Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Murai Batu

- 6:00 PM

Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Murai Batu

 
Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Murai Batu
Membuat Tepung Jangkrik Untuk Murai BatuJangkrik adalah satu dari sekian banyaknya extra fooding (EF) terpenting bagi sebagian besar burung kicauan yng Kamu pelihara di rumah. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung sehari-hari, jangkrik pula memberikan manfaat dalam pengaturan kondisi birahi burung, baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan lomba ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk penangkaran. Kamu mampu memberikan jangkrik dalam bentuk apa adanya, akan tetapi mampu pula dalam bentuk bubuk ataupun tepung. Tidak sedikit keuntungan andai kita mampu membuat sendiri tepung jangkrik. Mau tahu tips pembuatannya?
Kandungan nutrisi pada tubuh jangkrik memanglah cukup lengkap. Didasari analisis yng di lakukan sejumlah mahasiswa serta ahli peternakan, kandungan nutrisi dalam tubuh jangkrik hidup antara lain memiliki kandungan energi metabolisme sebanyk 121 kalori, protein 12,9 gram, lemak 5,5 gram, karbohidrat 5,1 gram, kalsium (Ca) 75,8 mg, fosfor (P) 185,3 mg, zat besi (Fe) 9,5 mg, thiamin 0,36 mg, riboflavin 1,09 mg, serta niacin 3,10 mg. Yang dengannya kandungan yang telah di sebutkan, jangkrik menjadi satu dari sekian banyaknya bahan pakan yng Amat memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung kicauan. Akan tetapi tak jarang dalam penempatannya Suka berlangsung di mana jangkrik lebih tidak sedikit yng lepas ataupun mati, baik lantaran semut ataupun dimangsa sesama jenisnya.
Untuk mengatasi masalah yang telah di sebutkan, kita mampu mengawetkan jangkrik supaya mampu dipakai setiap tatkala serta dalam waktu kapanpun. Yng terpenting lagi mampu disimpan dalam waktu lama.
Dalam tulisan atau artikel sebelumnya, kita telah membahas bagaimana pembuatan ulat hongkong kering. Di artikel ini kita bahas bagaimana membuat tepung jangkrik yang dengannya tips relatif gampang serta simpel. Disaat dibuat tepung, kadar air telah jauh lebih kecil, menjadikan bahan pakan ini lebih awet. Sebaliknya, kadar proteinnya meningkat drastis.
Yang akan di sajikan kali ini nutrisi inti dari 100 gram tepung jangkrik, yang dengannya bahan jangkrik jantan, jangkrik betina, serta campuran antara jangkrik jantan serta betina.

Selain nutrisi inti, tepung jangkrik pula kaya vitamin serta mineral. Di aneka macam situs jual-beli online, tidak sedikit yng memberikan tepung jangkrik, yang dengannya harga bervariasi, sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000 per bungkus isi 100 gram. Yuk, kita bikin sendiri saja.
Bahan baku :
  • Jangkrik (jumlah disesuaikan yang dengannya kebutuhan).
  • Oven yang dengannya api tengah.
  • Loyang datar utnuk mengeringkan jangkrik.
  • Food processor ataupun blender.
  • Toples yng terbuat dari plastik ataupun kaca.
  • Jangkrik mampu adalah hasil budidaya sendiri, mampu pula membeli di pasar burung ataupun toko / kios burung terdekat. Jadi, tatacara ini mampu diterapkan oleh seluruh kicaumania.

Proses pembuatan :
Sebelum diolah menjadi tepung, jangkrik dimasukkan dalam wadah / kantong plastik, serta disimpan dalam lemari pendingin (kulkas) selama 1 jam ataupun lebih. Hal ini tak akan membunuh jangkrik. Berbeda andai ulat hongkong dimasukkan kulkas lebih gampang mati.
Kenapa jangkrik Perlu dimasukkan ke kulkas selama 1 jam? Ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlambat metabolisme tubuhnya, serta mendorong jangkrik ke kondisi hipotermia. Yang dengannya kata lain, tindakan ini akan mencegah para jangkrik berlompatan, ataupun memberikan batas geraknya tatkala dikeluarkan dari wadahnya.
Akan tetapi andai Kamu ingin orang-orang dalam kondisi mati seusai dikeluarkan dari kulkas, maka penyimpanan mampu diletakkan dalam freezer selama 1 – 2 jam. Jadi, bahan yng akan dipakai nantinya mampu jangkrik yng telah lemah ataupun mati, bergantung di mana Kamu menyimpannya dalam kulkas.
Sesudah jangkrik lemas ataupun mati, keluarkan dari lemari pendingin serta diangin-anginkan sebentar. Selanjutnya, letakkan jangkrik dalam loyang datar. Loyang yng telah berisi jangkrik dimasukkan dalam oven yang dengannya api tengah ataupun suhu tengah. Selanjutnya, oven ditutup serta tunggu beberapa waktu hingga kering.Jangkrik yng siap dikeringkan dalam oven
Sesudah 20-30 menit, oven dibuka. Ujilah kekeringan jangkrik yang dengannya mengambil seekor jangkrik. Tekan yang dengannya sendok ataupun jari Kamu. Andai terasa kenyal, berguna belum sepenuhnya kering. Andai langsung hancur ataupun remuk, berguna telah kering serta siap diproses ke tahap selanjutnya.Kalau telah kering, keluarkan jangkrik dari oven serta dianginkan selama beberapa menit bagi atau bisa juga dikatakan untuk pendinginan.
Jangkrik yng telah kering—Siapkan food processor ataupun blender. Masukkan jangkrik kering ke dalamnya, lantas di-on-kan, menjadikan proses penggilingan dimulai, sampai-sampai terbentuk butiran kasar.Proses penghalusan jangkrik yang dengannya tips digiling / diblender
Proses selanjutnya merupakan mengeringkan kembali butiran kasar jangkrik ke dalam oven: cukup 5 menit. Sesudah itu dikeluarkan serta dinginkan yang dengannya tips di angin-anginkan.
Bubuk jangkrik yng telah dikeringkan dalam oven
Sesudah dingin, tepung jangkrik mampu dimasukan ke dalam wadah ataupun toples plastik ataupun kaca, Mampu pula diberikan kepada burung.Infomurai sarikan dari http://blog-muraibatu.blogspot.com
Untuk memperluas wawasan kita ihwal murai batu maka info murai senantiasa memberikan informasi-informasi lain-lainnya. mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kicaumania seluruh. thanks
OBAT DAN VITAMIN UNTUK MURAI BATU
MURAI BATU PARUH CELAH DAN MITOSNYA
BAHAN-BAHAN UNTUK MENANGKAR MURAI
MURAI YANG PANDAI DAN UNIK
Serta artikel-artikel yng baru saja dibaca pengunjung di blog murai ini
MACAM-MACAM JENIS MURAI YANG DICARI PENGHOBBY
MENANGKAR MURAI BATU DISANGKAR GANTUNG
MURAI BATU SERAK DAN TIPS SOLUSINYA
MURAI BATU LIAR DAN TIPS MENJINAKKANNYA

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-tepung-jangkrik-untuk.html.

Seputar Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Murai Batu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Murai Batu