Menangani Burung Cendet Yang Macet Bunyi

- 3:42 PM

Menangani Burung Cendet Yang Macet Bunyi

 
Sebagian besar pemilik burung cendet pernah mengalami masalah burungnya yang berhenti berbunyi/macet bunyi, yang mana hal yang telah di sebutkan Amat berkaitan yang dengannya karakter cendet yang berbeda yang dengannya karakter burung lain-lainnya. Maka, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya dibutuhkan pengetahuan mengenai apa penyebab serta bagaimana menangani burung cendet yang macet bunyi yang telah di sebutkan.
Walau dikenal menjadi burung pemangsa / predator kecil, sebetulnya burung cendet ini mempunyai karakter yang berbeda dari burung jenis pemangsa lain-lainnya. Burung cendet cenderung gampang ketakutan terhadap benda ataupun mahluk lain yang percis sekali belum pernah dilihatnya. Begitu pula yang dengannya sifatnya yang terkadang gampang berbunyi namun kadang pula gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhenti bunyi membuat kita menjadi perawatnya Perlu mampu memperhatikan pola serta pula perawatan hariannya yang rutin serta konsisten. Yang dengannya begitu kita berusaha bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kondisi burung cendet yang telah di sebutkan supaya tetap rajin berbunyi.
Hal yang paling umum serta Suka dianggap menjadi penyebab burung cendet mogok bunyi merupakan stress serta kalah mental, akan tetapi diluar dugaan disamping itu, terdapat juga beberapa faktor-faktor lain yang mampu memberi pengaruh kondisi serta rajin tidaknya burung cendet tersebt berbunyi. Faktor-faktor yang telah di sebutkan antara lain :
  • Burung cendet yang Suka terasa ketakutan
  • Burung cendet yang sakit sesudah memakan makanan yang tak tepat
  • Burung cendet yang tidak lebih birahi
Burung yang mogok bunyi lantaran Suka terasa ketakutan
Walau tak seluruh burung cendet mempunyai perilaku yang percis, akan tetapi rata-rata burung cendet cenderung terasa ketakutan begitu melihat sesuatu ataupun benda yang tampak asing baginya, hal ini umumnya berlangsung pada burung cendet yang Suka digantung dekat yang dengannya jalanan umum ataupun jalan raya, burung cendet yang telah di sebutkan akan terasa ketakutan begitu melihat kedatangan sepeda motor, tukang dagang yang memikul dagangannya, lantas lalang orang yang dengannya beragam warna pakaian yang dikenakannya, dan mendengar suara-suara yang bising ataupun keras. Selain ketakutan yang membuat burung menjadi jarang mengeluarkan bunyi kicauannya, burung pun cenderung melakukan aksi salto-salto andai terlalu Suka terasa panik.
Membiarkan burung yang ketakutan dalam waktu yang cukup lama mampu membuat burung gampang stress,lantaran itu segera pindahkan burung ke tempat tenang, begitu terlihat mulai belingsatan. Andai dibiarkan dalam kondisi yang telah di sebutkan maka adrenalin burung cenderung meningkat yang menghasilkan metabolisme burung terganggu serta gampang mogok berbunyi.
Burung yang mogok bunyi sesudah memakan makanan yang tak tepat
Semisal pula burung pemakan serangga lain-lainnya, begitu melihat kedatangan serangga yang terbang melintasi sangkarnya, maka burung akan berusaha mengejar, serta begitu serangga berada dekat ataupun menghampirinya yang dengannya segera burung yang telah di sebutkan menangkap lantas memakannya.
Kalau misalnya serangga yang telah di sebutkan bukan salah satunya serangga yang membahayakan ataupun memiliki kandungan racun tentu tak menjadi masalah, akan tetapi apa jadinya kalau serangga yang telah di sebutkan merupakan jenis serangga yang tak baik bagi burung, maka yang berlangsung merupakan burung akan mengalami masalah pada pencernaan dan infeksi pada tenggorokannya yang membuat orang-orang malas bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunyi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui apa saja jenis serangga yang tak baik bagi burung peliharaan, silahkan buka lagi di sini.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi burung yang mengalami masalah sesudah memakan serangga yang beracun, maka hal pertama yang mampu di lakukan merupakan memberikan madu pada burung yang telah di sebutkan, selain itu burung diberikan buah pepaya yang sudah dipotong kecil-kecil lantas diberikan pada burung yang dengannya tips dilolohkan ataupun dicampurkan yang dengannya voernya. Buah pepaya memanglah diyakini mampu menetralisir racun serangga serta mengobati masalah gangguan pencernaan burung.
Seusai itu burung mulai diberikan perawatan lanjutan, yakni yang dengannya memberikan obat-obatan serta vitamin yang sesuai, misalnya yang dengannya memberikan burung BirdFirst Aid yang dilanjutkan yang dengannya terapi BirdTwitter.
Burung yang memanglah mogok bunyi lantaran tidak lebih birahi
Masalah paling umum yang berlangsung pada burung cendet merupakan tak mau berbunyi lantaran tidak lebih birahi ataupun lantaran perawatan yang tidak lebih maksimal. Umumnya burung cendet ogah berbunyi kalau dirinya masih terasa kekurangan nutrisi, serta pada tatkala itu juga burung cenderung menunjukan perilaku miyik pada perawatnya.
Butuh diketahui oleh cendet mania, bahwasanya sebagian besar perilaku miyik pada burung endet merupakan lantaran burung yang terasa kekurangan gizi ataupun nutrisi yang diterimanya. Andai burung dibiarkan dalam kondisi yang telah di sebutkan, maka resiko yang akan berlangsung merupakan burung akan mempunyai karakter miyikan ataupun kolokan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, sebaiknya perawatan harian burung cendet lebih-lebih dari segi pemberian pakan tambahannya sebisa barangkali dibuat lebih bervariasi (jangkrik, belalang, ulat sangkar, serta kroto) selain itu porsi penjemuran pun Perlu mampu lebih ditingkatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan birahi burung.
-
Disamping tiga hal di atas, ada beberapa hal lain yang biasa di lakukan oleh cendet mania menjadi upaya mengembalikan burung pada kondisi semula yang rajin berbunyi, hal-hal yang Suka di lakukan oleh cendet mania disaat mengatasi cendetnya yang mogok bunyi merupakan:
  1. Memberikan pengembunan yang rutin pada cendet yang telah di sebutkan.
  2. Memberikan jahe yang sebelumnya di tumbuk/digeprek lantas direndam dalam air minumnya.
  3. Memberikan terapi unthulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangkitkan kembali mentalnya yang ngedrop.
  4. Memberikan terapi mandi malam secara rutin.
Apapun bentuk terapi yang diberikan ,selama hal yang telah di sebutkan bertujuan baik serta mampu mengembalikan kondisi burung menjadikan menjadi rajin bunyi semisal semula, maka apa salahnya kalau hal yang telah di sebutkan dicoba.
Akan tetapi, yang terpenting dalam perawatan burung cendet merupakan kita Perlu mampu memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizinya sehari-hari supaya burung yang telah di sebutkan tetap dalam kondisi yang fit, aktif, serta rajin berbunyi.
Mudah-mudahan memberikan manfaat serta Salam kicau
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/06/menangani-burung-cendet-yang-macet-bunyi.html.

Seputar Menangani Burung Cendet Yang Macet Bunyi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menangani Burung Cendet Yang Macet Bunyi