Burung Murai Batu: Mengenal Jenisnya Dan Cara Merawatnya

- 11:09 AM

Burung Murai Batu: Mengenal Jenisnya Dan Cara Merawatnya

 

Andai ditanya kepada para maniak burung, burung apakah yng tengah naik daun dan diminati oleh tidak sedikit orang tatkala ini? Jawabannya, pasti burung murai batu. Burung yng berasal dari keluarga Turdidae ini memanglah burung yng tengah diincar tidak sedikit orang, lantaran ia mempunyai bunyi yng merdu. Selain itu, dalam hal perawatannya pula salah satunya burung yng gampang dan gampang.
Jenis burung murai batu pula beragam, dan lebih tepatnya berkaitan yang dengannya daerah asal dan asalnya. Akan tetapi yng paling terkenal ada enam jenis burung murai batu:
1. Murai batu Aceh
2. Murai batu Medan
3. Murai batu Lahat
4. Murai batu Lampung
5. Murai batu Jambi
6. Murai batu Borneo
Mengapa Tidak sedikit Orang Menyukai Burung Murai Batu?
Bila ditanya kepada para maniak burung murai batu, ada tiga alasan mengapa orang-orang mau memelihara burung murai batu.
1. Gampang mengikuti keadaan
Burung murai batu merupakan jenis burung yng paling gampang mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan. Baik jenis murai batu yng didapat yang telah di sebutkan memanglah telah terbiasa tinggal di sangkar ataupun yng didapat dari alam bebas, tidak sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti keadaan. Menjadikan, hampir bisa dikatakan, burung murai batu salah satunya jenis burung yng jarang mengalami stres.
2. Penyabar dan Pesaing
Bagi Kamu yng telah mempunyai murai batu ataupun yng telah pernah melihat kompetisi bunyi antar burung murai batu pasti menyaksikan betapa sabarnya burung murai batu. Ia tidak pernah kendur sedikitpun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan suaranya disaat ada burung murai batu yng lain bersuara ataupun bernyanyi. Dan satu hal lagi, burung murai batu tidak gampang naik darah, apalagi hingga drop andai ada burung lain yng bersuara.
3. Jinak
Burung murai batu salah satunya jenis burung yng jinak. Disaat sekali terpancing yang dengannya bunyi, maka ia akan terus membalasnya. Lantaran ramai sekali orang yng tertarik ingin memilikinya. Tidak mesti dengar bunyi burung murai batu yng asli ataupun bunyi rekaman burung murai batu, bunyi kita-kita pun ia akan menyahutinya. Ini dia daya tariknya yng luar biasa.
Cara Merawat Burung Murai Batu
Seusai tahu alasan mengapa tidak sedikit orang memelihara burung murai batu, tentu Kamu pula ingin tahu semisal apa merawat burung murai batu yng tepat? Yang akan di sajikan kali ini penulis paparkan.
1. Andai Burung dalam kondisi sehat
Burung murai batu merupakan jenis burung yng mempunyai tiga kondisi. Yakni, dalam kondisi sehat, tatkala lagi nafsu birahinya memuncak, dan tatkala drop. Bila burung murai batu dalam kondisi sehat, maka tips merawatnya yng awal di lakukan merupakan yang dengannya mengangin-anginkannya sejak pagi, misalnya di lakukan di teras rumah. Jangan terlalu lama mengangin-anginkannya, kira-kira 1/2 jam saja.
Seusai diangin-anginkan, mandikanlah burung murai batu Kamu. Dalam memandikannya, mampu di lakukan yang dengannya menyemprot bersamaan yang dengannya sangkarnya maupun burungnya saja. Itu bergantung pada pilihan Kamu sendiri.
Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu mengganti pakannya, maksimal dua hari sekali. Simpanlah dalam toples dan letakkan di dalam sangkarnya. Selalulah membersihkan sangkarnya. Akan lebih baik, bila di lakukan sehari-hari. Boleh pula ditambah yang dengannya makanan lain yng mampu membuat bunyi burung murai batu menjadi lebih tidak jelek alias bagus lagi.
Andai ingin menjemurnya, lakukanlah di antara jam 8 hingga yang dengannya jam 11. Selama menjemurnya, jangan pernah burung murai batu Kamu didekatkan yang dengannya burung murai batu lain-lainnya. Bila telah dijemur, angin-anginkanlah sebentar kira-kira 10 menit. Baru sesudah itu bungkus sangkarnya kembali.
Selama burung di dalam bungkusan, cobalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus menghidupkan bunyi burung murai batu dari MP3 ataupun dalam bentuk rekaman lain-lainnya. Kamu mampu mendownload bunyi burung murai batu melalui internet.
Di sore hari, andai Kamu rajin maka bolehlah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memandikan burung murai batu kembali. Seusai diangin-anginkan sekitar 10 menit, lantas masukkan ke dalam sangkarnya dan bungkus kembali. Lantas dengarkan kembali rekaman bunyi burung murai batu. Bunyi rekaman ini dia yng bakal menjadikannya mampu mempunyai bunyi yng merdu.
2. Andai nafsunya lagi memuncak
Burung murai batu salah satunya jenis burung yng mempunyai nafsu birahi yng besar. Andai tengah memuncak, ia mempunyai ciri-ciri. Di antaranya, tampak begitu proaktif tingkah lakunya, sangkar kerap di patuk-patuknya, dan bulu sayapnya kerap turun. Andai kondisinya semisal ini, maka porsi pakannya dikurangi menjadi 1/2 dan usahakan lebih Suka memandikannya. Lantas berikan makan 2 ekor cacing dua kali seminggu. Lantas, diembunkan setiap pagi dan masa penjemurannya dikurangi.
3. Bila dalam kondisi drop
Andai dalam kondisi drop, maka yng paling utama di lakukan merupakan yang dengannya memberinya makan jangkrik, kelabang dan mandinya dikurangi menjadi sehari sekali saja. Andai dalam kondisi drop semisal ini, usahakan jangan hingga ia bertemu dan melihat burung murai batu lain. Berlebi lagi, jangan hingga ia mendengar bunyi burung murai batu yng sehat.
Nah, semisal ini dia tips perawatan burung murai batu yng mempunyai bunyi merdu dan selalu diburu oleh tidak sedikit orang. Merawatnya memanglah tak susah, namun mesti telaten.
Oleh: Rahmat Hidayat Nasution
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/04/burung-murai-batu-mengenal-jenisnya-dan.html.

Seputar Burung Murai Batu: Mengenal Jenisnya Dan Cara Merawatnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Burung Murai Batu: Mengenal Jenisnya Dan Cara Merawatnya