Pemilihan Burung Yang Bagus Berdasarkan Katuranggan

- 10:48 AM

Pemilihan Burung Yang Bagus Berdasarkan Katuranggan

 
Selama ini dalam dunia perkutut ada sebutan katuranggan yang adalah penggabungan dari dua sebutan Jawa katur serta angga. Katur dalam bahasa Jawa berguna pemberitahuan serta angga berguna tubuh. Jadi, katuranggan berguna pemberitahuan ataupun pengetahuan perihal bentuk tubuh. Dalam membeli perkutut para penggemar perkutut tak mampu lepas dari katuranggan. Berlebi lagi kalau perkutut yang bakal dibeli yang telah di sebutkan harganya hingga jutaan rupiah, pasti calon pembeli Amat memperhatikan katuranggan. Dari katuranggan mampu diramalkan bunyi serta titik klimaks bunyi perkutut. Oleh lantaran itu, umumnya calon pembeli meminta izin pada pedagang supaya diperbolehkan memegang burung yang akan dibeli. Izin memegang ini maksudnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui apakah katuranggan burung yang telah di sebutkan sempurna ataupun tak.
Selama ini patokan yang dijadikan katuranggan ada beberapa hal, misalnya bentuk kepala, paruh, badan, serta ekor. Patokan yang telah di sebutkan merupakan menjadi berikut :
Perkutut yang bentuk kepalanya bulat lonjong semisal buah jambe diperkirakan bisa atau mampu mengeluarkan bunyi yang bagus serta maksimal. Burung yang memiliki bentuk kepala demikian diperkirakan kemerduan suaranya bisa bertahan hingga tua. Oleh lantaran itu, kepala demikian salah satunya kategori paling baik.
Perkutut yang bentuk kepalanya mbeton nongko (semisal biji nangka) diperkirakan memiliki kemerduan bunyi yang cukup bagus serta mampu bertahan hingga tua. Akan tetapi, kemerduan bunyi yang telah di sebutkan jarang yang mencapai maksimal.
Perkutut yang bentuk kepalanya bulat semisal mata uang diperkirakan memiliki kemerduan bunyi yang cukup bagus serta akan terus meningkat hingga burung yang telah di sebutkan berumur 24 tahun. Selebihnya suaranya akan menurun.
Perkutut yang bentuk paruhnya ngepel (semisal buah burahol), bentuk badan ngontong (semisal kuncup bunga pisang), serta dipadu yang dengannya ekor yang meruncing, mampu diperkirakan memiliki bunyi sedang yang cukup terang serta bersih. Burung yang dengannya ciri-ciri semisal ini salah satunya burung yang paling baik.
Perkutut yang bentuk paruhnya nggabah (semisal butiran padi), bentuk badan semisal buah nangka, serta ekornya agak panjang yang dengannya bagian belakang agak tumpul diperkirakan bersuara sedang baik. Burung yang dengannya tanda ini salah satunya kategori baik.
Burung yang bentuk paruhnya mapah gedhang (semisal pelepah pisang), bentuk badan mbluluk (semisal buah kelapa muda), serta ekornya pendek meruncing, diperkirakan bunyi tengahnya cukup baik. Burung yang dengannya tanda semisal ini salah satunya kategori cukup baik.
Meskipun telah ada petunjuk ataupun ramalan dari katuranggan, akan tetapi akan lebih baik lagi kalau kita tetap memperhitungkan kesempurnaan dari bentuk fisik lain-lainnya, misalnya badan sehat serta tak ada yang cacat di antara bagian tubuhnya. Bentuk dada dipilih yang bidang. Dada yang bidang menunjukan kalau tubuh burung yang telah di sebutkan baik serta memiliki kantung bunyi yang baik pula menjadikan bunyi yang dikeluarkannya kebanykan pula baik
Persyaratan anggota badan lain yang menjadikan burung tergolong kategori baik merupakan leher yang panjang yang dengannya bagian tenggorokan agak besar, mata cerah pandang-an tajam, dan kaki ramping yang dengannya sisik teratur serta mengkilat. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2010/07/pemilihan-burung-yang-bagus-berdasarkan.html.

Seputar Pemilihan Burung Yang Bagus Berdasarkan Katuranggan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pemilihan Burung Yang Bagus Berdasarkan Katuranggan