Seputar Kutilang

- 4:57 AM

Seputar Kutilang

 
Cucak Kutilang ataupun Kutilang merupakan sejenis burung kicauan dari suku Pycnonotidae. Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat dari daerah Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang ataupun genthilang, mengikuti bunyi suaranya yng khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya merupakan Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekeliling pantatnya yng berwarna jingga
Kebiasaan serta Penyebaran
Cucak kutilang kerap mengunjungi tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukardan hutan sekunder, hingga yang dengannya ketinggian sekitar 1.600 meter dpl. Suka juga didapati hidup meliar di taman serta halaman-halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang sering berkelompok, baik disaat mencari makanan ataupun bertengger, yang dengannya jenisnya sendiri ataupun yang dengannya jenis merbah yng lain, ataupun malah yang dengannya jenis burung yng lain.
Semisal biasanya merbah, makanan burung ini lebih-lebih merupakan buah-buahan yng lunak. Cucak kutilang Suka menjengkelkan petani lantaran kerap melubangi buah pepaya serta pisang yng sudah masak di kebun. Akan tetapi sebaliknya burung ini menguntungkan petani lantaran pula memangsa pelbagai jenis serangga, kupu-kupu serta ngengat ulat serta aneka hewan kecil lain-lainnya yng menjadi hama tanaman.

Burung Kutilang mempunyai kebiasaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berjemur serta mandi embun setiap pagi,hal ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi bulunya yng terus di minyaki. Minyak ini berasal dari bagian belakang dekat ujung ekornya yng berhubungan yang dengannya badan. Burung Kutilang pula mempunyai kebiasaan menaikan jambulnya bila senang ataupun ingin Buang air besar. Burung Kutilangpun mempunyai masa "Mabung" yakni tatkala dimana bulu yng lama rontok serta berubah bulu yng baru. Di tatkala Mabung burung Kutilang akan cenderung lebih diam baik secara bunyi ataupun gerakan.
Sarang cucak kutilang berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun ataupun ranting yng halus. Telur dua ataupun tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu serta abu-abu. Tercantum bersarang sepanjang tahun kecuali Nopember, yang dengannya puncaknya April hingga September.
Burung kutilang menyebar luas di Tiongkok selatan serta Asia Tenggara kecuali Malaysia , Jawa dan Bali. Diintroduksi ke Sumatra serta Sulawesi, beberapa tahun yng silam burung ini pula mulai didapati di Kalimantan.
Perawatan burung ini terbilang cukup gampang lantaran burung ini dikenal menjadi burung yng gampang menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan sekitarnya menjadikan seliar apapun burung ini andai telah lama dirawat maka akan menjadi jinak, berlebi andai memelihara burung ini dari piyikan maka akan gampang perawatan serta pula proses penjinakannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanannya mampu disebut tak merepotkan lantaran burung - burung jenis Cucak-cucakan Amat menyukai Buah-buahan serta serangga. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/01/seputar-kutilang.html.

Seputar Seputar Kutilang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Seputar Kutilang