Seputar Tangkar Centrong Atau Murai Irian

- 12:13 PM

Seputar Tangkar Centrong Atau Murai Irian

 
Dipasaran kadang kita melihat jenis burung yang dengannya warna hitam serta paruh yng besar. Burung eksotis ini dikenal yang dengannya nama tangkar centrong atau Racket-tailed treepie (Crypsirinia temia), tidak sedikit penggemar burung di sini menyebutnya yang dengannya sebutan murai irian, yng merupakan burung sejenis treepie yng mempunyai ukuran panjang 35 cm salah satunya ekornya yng mempunyai panjang 18cm.

Warna tubuhnya yng abu-abu gelap serta ekor yang dengannya ujung yng berbentuk semisal sendok ditambah lingkaran mata yng kebiruan membuat penampilan burung ini tampak lebih gagah serta sangar.
Akan tetapi dibalik itu, bunyi kicauannya diluar dugaan tidak lebih menarik perhatian tidak sedikit penggemar burung di Indonesia. Walau begitu ada pula beberapa kicaumania yng menjadikan bunyi unik dari burung tangkar centrong ini menjadi bunyi masteran bagi burung kesayangannya.
Penyebaran burung ini meliputi Myanmar, Thailand, Indo-China, Sumatra, Jawa serta Bali. Salah satunya burung penetap yng hidup secara sendiri-sendiri serta kadang terlihat berpasangan di hutan-hutan sekunder, rumpun bambu, hutan semak, lahan-lahan pertanian, sampai-sampai pekarangan rumah.
Dikenal menjadi burung arboreal yng pengertiannya senang menghabiskan saatnya di ketinggian, burung ini memakan serangga serta pula buah-buahan. Ekor panjang yng berbentuk sendok pada bagian ujungnya adalah penyeimbang bagi tubuhnya disaat beristirahat di puncak-puncak pohon.
Bunyi kicauan burung tangkar centrong
Mudah-mudahan berguna
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/05/seputar-tangkar-centrong-atau-murai.html.

Seputar Seputar Tangkar Centrong Atau Murai Irian

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Seputar Tangkar Centrong Atau Murai Irian