Kacer, Entertain Yang Jempol

- 3:43 AM

Kacer, Entertain Yang Jempol

 
Di kelas campuran lokal, keberadaan kacer (Copsychus saularis) boleh dikata cukup mayoritas. Penampialnnya yang hitam legam yang dengannya variasi putih di bagian sayap serta ekor, dan paruh panjangnya yang tajam, menjadikan burung ini kerap dianggap menjadi duplikatnya murai. Badannya yang relatif lebih langsing, memungkinkan kacer bergerak lincah. Pada tatkala berkicau Suka bergaya ala badut, menunggingkan ekor, sementara suaranya yang tajam melengking seakan musik pengiring gerakannya yang gokil. Kacer merupakan entertain yang jempolan. Kalau ingin, kapan pun burung ini akan ngoceh. Tidak peduli siang ataupun malam, panas atawa dingin. Peduli amat. Pokoknya kalau keinginan itu datang, ngocehlah...
Kacer salah satunya anggota turdidae. Tak aneh kalau disebut padanan murai, karena keduanya memanglah saling berkerabat. Dalam fam ini, biasanya suka pamer diri. Kalau nyecrek sembari menari. Tidak sedikit didapati di daerah Jawatimur. Namun secara luas penyebaran unggas yang pula dijuluki kucica ini sebetulnya Amat luas. Selain di sebagaian besar Pulau Jawa, pula tidak sedikit terdapat di Kalimantan, Sumatera, serta Bali. Malah di bebe-rapa negara semisal Cina, Filipina serta India pun ada. Makanan utamanya merupakan serangga. Tanda paling menonjol, kicauannya selalu bernada riang, serta demen menirukan bunyi burung lain.
Bagaimana supaya kacer mampu benar-benar tampil menjadi entertain yang jempol? Dibanding burung sejenis, mencetak kacer kaliber jawara relatif lebih gampang. Burung ini salah satunya ‘cerdas’ serta bermental juara. Sebaiknya, pemeliharan di lakukan sejak piyik. Selain lebih gampang memilih bakalan yang baik, pemeliharaan sejak kecil pula membuat kacer menjadi jinak. Menjadikan, kelak andai hendak dimaster tak repot lagi. Hendaknya dipilih kacer jantan bila menghendaki bunyi maksimal. Membedakan kacer jantan serta betina tak susah. Mampu yang dengannya tips meneliti warna bulunya. Yang jantan hitamnya lebih pekat serta mengkilap. Tengah yang betina agak kusam yang dengannya bintik-bintik putih. Memanglah tengara model begini sulit di lakukan disaat kacer masih piyik. Paling kita cuma mampu memprediksi dari volume suaranya. Yang lebih keras umumnya jantan.
Seusai memperoleh anakan yang dikehendaki, proses selanjutnya merupakan melindungi stamina. Ini Amat penting, lantaran cuma yang dengannya stamina prima kacer lebih gampang dilatih. Namun masalah pakan tak kalah butuh diperhatikan. Pastikan kacer tak kekurangan protein, vitamin serta mineral. Kacer pula butuh extra fooding. Yang paling disukai kroto, jangkrik, serta ulat pisang. Kebanykan burung ocehan gemar mandi. Begitu pun kacer. Tidak ada salahnya sehari-hari burung dimandikan, yang dengannya catatan kondisinya normal. Pengertiannya burung dalam keadaan sehat serta cuaca tak tengah dingin (hujan). Lantaran sehabis mandi umumnya burung suka berjemur di bawah sinar matahari. Setiap tatkala burung butuh dikontrol, guna memastikan tubuhnya tak diserang virus, jamur ataupun parasit. Kutu bulu paling Suka menyerang. Menghindarinya, tatkala memandikan campurkan antiseptik pada air. Bila perawatan di lakukan secara baik serta rutin, mungkin kacer yang dipiara sejak piyik, dari bakalan yang baik, akan segera menunjukan jatidirinya menjadi burung jawara.(minggu-online)
semisal ditulis di tulisan atau artikel : kicaumania.org Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/07/rawatan-kacer-bag-4.html.

Seputar Kacer, Entertain Yang Jempol

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kacer, Entertain Yang Jempol