini mampu berasal dari bermacam-macam karena diantaranya ketakutan ( lantaran kebisingan, hewan lain yng ada disekitarnya, Suka dipindah/diangkat sangkarnya ) dan penyebab lain yng secara umum mampu berpengaruh terhadap periode mabung burung kenari.
Dalam kondisi normal, Kenari akan selesai melewati masa mabungnya dalam waktu 6 sampai-sampai 12 minggu, selama waktu itu bulu-bulunya akan longgar serta tampak berantakanm serta burungpun akan terlihat lebih lesu serta menjadi tidak lebih aktif dari umumnya, serta berhenti berkicau. Hal yang telah di sebutkan adalah reaksi normal dari masa mabung yang telah di sebutkan yng jelas-jelas menguras energi dari burung yang telah di sebutkan, energi yng tersisa itu dipakai burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya , menjadikan pada kondisi yang telah di sebutkan akan Amat tidak baik akibatnya andai burung dipaksakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkicau. selain itu burung yng tengah mabung ini pula mengalami penurunan kondisi fisiknya dimana ia akan tidak lebih merespon serta pula tak bisa menghindari dari binatang predator yng akan mengganggunya.
Perawatan selama mabung
Walaupun terlihat tampak tidak lebih aktif, namun kebutuhan burung akan protein serta lemak akan meningkat dua kali lipat dari umumnya, berlebi pada masa mabung ini dimana bulu-bulu itu sendiri adalah bagian burung yng terdiri dari 88% - 85% protein. Berikan pakan yng penuh gizi sepreti Egg Food ( makanan telur yng kaya gizi ), Biji-bijian yng kaya minyak semisal Niger Seed,Hemp Seed dan Telur Kroto maupun Andai kenari kamu terbiasa mampu diberikan tepung jangkrik ataupun Ulat Hongkong, seluruh pakan yang telah di sebutkan merupakan pakan tambahan yng Amat penting selama periode molting ini. Selain pakan yang telah di sebutkan kebutuhan kenari akan sayuran berwarna hijau gelap pun Amat dibutuhkan.
Satu dari sekian banyaknya hal yng paling penting dalam merawat kenari yng tengah mabung merupakan pemberian multivitamin yng dibutuhkan, lantaran tak seluruh vitamin an protein yng diterima oleh burung kenari ini didapatkan dari pakan hariannya, jadi pemberian multivitamin semisal BirdVit serta BirdMineral adalah sebuah tindakan yng Amat bijaksana.
Pemberian Mandi selama masa mabung mampu diberikan, berlebi pada masa pertumbuhan bulunya, hal itu dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyegarkan kulit serta membantu menumbuhkan bulu-bulu baru tanpa burung mengalami rasa nyeri.
-->
Demikian cara singkat mengenai siklus mabung serta perawatan burung selama mabung ini, mudah-mudahan berguna bagi kicaumania di indonesia. salam kicau Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/02/merawat-kenari-mabung.html.

Seputar Merawat Kenari Mabung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Merawat Kenari Mabung