Tahapan Latihan Untuk Parkit

- 2:29 PM

Tahapan Latihan Untuk Parkit

 
Parkit biarpun berukuran kecil akan tetapi salah satunya satu dari sekian banyaknya spesis yng cerdas serta gampang dibuat jinak, lantaran kelebihannya itulah burung parkit kerap dijadikan menjadi burung peliharaan untuk ditangkarkan , dilatih atraksi maupun cuma sekedar dibuat jinak saja. Karakternya yng gampang mengikuti keadaan dan rasa ingin tahunya yng Amat tinggi itulah yng membuat parkit makin tidak sedikit peminatnya ditambah yang dengannya kemampuannya yng mampu menyuarakan bermacam-macam variasai bunyi menjadikan kerap dijadikan menjadi burung masteran bagi pemilik burung kicauan dirumahnya. Proses penjinakan parkit itu sendiri sebetulnya terdiri dari dua proses yakni proses penjinakan burung parkit yng masih liar serta proses penjinakan untuk tujuan pelatihan ataupun dilatih tangan. Jadi andai kebetulan kamu telah membeli seekor burung parkit baru berguna pelatihan untuk menjinakannya pun mampu kita mulai. untuk menjinakan burung parkit yng masih liar mampu buka kembali artikelnya disini.
Pelatihan Tahap Pertama Membangun kepercayaan.
Pertama tama tentu saja kita tak akan mengeluarkan burung dari kandangnya sebelum parkit benar-benar mau dihampiri oleh tangan kita, jadi dalam hal ini kita akan berusaha merebut perhatian siparkit supaya mau bertengger di tangan kita disaat kita mengucapkan kata-kata " UP" ( meminjam sebutan bhs inggris yng berguna melompat).
Kalau burung parkit yng kebetulan kamu punyai merupakan yng dipelihara dari anakan tentu hal ini menjadi gampang, parkit kamu barangkali telah mengetahui bahasa tangan jadi ia akan langsung menghampiri tangan kamu begitu tangan kamu masukan ke dalam sangkarnya sembari mengatakan - kata untuk menyuruhnya naik ke atas tangan kamu. andai dalam dua - tiga kali tahapan yang telah di sebutkan burung telah mau bertengger di tangan kamu, berguna telah saatnya kita mengeluarkan burung dari sangkarnya serta melatihnya di luar sangkar, yakni didalam ruangan yng tertutup (yang dengannya menutup jendela serta pintu dan celah yng memungkinkan burung untuk terbang menjauh) , dalam melatih parkit ini, yng dibutuhkan merupakan sebuah hubungan antara pemilik serta peliharaanya serta hubungan yang telah di sebutkan merupakan bagaimana membangun kepercayaan parkit terhadap pemiliknya, serta yang dengannya demikian burung tak akan gampang menjauh dari kita begitu melihat peluang untuk terbang ( kabur) , nah untuk melindungi hal yang telah di sebutkan beberapa penggemar ada yng memberikan metode wingclipping pada burungnya yang dengannya harapan supaya burung menjadi lebih bergantung kepada pemiliknya akan tetapi ada pula yng tak mempergunakan metode yang telah di sebutkan serta lebih berkeyakinan pada membangun kepercayaan antara burung serta pemiliknya.
Pelatihan Tahap Kedua Mengajari bertengger.
Disini kita tak akan mempergunakan sangkar dalam menjinakan parkitnya jadi pastikan kalau parkit telah benar - benar mau bertengger ditangan kita serta tak segera pergi menjauh seprti yng telah dijelaskan dalam tahap pertama yakni membangun kepercayaan. Saat ini anda sekalian pasti telah mengalami kalau burung cuma melihat saja begitu kita mengganti makanan ataupun minuman dalam sangkarnya, itu lantaran burung telah mampu mengikuti keadaan yang dengannya tangan kita serta tak akan takut ataupun menjauh lagi begitu tangan kita menghampiri orang-orang baik itu untuk mengelus maupun memegangnya. jadi genakan peluang setiap kali kamu mengganti makanan ataupun minumnya yang dengannya tatacara mengasongkan jari kamu supaya burung mau bertengger dalam jari jari tangan kamu. lakukan terus sampai-sampai burung benar benar mau bertengger begitu kita sorongkan jari dihadapannya.
photo :lisashea.com
intinya andai burung telah mau bertengger lama dijari tangan kamu berguna burung telah dalam kondisi hampir jinak. serta saat ini sembari burung tetap bertengger dijari kamu cobalah angkat serta hampiri burung lantas ucapkan kalimat-kalimat yng lembut yng bertujuan memberikan kepercayaan bahwasanya burung yang telah di sebutkan akan aman selama dalam bertengger di jari kamu.
yng penting dalam hal ini merupakan tetap memberinya perhatian biarpun lantas parkit tak mau bertengger ataupun bergerak mau melompat akan tetapi andai kamu melakukannya yang dengannya telaten sembari tetap memberikan ucapan-ucapan lembut pasti burungpun akan mulai memahami apa maksud kamu yang telah di sebutkan, jadi lakukan sehari-hari hingga burung benar-benar mau bertengger yang dengannya nyaman serta aman di jari tangan kamu. satu lagi yng mampu bermanfaat untuk membantu supaya burung lebih rileks serta tenang mampu sembari memutarkan musik lembut selama melatihnya.
Tahap Ketiga Interaksi yang dengannya perlengkapan Pada tahap ketiga selanjutnya merupakan menyediakan wadah untuk burung beralih tempat , misalnya bak mandinya yng mampu dipakai dalam proses ini. Semisal biasa nyalakan musik yng lembut supaya burung lebih tenang serta terasa nyaman, masukan tangan kamu kedalam sangkarnya semisal halnya tahap sebelumnya yng telah disebutkan tadi lantas angkat keluar perlahan sesudah burung mau bertengger ditangan kamu Saat ini hadapkan burung yang dengannya wadah mandinya tadi serta ucapkan "UP' sampai ia mengerti dan mau berpindah ke wadah tersebut, setelah ia berpindah tempat tunggulah beberapa saat lalu sorongkan lagi jari anda sambil berkata "UP" hingga ia mau kembali bertengger ke jari kamu, begitu seterusnya hingga burung benar-benar merekam aktifitas yang telah di sebutkan serta ditanam dalam otaknya, menjadikan perintah UP tadi akan diterimanya menjadi perintah untuk bertengger ataupun beralih tempat.
Tahap Keempat Interaksi yang dengannya tanganTahap ke empat ini burung telah dalam kondisi terasa nyaman bertengger di jari kamu serta pula cukup terasa nyaman andai ia disuruh bertengger dalam tangkringan plastik yng sengaja kamu buat diluar sangkarnya. Oke saat ini kita akan mengajarinya beralih dari tangan ke tangan, tatacaranya yang dengannya membiarkan burung diatas tangan kita lantas kita hadapkan yang dengannya tangan yng satu lagi serta latih burung supaya mau beralih tempat yang dengannya cepat, yang dengannya mengucapkan kalimat ajaibnya yakni "UP" semisal yng telah dilatih sebelumnya. lakukan terus hingga burung benar-benar mengerti serta mau beralih tempat dari misalnya melompat dari tangan kiri ke tangan kanan kamu. serta hal ini adalah pelatihan yng Amat penting untuk melatih burung supaya terasa nyaman serta aman yang dengannya kedua tangan kamu.
Tahap Kelima Eksplorasi sekitar


Tahap Kelima merupakan melepas burung diluar kandangnya. Kita anggap saja parkit telah mau bertengger di tangan kanan ataupun kiri kamu serta tak terasa takut lagi yang dengannya kita lantaran telah terbangun kepercayaan dalam otak siburung bahwasanya kita bukanlah sesuatu yng mampu membahayakan dirinya. Saat ini keluarkan parkit dari kandangnya serta letakan dibahu ataupun pundak kamu, biarkan ia bermain--main disekitar tubuh kamu yang telah di sebutkan, umumnya ia akan berjalan sembari mengeluarkan suaranya serta itu tandanya ia sudah terasa nyaman. Lakukan latihan yang telah di sebutkan selama beberapa kali sampai-sampai burung benar-benar mau diam di bahu ataupun pangkuan kamu yang telah di sebutkan.
Pada hari selanjutnya kamu mampu langsung membuka pintu kandangnya serta membiarkan ia keluar dari kandangnya untuk bermain diluar sangkar, cobalah gerakan tangan kamu sembari mengatakan "UP" dan apakah burung sudah mau menghampiri anda. lakukan terus dengan posisi burung tidak jauh dari pintu kandangnya. Untuk hari berikutnya jarak latihan sedikit dijauhkan dari pintu kandangnya, lakukan hal tersebut selama berulang-ulang. karena kalau anda berhasil dalam tahapan ini, maka selanjutnya adalah anda bisa memanggil burung untuk menghampiri anda dari jarak yang jauh hanya dengan menggerakan tangan sambil berkata 'UP" .
Kalau parkit mendadak terbang ataupun melompat-lompat, jangan langsung panik, biarkan ia menjelajah sekitarnya dahulu, sesudah tenang barulah ambil orang-orang yang dengannya tatacara yng telah diajarkan diatas tadi. yng penting selama pelatihan diluar sangkar ini usahakan tempat ataupun kamar kamu aman dari gangguan binatang liar semisal Kucing yng mana mampu menjadi sebuah bencana besar bagi burung kamu.
Melatihnya ataupun membiarkannya bermain diluar sangkar adalah suatu hal yng Amat menyenangkan bagi parkit yang telah di sebutkan lantaran orang-orang mampu mengeksplorasi sekelilingnya serta memeriksa apa yng membuatnya penasaran, semisal tatkala disaat saya menulis ini sembari ditemani oleh parkit saya Intinya merupakan makin Suka kamu berinteraksi yang dengannya parkit yang telah di sebutkan , makin cepat tumbuh kepercayaan dari parkit terhadap kamu, serta yang dengannya demikian hubungan emosional pun akan segera tercipta dimana parkit akan Amat bergantung kepada kamu. serta satu hal lagi adalah jangan takut digigit, lantaran parkit tak akan menggigit kamu kalau tak diganggu..
Pelatihan ini memanglah butuh waktu serta tak berlangsung secara instan. kecuali kalau kamu membeli burung dalam keadaan telah terlatih serta jinak, tentu yng kamu butuhkan hanyalah perkenalan saja yang dengannya burungnya bukannya melatih burung yang telah di sebutkan sampai-sampai beberapa proses tahapan-tahapan yng Perlu di lakukan. Oke mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi kamu yng kebetulan memelihara parkit dirumah kamu serta ingin menjadikan parkit yang telah di sebutkan menjadi partner bermain kamu dirumah bersama keluarga. Mudah-mudahan berguna. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/12/tahapan-latihan-untuk-parkit.html.

Seputar Tahapan Latihan Untuk Parkit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tahapan Latihan Untuk Parkit