Waspadai Murai Batu Di Musim Penghujan (2) - Habis

- 3:42 PM

Waspadai Murai Batu Di Musim Penghujan (2) - Habis

 
Perawatan Murai Batu
Andai perubahan cuaca memasuki musim penghujan, perawatan yng Perlu diterapkan pada Murai Batu pastilah tak percis yang dengannya perawatan yng semisal biasa kita terapkan pada Murai Batu sehari-harinya. Beberapa perawatan Murai Batu semisal penjemuran, pemandian, pengerodongan, hingga pada pemberian makan pula mempunyai peraturan-peraturan yng berbeda kala memasuki musim penghujan.
Menjadi penghobi ataupun pemilik dari Murai Batu yang telah di sebutkan, kita Perlu peka yang dengannya setiap perubahan cuaca yng berlangsung supaya pula mampu menyesuaikan perawatan yng kita berikan kepada Murai Batu. Di bawah ini merupakan perawatan yng bisa kita terapkan pada Murai Batu di musim penghujan, agar bisa Murai Batu tetap dalam kondisi yng fit serta terhindar dari banyak sekali ancaman bahaya penyakit yng bisa menyerangnya.
  • Peraturan Teknik Penjemuran
    Andai biasa kita melakukan penjemuran 1-2 jam lamanya di pagi hari menjadi perawatan rutin yng wajib bagi Murai Batu, maka disaat musim penghujan intensitas waktu penjemuran Perlu dikurangi. Jemur Murai Batu selama 20 menit saja, itupun tatkala matahari mulai tampak bersinar baru lantas kamu jemur.
    Akan tetapi andaikan cuaca terlihat mendung, dan hembusan angin cukup kencang, sebaiknya urungkan niat kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjemur Murai Batu. Memanglah penjemuran berguna bagi Murai Batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan vitamin D menjadi komponen pengolah kalsium dalam tubuh, namun andai kondisi cuaca tak memungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjemur, sebaiknya jangan dipaksakan melakukan penjemuran.
    Tak tidak ingat, tatkala melakukan penjemuran bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak mengabaikan atau meninggalkan Murai Batu, di musim penghujan perubahan cuaca tak menentu, mana tahu tiba datangnya angin kencang ataupun turunnya hujan supaya bisa mengamankan Murai Batu secepatnya.

  • Peraturan Teknik Pemandian
    Percis halnya yang dengannya teknik penjemuran sebelumnya, perawatan mandi pada Murai Batu di musim penghujan pula tak butuh dipaksakan. Apalagi Perlu menyemprotnya yang dengannya air mempergunakan sprayer. Di musim penghujan kebanykan burung kicauan tak bernafsu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi, faktor cuaca yng cenderung dingin pula berpengaruh.
    Kamu boleh berupaya yang dengannya memasukkannya dalam keramba, yang dengannya berlebi dahulu volume air dalam keramba dikurangi dari volume umumnya. Biarkan naluri Murai Batu itu sendiri yng menentukan, apakah ia ingin mandi ataupun tak. Andai dalam kurun waktu lewat dari 10 menit dia tak menunjukan gejala ingin mandi, maka keluarkan Murai Batu dalam keramba, sebaliknya andai pun ia ingin mandi dalam keramba, sebaiknya jangan biarkan Murai Batu mandi terlalu lama.

  • Peraturan Teknik pengerodongan
    Di musim penghujan, usahakan Murai Batu ditempatkan pada suhu yng Anget, jangan taruh Murai Batu dalam luar rumah apalagi tatkala kondisi cuaca tidak sedikit angin, mendung, gerimis, terlagi tatkala hujan. Full kerodong adalah pengganti yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghangatkan Murai Batu dari dinginnya cuaca, tips lain-lainnya mampu yang dengannya menempatkan sangkar Murai Batu di bawah cahaya lampu.
    Sesekali kamu pula diharuskan membuka kerodong, baik sebagian kerodong ataupun seluruhnya di tatkala cuaca di luar rumah mulai cerah, lantaran Murai Batu yng terus-terusan di full kerodong pula tak baik, mampu menghasilkan stres bagi Murai Batu. Jangankan tidak ingat kebersihan kerodong Perlu di awasi, yang dengannya mencucinya seminggu sekali. Kelembaban udara bisa membuat aroma kerodong menjadi cepat bau serta itu mengganggu kenyamanan Murai Batu dalam sangkar.

  • Peraturan Teknik Pemberian Pakan
    Selama musim penghujan, ekstra fooding bagi Murai Batu akan Amat baik. Pemberian pakan jangkrik (2-3 ekor), ulat, pula kroto mampu membantu menaikan staminanya kembali. Selain itu manfaat dari pemberian vitamin pula membantu Murai pertahankan kondisi tubuhnya melawan virus-virus bakteri yng berupaya masuk menyerang Murai Batu.
    Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan olahan yng kamu berikan pada Murai Batu, sebaiknya pakan olahan diberikan dalam takaran secukupnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai per hari. Supaya setiap harinya pakan olahan dalam kondisi baru serta tak basi. Andai masih ada pakan olahan yng tersisa dari pemberian semalam sebaiknya dibuang saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk diganti yang dengannya yng baru.

Selain dari keempat teknik perawatan Murai Batu pada musim penghujan, yng tak kalah penting merupakan kebersihan sangkar ataupun sangkar dari Murai Batu itu sendiri. Rutinlah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yng menempel di sangkar setiap harinya, yang dengannya begitu akan mengurangi resiko berkembangbiaknya bakteri dalam sangkar yng mengancam kebugaran atau kesehatan Murai Batu kamu. Demikian tulisan atau artikel ini, mudah-mudahan berkenan serta berguna. Terimakasih.
Oleh : Roma Doni
Sumber Rujukan :
http://omkicau.com/2012/10/17/6-poin-penting-merawat-burung-di-musim-hujan/ http://muraibatuaceh.blogspot.com/2008/11/waspada-terhadap-cuaca-musim-hujan.html
http://perawatanmurai.blogspot.com/2013/12/merawat-murai-batu-di-musim-hujan.html
http://omkicau.com/2013/12/16/enam-langkah-mengamankan-mb-di-musim-hujan/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/03/waspadai-murai-batu-di-musim-penghujan.html.

Seputar Waspadai Murai Batu Di Musim Penghujan (2) - Habis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Waspadai Murai Batu Di Musim Penghujan (2) - Habis