Tips Memelihara Murai Batu Lebih Dari Satu

- 9:00 AM

Tips Memelihara Murai Batu Lebih Dari Satu

 
Ada hal-hal yng Perlu diperhatikan disaat penghobi memelihara Murai Batu lebih dari satu ekor. Yang dengannya makin banyaknya Murai Batu yng kita punyai maka perawatan yng Perlu kita perhatikan pula akan makin kompleks. Tak cuma perhatian pada perawatan rutin Murai Batu saja semisal pakannya, menjemur, pemandian, dll,faktor-faktor di luar itu pula bisa memengaruhi, lebih-lebih yng berkaitan yang dengannya hubungan/interaksi Murai Batu yng satu yang dengannya yng lain butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk di awasi.
Makanya andai kamu mengunjungi tempat penangkaran Murai Batu yng notabene mempunyai tidak sedikit Murai Batu di dalamnya, para penangkar tak asal-asalan dalam meletakkan Murai Batu. Ada aspek-aspek penting yng Perlu di awasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari dampak negatif yng akan ditimbulkannya. Misalnya, tak meletakkan Murai Batu dewasa berdampingan yang dengannya Murai Batu berusia muda (trotol),dikarenakan, hal itu bisa memicu stress pada Murai Batu muda yng masih belum siap mentalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertanding. Lebih dari itu, andaikan Murai Batu muda yang telah di sebutkan tengah mengalami masa mabung, mungkin besar masa mabungnya tak akan berjalan yang dengannya sempurna.
Hal-hal teknis semisal itu barangkali terkesan sepele, namun jangan dianggap remeh pengaruhnya bagi perkembangan Murai Batu. Apalagi melihat Murai Batu merupakan jenis burung fighter yng gampang sekali terpancing naik birahinya, andai tak disesuaikan yang dengannya kondisi fisik baik dari segi umur, kebugaran atau kesehatan, ataupun mental, ini dia yng ditakutkan memberikan pengaruh negatif bagi Murai Batu yang telah di sebutkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, di bawah ini beberapa hal (selain hal diatas) yng Perlu kamu perhatikan disaat memelihara Murai Batu lebih dari satu :
  • Mempergunakan kerodong pada sangkarnya
    Penggunaan kerodong Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah timbulnya pertarungan antar sesama Murai Batu milik kamu yng barangkali dalam hal ini cuma akan menguras energi/stamina burung yang telah di sebutkan.Murai Batu merupakan jenis burung yng Amat proaktif andai bertemu lawannnya, ditakutkan Murai Batu bahkan menjadi bringas disaat bertatapan muka yang dengannya Murai Batu lain-lainnya secara langsung, apalagi andai fenomena itu tak terlalu penting (bukan dalam lomba), tentu cuma kesia-siaan belaka.

  • Jauhkan sesama Murai Batu tatkala di lakukan penjemuran serta pemandian
    pun demikian halnya tatkala di lakukan perawatan penjemuran serta pemandian. Dimana Murai Batu Perlu dalam keadaan terbuka pada lingkungan sekitar, maka kamu Perlu menjauhkan jarak antara Murai Batu yng satu yang dengannya yng lain agar bisa tak memancing Murai Batu melakukan pertarungan kicauan. Khusus pada pemandian, lakukan proses bergilir, jangan digabungkan Murai Batu dalam satu wadah (keramba) sekalian.

  • Jangan letakkan sangkar dalam satu ruangan
    Tidak sedikit penghobi yng suka-suka hati menjajarkan sangkar-sangkar Murai Batu, padahal ini mampu menciptakan suasana yng tak nyaman, lantaran sepanjang harinya keseringan Murai Batu dalam kondisi naik birahi. Murai Batu akan susah mendapatkan ketenangan andai peletakkan sangkar semisal itu. Oleh karenanya, taruhlah sangkar-sangkar Murai Batu dalam ruang yng berbeda-beda serta jangan berdekatan. Jikapun dalam satu ruangan ada beberapa sangkar, sebaiknya sangkar yang telah di sebutkan adalah sangkar burung jenis lain, ini bahkan baik sekalian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi pemaster bagi kicauan Murai Batu.

  • Jangan menggabungkan Murai Batu dalam satu sangkar
    Ini adalah kesalahan fatal andai ada penghobi yng menggabungkan beberapa Murai Batu dalam satu sangkar. Hal yang telah di sebutkan cuma boleh di lakukan andai hendak melakukan proses perkawinan pada Murai Batu saja. Selain hal itu, Amat dilarang. Mampu-bisa Murai Batu terlibat pertarungan serta perkelahian, sebagaimana naluri Murai Batu di alam liar yng ingin menunjukan keperkasaannya menjadi burung juara.

Demikianlah beberapa cara yng butuh kamu ketahui selaku penghobi yng memelihara Murai Batu lebih dari satu. Jangan hingga ketidaktahuan kamu dalam memelihara tidak sedikit Murai Batu, malahan akan berpengaruh tidak baik terhadap Murai-Murai Batu milik kamu yang telah di sebutkan.
Oleh : Roma Doni
Sumber Rujukan :
http://muraibatu.info/2014/10/tips-merawat-lebih-dari-satu-ekor-murai-batu/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2016/06/tips-memelihara-murai-batu-lebih-dari_50.html.

Seputar Tips Memelihara Murai Batu Lebih Dari Satu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Memelihara Murai Batu Lebih Dari Satu