Pengertian Katuranggan Dan Maknanya Bagi Perkutut

- 10:09 PM

Pengertian Katuranggan Dan Maknanya Bagi Perkutut

 

Katuranggan mungkin berasal dari kata katur dan angga, Katur disini berguna memberikan dan angga berguna badan, jadi Katuranggan merupakan pengetahuan yng memberikan pengertian ihwal bentuk bentuk badan. sedangkan dalam bahasa Belanda sebutan katuranggan ini dikenal yang dengannya sebutan Exterieur ataupun bentuk lahiriah bagian badan yng nampak diluar. Menghubung hubungkan katuranggan burung yang dengannya kualitas burung barangkali telah menjadi tradisi penggemar burung di indonesia tak terkecuali burung perkutut. Bagi penggemar burung perkutut pemilihan katuranggan ini menjadi satu hal yng Amat penting selain bunyi bunyi tentunya sewaktu memilih burung perkutut bakalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan burung kesayangannya. karena cuma yang dengannya mengetahui katuranggan dari burung yang telah di sebutkan pemiliknya mampu meramalkan bagaimana kualitas burung ini nantinya.
Disini pula pernah dibahas mengenai masalah katuranggan dan sejarah mengenai burung perkutut ini , bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka kembali ingatan kita sekalian menyegarkan suasana silahkan baca kembali tulisan atau artikel yng Amat menarik ini disini dalam serba serbi perkutut katuranggan.
Pendapat dari seorang penggemar burung perkutut kawakan pemilihan katuranggan ini terdapat beberapa bagian yng penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan bagaimana kualitas dari burung yang telah di sebutkan, bagian penting yang telah di sebutkan diantaranya merupakan :
Bentuk kepala dari samping
  • Burung perkutut yng bentuk kepalanya njambe nom ( semisal buah jambe ataupun pinang yng masih muda ), diperkirakan mutu suaranya mampu ngepol ( maksimal ) dan keindahan bunyi yang telah di sebutkan akan terus bertahan hingga burung berusia tua.
  • Burung perkutut yng bentuk kepalanya mbeton nongko ( semisal biji nangka ), diperkirakan bunyi suaranya akan mampu bertahan hingga tua, namun keindahannya tak bisa mencapai maksimal.
  • Burung perkutut yng bentuk kepalanya nggobog ( semisal uang logam ), diperkirakan mutu suaranya akan terus meningkat hingga pada usia tengahan ataupun 3 rambahan ( sekitar 24 tahun, lantaran per rambahan = 8 tahun ), lantas akan menurun sesuai yang dengannya umurnya.
  • Burung perkutut yng bentuk kepalanya mbungkul bawang ( semisal bungkul ataupun siung ( umbi ) bawang putih ), diperkirakan mutu suaranya tak menentukan. Kadang bisa baik dan mengejutkan, namun bisa pula mlempem, tidak ada kemajuan.
  • Burung perkutut yng bentuk kepalanya nakir kuwalik ( takir terbalik , takir merupakan tempat makanan / sesaji terbuat dari daun pisang berbentuk segi empat ), susah diharapkan bunyi baiknya.

Bentuk paruh badan dan ekor
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya ngepel ( semisal buah kapel / burahol ) dan bentuk badannya tuntut gedang ( semisal kuncup bunga pisang ) dan bentuk ekornya meruncing yang dengannya garis - garis bulu yng terperinci, burung ini mampu diharapkan tengahnya ( ketek ) mampu terdengar terperinci dan baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya nggabah ( semisal gabah ataupun butiran padi ) dan bentuk badannya nongko sanglundung ( semisal buah nangka ) dan bentuk ekornya panjang yang dengannya garis - garis bulu yng terperinci namun tumpul, diperkirakan bunyi tengahnya agak baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya mapah gedang ( semisal pelepah pisang ) dan bentuk tubuhnya mbluluk ( semisal pentil ataupun buah kelapa yng masih Amat muda ) dan bentuk ekornya pendek meruncing, diperkirakan bunyi tengahnya cukup baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruh yng nglombok gede ( semisal cabe besar ) dan bentuk tubuhnya njagung nglobot ( buah jagung yng belum dikupas kulitnya ) dan bentuk ekornya panjang namun tidak lebih meruncing ( menjadikan bulu bertumpuk dan garis - garis warna-nya tidak lebih terperinci ), diperkirakan bunyi tengahnya tidak lebih baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya semisal nglombok rawit semisal cabe rawit ) dan bentuk tubuhnya semisal wungkal gerang ( semisal batu asahan pisau yng telah aus bagian tengahnya ) dan bentuk ekornya mekar semisal kapas, diperkirakan bunyi bunyi tengahnya tidak lebih sekali, namun bisa tebal bunyinya.

Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi Kung Mania dimana saja berada, salam kicau Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/11/pengertian-katuranggan-dan-maknanya.html.

Seputar Pengertian Katuranggan Dan Maknanya Bagi Perkutut

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Katuranggan Dan Maknanya Bagi Perkutut