Cara Mudah Beternak Lovebird #3

- 6:59 AM

Cara Mudah Beternak Lovebird #3

 
Oleh Bunyi Burung Juara Saturday, March 15, 2014 Seusai kita mengetahui jenis kelamin antara jantan serta betina yng telah kita bahas pada Cara Mudah Beternak Lovebird #2, saat ini kita mengulas tatacara penjodohannya. Peternak pemula seringkali beranggapan bahwasanya burung yng telah berpasangan berguna sudah berjodoh (butuh diketahui bahwasanya lovebird terkadang akan selalu bersama meskipun berjenis kelamin percis), maka seusai disatukan dalam sangkar serta menunggu beberapa lama akan tetapi tak pula bertelor ataupun malah bertelor sampai-sampai 10 butir (namun telor tak mau menetas lantaran diluar dugaan keduanya betina, jadi telor yng diperoleh tak diisi sperma jantan).
penjodohan lovebird
Oleh karena itu kita Perlu benar-benar mengetahui jenis kelaminnya. Seusai pada tulisan atau artikel sebelumnya pula telah kita bahas tatacara membedakan jenis kelamin lovebird, akan tetapi tak ada salahnya kita bahas kembali secara singkat.
1. Ujung Ekor Lovebird
Secara umum burung lovebird jantan mempunyai ujung ekor yng meruncing/lancip, sedangkan betina terlihat mengembang ataupun rata.
2. Sayap Lovebird
Ujung sayap lovebird pula mampu kita jadikan patokan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan jenis kelamin. Andai kedua ujung sayap menyilang berguna jantan serta kalau tak menyilang/terbuka berguna lovebird betina.

Proses Penjodohan Lovebird


Penjodohan ada dua tatacara yng Suka di lakukan para breeder/peternak yakni yang dengannya tatacara koloni serta sepasang.
1. Penjodohan Cara Koloni
Cara ini umumnya Suka di lakukan oleh peternak pemula, yang dengannya menyatukan beberapa ekor lovebird dalam satu sangkar berukuran besar. Hal ini akan lebih membuat mudah lovebird bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih pasangannya sendiri-sendiri.
2. Penjodohan Cara Sepasang
Proses ini akan memakan waktu serta perhatian yng lebih dikarenakan kita akan menyatukan burung yng tak saling kenal. Tatacaranya yang dengannya menempatkan burung dikandang yng memiliki sekat, hal ini di lakukan supaya kedua burung berinteraksi secara langsung akan tetapi terbatas sekat. Akan tetapi andai kamu tak memiliki sangkar sekat maka mampu mempergunakan sangkar harian/gantung yng ditempelkan, buat tenggeran yng sejajar serta tempat makan pula berdekatan.
Seusai kita persiapkan sangkar pejodohan lantas kita masukan burung kedalam sangkar, liat perkembangannya (umumnya proses ini memakan waktu 4 sampai-sampai 7 hari). Lantas andai telah bisa dipastikan kedua indukan lovebird saling suka (mampu diliat yang dengannya Suka beradu paruh meski terbatas sekat, ataupun Suka bertengger berdamping).
Andai proses ini telah berlangsung kita mampu membuka sekat supaya indukan lovebird mampu bercampur bersama. Selama proses ini kita Perlu Suka memantau perkembangan kedua pasangan, serta persiapkan tempat bertelor pula makanan yng mempunyai nutrisi tidak sedikit serta mempunyai kadar vitamin yng cukup supaya proses bertelur tak ada gangguan kebugaran atau kesehatan.

Proses Bertelur Lovebird


Penjodohan telah di lakukan yang dengannya baik, saatnya lovebird betina bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertelur serta mengerami. Proses pengeraman hingga penetasan umumnya memakan waktu antara 2 sampai-sampai 3 minggu, seusai menetas jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan makanan bergizi tinggi. Berikut komposisi makanan biji-bijian yng disarankan oleh para penangkar senior.
Biji-bijian Jumlah %
Biji Milet 45%
Biji Canary (Canary Seed) 30%
Biji Bunga Matahari 15%
Biji Gandum (oats) 5%
Biji Rami (hemp) 3%
Biji Niger Seed 2%

Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sayuran merupakan kangkung, jagung muda, brokoli, toge, serta selada. Buah-buahan umumnya burung lovebird ada yng menyukai serta ada yng tak, akan tetapi yng Suka diberikan merupakan pir, apel, pepaya, serta pisang. (Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk buah tak menjadi prioritas utama, yng terpenting merupakan sayuran)
Pastikan ketersediaan grit serta tulang sotong yng cukup pada indukan lovebird guna mensuplai asupan kalsium bagi induk ataupun anakannya, bahan ini mampu kamu beli di toko burung. Demikian Cara Mudah Beternak Lovebird #3 Perihal Penjodohan serta Masa Bertelur. Rujukan tulisan atau artikel http://herryadhitya.blogspot.com/2012/06/berternak-burung-lovebird-salam-sobat.html, http://www.kicaumania.or.id/forums/showthread.php?8575-Menu-Breeding-Lovebird, http://omkicau.com/2013/06/28/menjodohkan-lovebird-secara-efektif/ . Mudah-mudahan berguna serta berhasil menangkar lovebird. Guna memperluas wawasan lihat pula Cara Pembesaran Anakan Lovebird. Tag : Beternak, Ternak Lovebird

Sumber rujukan dan gambar : http://www.suaraburungs.com/2014/03/beternak-lovebird-proses-penjodohan.html.

Seputar Cara Mudah Beternak Lovebird #3

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Beternak Lovebird #3