Tips Aman Memandikan Kucing Di Rumah

- 2:35 PM

Tips Aman Memandikan Kucing Di Rumah

 
Oleh Bunyi Burung Juara Friday, February 20, 2015 Kucing akan terlihat lebih menarik andai bulu-bulunya bersih serta rapih, akan tetapi andai kondisi bulu badan telah kelihatan kotor serta kumal tentu Amat tak enak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipandang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bulu kucing selalu terlihat bersih tentu diharapkan perawatan khusus, di antaranya merupakan memandikan kucing kesayangan kamu.
cara-aman-memandikan-kucing_653245
Memandikan kucing memanglah bukan suatu hal yng mampu dianggap gampang, lebih-lebih bagi kamu yng baru memelihara serta belum pernah melakukannya lantaran mampu membuat kucing menjadi stress malah pula mampu melukai badan kamu yang dengannya cakarannya. Akan tetapi hal yang telah di sebutkan tak akan berlangsung andai kamu mengikuti beberapa tatacara berikut:

Persiapan memandikan kucing


1. Memotong kuku
Pemotongan kuku sebelum memandikan kucing adalah tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi luka akibat cakaran. Lakukanlah pemotongan kuku beberapa jam sebelum proses memandikan, menjadikan kucing telah terasa lebih tenang seusai kuku-kukunya dipotong.
2. Merapihkan bulu
sikat-bulu-kucing_326544
Langkah selanjutnya merupakan merapihkan bulu kucing yang dengannya menyisir ataupun menyikatnya. Tips ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu menghilang-kan kotoran serta merapihkan bulu yng kusut, menyikat bulu sebelum memandikan pula akan lebih gampang daripada dalam keadaan basah. Lakukan hal ini secara pelan-pelan sembari kamu mengelus-elus kucing menjadikan kucing tak terasa kesakitan tatkala bulu-bulunya dirapihkan.
3. Memilih waktu yng tepat
Kamu butuh memilih waktu yng tepat dimana kucing telah benar-benar siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi, lantaran andai kucing tak dalam keadaan siap maka mampu menggigit, mencakar, ataupun malah melarikan diri.
Pilih waktu disaat kucing dalam keadaan tenang, umumnya setalah makan (lihat pula tulisan atau artikel Tips Memilih Makan Kucing Yng Baik). Kamu pula mampu mengajak bermain berlebi dahulu hingga kucing terasa kelelahan. Selain itu kamu pula bisa melakukan hal berikut:
  • Taruh beberapa mainan kucing di bak mandi (belum di isi air) yng akan kita genakan, lantas tempatkan kucing didalamnya selama beberapa menit. Seusai itu angkat kucing berlebi dahulu, lantas kamu masukan kasih air tidak banyak dibak mandi serta masukan kembali kucing kamu. Tips ini akan membuat kucing kamu tak terasa panik/takut tatkala mulai dimandikan, lantaran telah mampu mengikuti keadaan yang dengannya bak mandi yng berisi air.

Mempersiapkan kamar mandi


1. Menutup kamar mandi
Tatkala kamu serta kucing telah berada dalam kamar mandi, maka kamu Perlu menutup pintu. Hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari kucing melarikan diri tatkala tengah dimandikan. Menutup pintu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk menhindari amukan kucing serta merusak benda-benda didalam rumah andai dia melarikan diri lantaran ketakutan. Andai didalam kamar mandi terdapat tempat sampah, maka singkirkan berlebi dahulu. Langkah ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi kucing yng mampu jadi lari-lari di dalam kamar mandi serta akan menuju ke tempat sampah.
2. Membuat bak mandi aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk kucing
Kasih alas bak mandi yang dengannya handuk ataupun karpet supaya tak licin tatkala kucing berdiri di dalamnya.
3. Isi air Anget
Isi bak mandi yang dengannya air yng Anget sebelum kamu memasukan kucing kekamar mandi. Siapkan pula air Anget dalam wadah lain-lainnya, misalnya ceret. Air ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membilas shampoo pada kucing.
masukan-kucing-dalam-bak-mandi
Jangan memandikan kucing langsung dari kran, air deras yng keluar dari kran bahkan akan membuat kucing menjadi takut. Mandikanlah kucing yang dengannya lembut serta menenangkan.
4. Genakan pakaian pelindung
gunakan-sarung-tangan-dalam-memandikan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi dari cakaran kucing, ada baiknya kamu mempergunakan pakaian pelindung. Kamu mampu mempergunakan serta memanfaatkan baju berlengan panjang yng telah tak terpakai serta genakan pula sarung tangan.

Proses memandikan kucing


1. Kontrol kondisi kucing
Tatkala memandikan kucing, kamu sebaiknya terus mengajak bicara yang dengannya bunyi yng lembut. Terkandang kucing berupaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk keluar dari bak mandi, andai hal ini berlangsung maka usahakan kedua kaki belakang tetap berpijak pada bak mandi. Pegang bagian tengkuk kucing yang dengannya lembut supaya tetap berada pada bak mandi. Akan tetapi bila terasa kesulitan maka kamu Perlu mencari orang lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu.
2. Lakukan bertahap
Lakukan pemandian tahap demi tahap supaya kucing tak memberontak. Barangkali mampu kamu lakukan yang dengannya membasahi kakinya berlebi dahulu lantas berhenti. Lantas mampu kamu lakukan pembasahan kebagian lain-lainnya.
Jangan gugup tatkala tengah memandikan kucing, lantaran kucing kamu pula akan merespon yang dengannya gugup pula. Lakukanlah secara tenang serta lembut tatkala tengah dalam proses memandikan kucing.
3. Cuci bulu kucing yang dengannya shampoo
memberikan-shampo-kucing_326544
Genakan shampoo yng memanglah dikhususkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kucing. Cuci kucing kamu yang dengannya tidak banyak shampoo yng dicampur yang dengannya air pada bagian leher, badan, kaki, perut, serta ekornya. Mulailah dari leher menuju bagian ekor yang dengannya memijat secara lembut, menjadikan kucing terasa tenang. Lakukan percis semisal kamu mengelus ataupun membelai kucing.
4. Hindari shampoo pada bagian kepala
Bagian mata, hidung, mulut, serta pendengaran Perlu kamu hindari di kenai shampoo. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminimalkan air masuk kedalam pendengaran, kamu mampu menutup yang dengannya kapas yng berbahan lembut. Jangan tidak ingat seusai selesai memandikan Perlu kamu lepas kembali kapasnya. Penutupan pendengaran yang dengannya kapas pula mampu membuat kucing lebih tenang lantaran tak mendengar bunyi bising sekitarnya.
Andai kamu memberikan shampoo anti kutu, maka hal pertama yng Perlu kamu basahi berlebi dahulu merupakan leher. Hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari kutu-kutu lari kebagian kepala, lantaran kutu akan mencari bagian yng kering.
5. Membilas shampoo
Bilas shampoo yng menempel pada kucing kamu mempergunakan air dari bak mandi. Lantas kuras bak mandi serta isi kembali yang dengannya air Anget bagi atau bisa juga dikatakan untuk membilas kembali. Lakukan hal yang telah di sebutkan hingga tak ada lagi shampoo yng menempel pada bulu-bulunya.
6. Membersihkan bagian wajah kucing
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari dari hal-hal yng beresiko, maka lebih baik pada bagian wajah cukup dibersihkan mempergunakan lap basah.
7. Perhatikan kucing kamu
Tatkala tengah memandikan kucing, sebaiknya kamu pula memperhatikan tanda-tanda kucing yng tengah panik ataupun tertekan. Kucing yng tengah panik umumnya akan bersuara mendesis, menggeram, bersin, meneteskan air mata, mengeong, serta terengah-engah. Andai kucing terlalu takut yang dengannya apapun yng tengah kamu lakukan, maka sebaiknya hentikan berlebi dahulu. Jangan meneruskan proses mandi lantaran akan membuat kucing menjadi stress ataupun malah kamu mampu terluka.
Berikan rasa nyaman pada tatkala mandi, jangan melakukan sesuatu yng membuat kucing marah serta takut pada tatkala mandi di lantas hari. Lebih baik melakukan secara perlahan-lahan, andai tak mampu dimandikan tatkala ini mampu kamu lakukan di lain harinya.
8. Genakan kain basah
Andai memanglah kucing kamu tak mau mandi, maka menjadi gantinya merupakan mengepel badan kucing yang dengannya kain basah. Hal ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan kotoran yng menempel pada bulu kucing.

Proses pengeringan bulu kucing

selimuti-kucing-dengan-handuk
  • Ambil handuk kering serta tekan yang dengannya lembut ke badan kucing, lantas selimuti kucing yang dengannya yang dengannya handuk serta gosok secara perlahan serta lembut seolah-olah kamu tengah memijitnya. Tatkala handuk telah terlalu basah, ubah yang dengannya handuk lain yng kering. Lakukan hal ini hingga badan kucing telah benar-benar bebas dari air ataupun terlihat lembab.
  • Pengeringan bulu. Kucing yng berambut pendek bisa barangkali mampu menyelesaikan pengeringan yang dengannya cuma menduduki ataupun tiduran pada handuk yng kering. Sedangkan kucing yng berambut panjang semisal kucing jenis Persia, maka kamu Perlu menyisir hingga bulu-bulunya benar-benar kering. Andai kucing tak takut yang dengannya pengering rambut, kamu bisa mempergunakannya akan tetapi di set berlebi dahulu pada kondisi Anget bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pengeringan rambut dari jarak yng tidak banyak jauh sembari menyisir bulu bagi kucing yng berbulu panjang.
Beberapa langkah proses memandikan kucing diatas mudah-mudahan mampu menambah pengetahuan bagi kamu yng ingin memandikan kucing kesayangannya. Bagi yng tak ingin repot lebih baik bawa kucing kamu ke salon hewan yng kamu percayai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memandikannya. Tag : Kucing, Other Pets, Perawatan

Sumber rujukan dan gambar : http://www.suaraburungs.com/2015/02/tips-aman-memandikan-kucing-di-rumah.html.

Seputar Tips Aman Memandikan Kucing Di Rumah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Aman Memandikan Kucing Di Rumah