Penangkaran Burung Cucak Hijau

- 12:25 PM

Penangkaran Burung Cucak Hijau

 
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penangkaran burung cucak hijau dipilih indukan jantan yng sehat, tak cacat dan bersuara gacor yang dengannya perkiraan umur diatas 2 Tahunan, sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung cucak hijau betina mampu dipilih yng masih berusia diatas 1 Tahunan, bertubuh mulus tak cacat serta telah mau bersuara kalau misalnya didekatkan yang dengannya burung jantan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemilihan indukan jantan serta betina ini mampu dipilih burung yng telah jinak ataupun burung yng telah tak takut lagi yang dengannya kita-kita.
Andai calon indukan telah didapatkan, saat ini kita akan memasuki proses penjodohan, pada proses ini si burung mampu ditempatkan dalam sangkar perjodohan yng berupa sangkar bersekat yng sekatnya mampu dilepas sewaktu-waktu. ataupun andai belum mempunyai sangkar yang telah di sebutkan mampu yang dengannya menempelkan sangkar harian burung jantan serta betina selama masa perjodohan.
Adapun maksud dari penggunaan sangkar bersekat maupun penempelan sangkar kedua burung yang telah di sebutkan merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan birahi sang jantan, yng diawali yang dengannya kicauan burung jantan yng selalu diarahkan pada si burung betina serta andai si burung betina menanggapi kicauan burung jantan yang dengannya bunyi khasnya ( siulan ) maka berguna proses perjodohan mampu dikatakan 75% sukses, tinggal berupaya menyatukan kedua burung yang telah di sebutkan dalam satu sangkar ataupun andai mempergunakan sangkar bersekat tinggal menarik sekatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memantau apakah si burung telah benar-benar berjodoh. Lamanya proses perjodohan ini bergantung dari kondisi birahi masing-masing burung malah mampu memakan waktu lama andai satu dari sekian banyaknya dari burung yang telah di sebutkan entah jantan ataupun betina belum benar-benar dalam kondisi birahi.
Berikut merupakan cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat burung cucak hijau cepat berjodoh;
Hari pertama berikan ekstra fooding (EF) yng lebih dari umumnya, semisal; jantan serta betina diberikan EF berupa jangkrik 10 ekor serta Cacing 10 ekor bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan birahinya.
Hari kedua berikan ekstra fooding (EF) yng percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk si jantan sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian EF ke Betina dikurangi setengahnya.
Hari ketiga Pemberian ekstra fooding (EF) bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung jantan ditambah sementara pemberian EF bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung betina dihilangkan, bertujuan supaya pada tatkala si jantan birahi dia akan berupaya memainkan EF yang telah di sebutkan di mulutnya serta si betina yng kelaparan akan berupaya meminta jatah yang telah di sebutkan dari si jantan,
Proses yang telah di sebutkan berlanjut sampai-sampai beberapa hari kedepan malah mampu lebih seluruh bergantung dari burungnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan birahi supaya burung yng lama ataupun sulit berjodoh mampu cepat berjodoh mampu mempergunakan BirdMature yng pula adalah satu dari sekian banyaknya produk unggulan dari rekan saya mas duto yang dengannya webnya omkicau.com ( berhasil selalu ya om ..) ,
BirdMature merupakan produk bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan birahi burung secara cepat, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung-burung penangkaran.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui apakah orang-orang mampu akur ataupun tak, sesekali orang-orang dicampur lebih-lebih di tatkala dimandikan di karamba. Kalau orang-orang tak tengkar, maka mampu dicoba dijadikan satu. Kalau masih ada tanda-tanda bertengkar, maka butuh dipisah lagi. Lakukan hal itu hingga burung benar-benar mau dikumpulkan jadi satu tanpa saling serang.
Seusai penjodohan selesai, maka kedua burung langsung dimasukkan ke sangkar penangkaran.
Masa Pengeraman
Semisal halnya penangkaran burung pada biasanya, cucak ijo butuh lingkungan yng tenang. Paling tak, Perlu bebas dari gangguan predator (kucing, tikus dll). Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindarkan burung dari serangan penyakit yng berasal dari parasit, maka Kamu Perlu memastikan sangkar yng relatif bebas parsit serta serangga pengganggu semisal semut serta kecoak.
Parasit pengganggu burung di penangkaran ada macam-macam. Andai tak ditangani secara serius, maka akan memicu betina tak nyaman dalam mengeram. Akibatnya, burung tak tenang serta selalu turun dari sarang. Andai ini berulang berlangsung, maka dipastikan telur tak mampu menetas lantaran tak memperoleh suhu pengeraman yng stabil. Kadang-kadang, gangguan parasit pula memicu indukan berlaku proaktif serta mampu mengobrak-abrik sarang, makan telur sendiri, serta lain-lain.
Selama masa mengeram, ekstra fooding butuh dikurangi yang dengannya tujuan supaya kedua burung tak naik birahinya yng pula Suka memicu orang-orang berlaku proaktif baik terhadap pasangan amupun terhadap telur yng tengah dierami.
Seusai usia pengeraman 14 hari, maka telur burung cucak ijo akan menetas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi masa menetas, maka mulai hari ke-12 pengeraman, Kamu butuh menaikan jumlah ekstra fooding serta menyediakan kroto menjadi pakan pertama yng akan diberikan indukan kepada anakannya.
Manajemen anakan
Andai telur sudah berhasil menetas, maka anakan cucak ijo mampu Kamu petik antara usia 5-10 hari. Kalau tidak lebih dari 5 hari, kondisi burung terlalu lemah serta kadang menyulitkan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuapkan pakan. Sementara andai lebih dari 10 hari, burung telah takut yang dengannya kita-kita. Akibatnya, orang-orang takut disuapi serta pada tatkala yng percis orang-orang belum mampu makan sendiri. Selanjutnya, ya mampu mati-lah anak-anak cucak ijo.
Anak-anak cucak ijo mampu Kamu letakkan di wadah apa saja yng penting ada landasan yang dengannya bahan yng percis yang dengannya yng dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sarang di sangkar penangkaran. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk landasan teratas mampu kita kasih kapas supaya lembut serta tak melukai anakan burung. Anakan di wadah khusus itu lantas mampu Kamu letakkan di dalam kotak kayu ataupun kotak apa saja, yang dengannya diberi lampu penghangat.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan anakan cucak ijo yng diambil pada usia 5-10 hari, Kamu mampu menyiapkan kroto yng benar-benar bersih dari kotoran serta bangkai semut. Suapkan perlan-pelan yang dengannya alat suap yng mampu Kamu buat semisal penjepit yng terbuat dari bambu. Ataupun Kamu mampu membuat yang dengannya bentuk apapun yng penting mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuapkan kroto ke paruh burung anakan. Kroto yng akan Kamu berikan, butuh ditetes air tidak banyak menjadikan membuat mudah burung anakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menelannya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung-burung di atas usia 7 hari, Kamu pula mampu memberikan kroto yng dicampur yang dengannya adonan voer. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan kecukupan vitamin serta mineral anakan burung, Kamu butuh menambahkan BirdVit ke dalamnya.
Anakan burung pada usia 15 hari ke atas, Kamu telah mampu mulai memberikan jangkrik kecil yng dibersihkan kaki-kakiinya, serta dipencet kepalanya. Ataupun kalau bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian di masa-masa awal, jangan disertakan kaki serta kepalanya. Lebih baik lagi kalau Kamu mampu memberikan jangkrik yng tengah mabung, yaitu masih lembut serta berwarna putih.
Disaat anakan burung telah mulai meloncat-loncat kuat di dalam boks sarang, Kamu mampu memindahkannya ke dalam sangkar gantung. Cuma saja butuh diingat, dasar sangkar gantung tetap diberi landasan bahan yng percis yang dengannya bahan pembuat sarang. Tujuannya merupakan mencegah kaki burung anakan cedera. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk tangkringan Perlu dibuat bertingkat supaya burung pula belajar meloncat antar tangkringan.
Sementara itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk manajemen indukan pasca anakan diambil, Kamu mampu menyetting pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan semisal pada masa pasca penjodohan. Seusai anakan diambil, umumnya 7-10 hari setelahnya, betina mulai bertelur lagi. Hal ini berulang terus serta akan mengalami perubahan disaat burung mengalami masa mabung. Mabung pada cucak ijo pada biasanya memanglah tak sekalian bulu ambrol dalam rentang hari yng pendek, namun nyulam-nyulam.
Yang dengannya model mabung semisal ini, maka tak mengherankan masih ada pula cucak ijo yng tetap betelur walau bulu mulai jatuh. Akan tetapi demikian, ada pula yng berhenti berproduksi seketika. Hal ini memerlukan kecermatan Kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan asupan yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung penangkaran, menjadikan walaupun kondisi fisik terlihat tak fit, namun tetap saja mau berproduksi. Lain permasalahannya kalau proses nyulamnya memanglah tinggi, yaitu bulu tidak sedikit sekali yng berjatuhan, maka Kamu Perlu bersabar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunggu burung menyelesaikan masa mabung, rekondisi serta siap lagi berproduksi.
KENDALA UTAMA PENANGKARAN
Penjodohan
Dalam penjodohan burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk penangkaran, kesulitan utama merupakan menyamakan masa birahi burung. Karena, andaikan burung tak percis masa birahinya, maka penjodohan susah di lakukan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, Kamu butuh memberikan asupan pakan yng mampu memunculkan birahi burung, baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan maupun betina.
Dalam kaitan ini, disarankan Kamu mempergunakan multivitamin serta multi mineral yng dilengkapi yang dengannya suplemen lengkap serta seimbang disertai bahan aktif yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan utama asupan makan burung indukan. Kamu mampu misalnya mempergunakan BirdMature.
Fungsi utama BirdMature/BMR merupakan menaikan fertilitas serta menormalkan fungsi reproduksi burung. BMR Amat direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai oleh para penangkar menjadikan mencapai produksi burung yng optimal.
Macet produksi
Tidak sedikit sekali kasus burung macet produksi. Walaupun indukan jantan serta betina terlihat sehat, akan tetapi diluar dugaan keduanya tak pula melakukan perkawinan. Ataupun kalau melakukan perkawinan tak berlangsung pembuahan. Ciri tak ada pembuahan merupakan telur yng kosong hingga masa pengeraman berakhir.
Sebetulnya, macet produksi dalam kasus di atas merupakan lantaran datangnya masa birahi burung pasca telur menetas tak berbarengan. Yang dengannya demikian, dalam kasus ini pula disarankan mempergunakan BirdMature menjadikan muncul birahi jantan serta betina pada tatkala yng bersamaan.
Fungsi utama BirdMature memanglah menaikan fertilitas serta menormalkan fungsi reproduksi burung. Akan tetapi dia mempunyai fungsi lain, yaitu menaikan daya tahan tubuh piyikan (burung-burung muda), menormalkan system kekebalan tubuh piyikan dan menyempurnakan pertumbuhan bulu burung.
Tidak sedikit burung piyikan mati penyebabnya yaitu dia kekurangan asupan yng seharusnya tersimpan secara normal disaat dia masih dalam bentuk telur. Yang dengannya pemberian BirdMature, risiko kematian anakan piyikan burung mampu ditekan.@ariesmunandi
Berita lain seputar rawatan harian cucak hijau disini
sumber;
omkicau.com
banyak sekali sumber Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/01/penangkaran-burung-cucak-hijau.html.

Seputar Penangkaran Burung Cucak Hijau

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penangkaran Burung Cucak Hijau