Memilih Cendet Bakalan "super" Dan Perawatannya

- 9:51 PM

Memilih Cendet Bakalan "super" Dan Perawatannya

 
Oleh Bunyi Burung Juara Sunday, December 7, 2014 Walaupun cendet adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung predator akan tetapi andai kita melakukan perawatan sejak masih bahan ataupun bakalan yang dengannya baik maka akan menjadi burung yng indah, kecerdasan dalam menirukan bunyi burung lain akan bisa mengeluarkan bunyi kicau yng bervariasi. Oleh lantaran itu tatkala ini cendet ataupun Suka disebut yang dengannya pentet dan pula toet menjadi satu dari sekian banyaknya jenis hewan peliharaan yng tidak sedikit diperlihara oleh penghobi burung.
perawatan-cendet-salto_65558887
Akan tetapi tidak sedikit pula yng memiliki anggapan bahwasanya merawat jenis burung predator semisal cendet itu susah, ada yng mengujarkan gampang mati, sulit berbunyi, dan lain-lainnya. Sebetulnya, merawat burung cendet bakalan ataupun yng telah jadi itu percis semisal merawat jenis burung berkicau lain-lainnya.
Andai kamu ingin memelihara burung cerdas dari keluarga Turdidae yakni Cendet, ada baiknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui pula karakter dasarnya.

Karakter dasar cendet


  1. Ganas/Beringas, perilaku proaktif cendet akan keluar andai burung dalam keadaan lapar.
  2. Petarung, guna mempertahankan teritorialnya maka andai mendengar bunyi jenis burung lain-lainnya ataupun melihat burung sejenis akan berkobar semangat tempurnya.
  3. Birahi, cendet Amat gampang naik birahinya. Oleh karena itu kita Perlu hati-hati dalam melakukan perawatan, semisal pemberian EF (Extra Fooding) dan penjemuran jangan terlalu berlebihan lantaran bisa memancing birahi cendet.
  4. Jinak, kemampuan menyesuaikan diri burung cendet Amat besar, oleh lantaran itu burung ini gampang jinak terhadap kita-kita.
Sesudah kita mengetahui karakter dasar burung cendet, langkah selanjutnya merupakan mengetahui tanda burung cendet yng mempunyai kualitas tidak jelek alias bagus. Andai kamu menginginkan memelihara cendet yng masih bahan ataupun bakalan, berikut beberapa hal penting yng butuh diperhatikan dalam pemilihan bahan/bakalan cendet.
memilih-cendet-bakalan-juara
  1. Jantan, pastikan jenis kelamin burung merupakan jantan (cirinya bisa dilihat dari warna bulu yng mengkilap dan kontras).
  2. Paruh, pilih bentuk paruh cendet yng berpangkal lebar, besar, tebal dan panjang. Sedangkan bagian bawah paruh cenderung lurus jangan yng bengkok.
  3. Hidung, pilih yng posisi lubang hidungnya sedekat barangkali yang dengannya mata.
  4. Kepala, burung cendet yng memiliki mental tempur baik merupakan berkepala besar, mata melotot, bulat dan besar.
  5. Badan, pilih bakalan yng mempunyai bentuk postur tengah yang dengannya panjang leher, badan dan ekornya, dan kaki yng serasi.
  6. Sayap, pilih burung yng mempunyai sayap mengepit rapat.
  7. Kaki, pilih cendet yng kakinya mencengkeram yang dengannya kuat, besar dan terlihat kering.
  8. Lincah dan dan bernafsu makan besar, burung cendet yng semisal ini adalah ciri-ciri bahan yng bermental baik.
  9. Leher panjang padat berisi, Menandakan burung ini akan mengeluarkan power bunyi secara maksimal.
Sesudah kita mengetahui tanda bakalan ataupun bahan cendet yng baik, selanjutnya merupakan mengetahui jenis makanan yng sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung ini.

Makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung cendet


  • Voer, pilih voer yng mempunyai kandungan protein tengah (yakni antara 12%-18%).
  • EF (Extra Fooding), makanan tambahan yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk diberikan pada cendet yakni jangkrik, kroto, cacing, UH (ulat hongkong), orong-orong, ulat bamboo, kelabang, belalang.

Perawatan harian cendet


Dalam merawat burung cendet tak jauh berbeda yang dengannya perawatan burung lain-lainnya, yng paling utama merupakan lakukan perawatan secara rutin dan konsisten. Berikut pola perawatan harian yng mampu kamu berikan.
  • Pada pagi hari sekitar jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras selama 30 menit, lantas burung dimandikan mampu yang dengannya tatacara disemprot ataupun mandi di keramba (sebaiknya dilatih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi dikeramba).
  • Berikan jangkrik 4 ekor pada cepuk khusus EF (Jangan memberikan jangkrik secara langsung pada burung lantaran bisa menggigit jari kamu).
  • Penjemuran mampu di lakukan selama 1 sampai-sampai 3 jam, waktu penjemuran antara pukul 08.00 s/d 11.00. Usahakan pada tatkala penjemuran tak melihat burung sejenis.
  • Sesudah proses penjemuran, burung kembali diangin-anginkan diteras.
  • Pada sore hari sekitar jam 15.30 burung mampu dimandikan kembali, lantas kasih jangkrik 2 ekor pada cepuk.
  • Lantas pukul 18.00 burung dikerodong.

Pemasteran:
Burung cendet bakalan yng ingin dimaster mampu di lakukan pada siang hari, yakni pukul 11.00 sampai-sampai 15.00. Sedangkan malam hari pemasteran bisa di lakukan tatkala burung istirahat, yakni pukul 22.00 sampai-sampai pagi hari. (Baca tulisan atau artikel Tips Memaster Burung Yang dengannya Audio Mp3)
Lihat video gaya burung pentet gacor yng mempunyai tembakan rapat dibawah ini:

Pemberian EF lain-lainnya
  • Kroto, berikan kroto segar sebanyk 1 sendok makan. Pemberian ini cukup 2 kali dalam seminggu.
  • Cacing, berikan cacing 1 ekor (pemberian ini cukup 2 kali dalam seminggu).

Over birahi

Penyebab terjadinya over birahi ataupun OB telah kita bahas diatas ataupun kamu mampu baca tulisan atau artikel Tanda Burung Over Birahi, Cara berikut merupakan tatacara menangani cendet yng tengah mengalamai over birahi:
  • Kurangi porsi pemberian jangkrik, cukup berikan 2 ekor pagi dan 2 ekor pada sore hari.
  • Tambahkan pemberian cacing menjadi 2 ekor, berikan 2 kali dalam seminggu.
  • Kasih makanan ulat bambu 3 kali dalam seminggu sebanyk 2 ekor.
  • Mandikan pagi, siang dan sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendinginkan kondisi tubuh, bila butuh mampu ditambah pada malam hari.
  • Kurangi waktu penjemuran, yakni 30 menit saja tiap harinya.

Cendet Ngedrop

Kondisi drop berkebalikan yang dengannya kondisi OB, penanganannya mampu di lakukan semisal berikut:
  • Menambah porsi pemberian jangkrik menjadi 5 ekor pagi dan sore.
  • Pemberian kroto mampu di lakukan tiap hari.
  • Berikan kelabang 2 ekor, cukup sekali dalam seminggu
  • Mandikan burung cukup 2 hari sekali.
  • Jauhkan ataupun isolasi burung (supaya tak melihat ataupun mendengar bunyi burung cendet lain berlebi dahulu).
  • Penjemuran ditambah saatnya menjadi 2 sampai-sampai 3 jam tiap harinya.
Lakukan perawatan cendet yang dengannya baik supaya kondisi tubuh dan mental tetap dalam kondisi yng prima yakni tak berlebihan birahinya ataupun kekurangan, berikan vitamin seminggu sekali yng dicampurkan pada air minum. Mudah-mudahan tulisan atau artikel ini berguna bagi kamu yng ingin memelihara burung cendet. (Lihat pula tulisan atau artikel 3 Permasalahan Perawatan Cendet Yng Diketahui)
Sumber rujukan tulisan atau artikel: sanggarkicau Tag : Burung Lain-lainnya, Cendet, Pentet, Perawatan

Sumber rujukan dan gambar : http://www.suaraburungs.com/2014/12/memilih-cendet-bakalan-super-dan.html.

Seputar Memilih Cendet Bakalan "super" Dan Perawatannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Memilih Cendet Bakalan "super" Dan Perawatannya