Tahapan Sebelum Mulai Menangkar Kenari ( Pra-breeding )

- 9:23 PM

Tahapan Sebelum Mulai Menangkar Kenari ( Pra-breeding )

 
Menangkar kenari kini menjadi hal yng biasa di kalangan penggemar burung kicauan. Banyak sekali kicau mania penggemar kenari yng rela menyisihkan dananya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli sepasang maupun calon pasangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung kenari yng dimilikinya. Menangkar kenari memanglah hal yng gampang, andai kita telah paham seluk beluk dan permasalahan seputar penangkaran burung, malah beberapa penangkar pemula yng berhasil berterus terang sukses mengembang biakan burung peliharaan berkat artikel-artikel dalam omkicau maupun agrobur yng selalu menjadi rujukan serta bahan tatacara bagi kicau mania di seluruh Indonesia.
Dalam menangkar kenari ini, selain persiapan logistik semisal sangkar yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak, tempat serta bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersarang, pakan serta vitamin khusus penangkaran, pula dibutuhkan kesiapan dari sang calon indukan.
Serta pada tulisan atau artikel di artikel ini akan dibahas mengenai tahap-tahap pra-breeding ataupun mempersiapkan indukan dalam kondisi yng siap berkembang biak salah satunya melakukan hal-hal yng seharusnya di lakukan oleh para penangkar baik pemula ataupun berpengalaman, lantaran dari satu hal yng kecil serta tak terpantau kadang disitu pulalah letak kesalahan sebetulnya.
Beberapa hal penting dalam persiapan kenari menuju pengembang biakan merupakan :
  1. Menggunting kuku.
  2. Bersih dari kutu ataupun tungau.
  3. Memotong bulu seputar vent dari burung.
  4. Menyediakan bahan sarang yng aman.
Berikut penjelasannya :
1. Menggunting kuku.
Hal yng kecil serta kerap dianggap sepele menjadikan diabaikan begitu saja diluar dugaan mempunyai dampak yng cukup berpengaruh terhadap kesuksesan penangkaran. Kuku burung yng tak pernah dipotong akan tumbuh serta terus tumbuh sampai-sampai memanjang, yng membuat orang-orang kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendarat ataupun lepas landas dari tenggerannya, malah dalam proses perkawinan, kuku burung kenari jantan yng panjang akan yang dengannya gampang melukai tubuh betina menjadikan membuat proses perkawinan menjadi terganggu, sedangkan pada burung betina, kuku yng panjang akan membuatnya kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil keseimbangan sewaktu proses perkawinan berlangsung yng pula mampu memicu proses yang telah di sebutkan terganggu. Selain dari masalah yang telah di sebutkan kuku indukan yng panjang pula mampu merusak serta menusuk telur yng berada dalam sarangnya.
Kebanykan pemilik burung membiarkan kondisi burungnya semisal demikian lantaran kekhawatiran burung orang-orang akan stress andai dipegang serta pula khawatir andai tindakan yang telah di sebutkan akan menyakiti serta melukai burung.
Andai kamu mempunyai burung kenari indukan yang dengannya satu dari sekian banyaknya ataupun kedua indukan mempunyai kondisi yang telah di sebutkan, sebaiknya segera ambil tindakan yang dengannya menggunting bagian kuku yng panjang yang telah di sebutkan, tips menggunting kuku burung yng benar mampu mempergunakan gunting kuku yang dengannya tips semisal dalam gambar diatas.
2. Bersih dari kutu ataupun tungau.
Masalah yng satu ini adalah masalah klasik dalam perawatan burung kicauan. Kutu adalah satu dari sekian banyaknya infeksi yng mampu menjangkiti burung lain yng berada didekatnya. Hal ini berlaku pula pada burung yng akan ditangkarkan. Andai satu dari sekian banyaknya indukan terinfeksi oleh kutu ataupun tungau maka dalam waktu yng tak terlalu lama indukan yng lain pun akan di kenai pula, serta hal yang telah di sebutkan akan terus berlanjut sampai-sampai anak-anak orang-orang menetas serta kutu ataupun tungau yang telah di sebutkan lantas menginfeksi orang-orang.
Lantaran itulah andai kebetulan kamu mempunyai kedua indukan secara terpisah maka segeralah periksa serta waspadai penyebaran kutu ataupun tungau didalam sangkar yng digunakannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu sebelum dipakai, sangkar yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkarkan orang-orang sebaiknya disemprot berlebi dahulu yang dengannya FreshAves supaya bersih dari kutu ataupun tungau yng terbawa dari bulu burung yang telah di sebutkan.
3. Memotong bulu seputar vent dari burung.
Mengenai masalah pemotongan bulu disekita vent ini, tak seluruh penangkar melakukannya. akan tetapi hal ini mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebersian serta pula kesuksesan proses perkawinan, khususnya pada burung kenari yang dengannya bulu-bulu yng tebal.

Yang dengannya memotong bulu disekitar vent dari burung yang telah di sebutkan, maka proses perkawinan akan menjadi lebih langsung tanpa hambatan. jadi secara garis besarnya , metode ini cukup efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan kesuksesan penangkaran.
4. Menyediakan bahan sarang yng aman.
Aman disini merupakan aman dalam artian sebetulnya. Lantaran dipasaran tidak sedikit dijual bahan-bahan sarang dalam beragam variasi serta bahan yng digunakannya. penggunaan bahan sarang yng tipis semisal benang nilon tak dianjurkan andai kuku indukan terlihat panjang ( lantaran kamu terlalu khawatir bagi atau bisa juga dikatakan untuk memotongnya ), kuku yng panjang yang telah di sebutkan akan menyulitkan indukan sewaktu berada didalam sarangnya, yng mana dalam beberapa kasus yng berlangsung merupakan kaki burung yng terjerat oleh bahan sarang. Pada kasus lain ada berlangsung dimana piyikan yng mati lantaran terlilit oleh bahan sarangnya yang telah di sebutkan.
Tatkala ini di pasaran tidak sedikit dijual bahan sarang dalam bentuk jadi, yng telah rapih serta tampak kokoh. Andai kamu yakin bahwasanya hal yang telah di sebutkan tak akan berdampak tidak baik pada indukan ataupun anak-anaknya, maka bahan sarang yang telah di sebutkan mampu dipakai.
Itulah beberapa hal yng mampu di lakukan dalam tahapan pra-breeding kenari supaya penangkaran mampu berjalan lebih gampang serta tanpa ada kendala yng berguna. Tentu saja selain hal yang telah di sebutkan ada lagi syarat mutlak yng Perlu dipenuhi yakni burung telah jodoh serta telah siap kawin, yng mampu dilihat dari warna vent dari burung yng telah memerah serta membengkak, khususnya burung betina.
Ok, mudah-mudahan memberikan manfaat serta salam kicau.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/09/tahapan-sebelum-mulai-menangkar-kenari.html.

Seputar Tahapan Sebelum Mulai Menangkar Kenari ( Pra-breeding )

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tahapan Sebelum Mulai Menangkar Kenari ( Pra-breeding )