Tips Perawatan Murai Serak Karena Kroto Basi

- 12:18 PM

Tips Perawatan Murai Serak Karena Kroto Basi

 
TIPS PERAWATAN MURAI SERAK KARENA KROTO BASI
Masalah ini paling Suka muncul. Hampir seluruh tulisan atau artikel mengenai perawatan burung berkicau selalu menyertakan aktivitas penjemuran, di samping setelan pakan serta extra fooding, mandi, serta pemasteran.
Beragam berita mengenai tatacara penjemuran burung berseliweran di internet. Kalau tak hati-hati dalam menyaring berita yang telah di sebutkan, kita Suka terjebak bagi atau bisa juga dikatakan untuk membenarkan apa saja yng ditulis dalam tulisan atau artikel yang telah di sebutkan.
Satu hal yng selalu dianjurkan dalam melakukan penjemuran merupakan menjadi berikut:Waktu penjemuran : diusahakan dalam rentang waktu pukul 08.00 – 11.00.Durasi penjemuran: diusahakan dalam kisaran 1-2 jam, disesuaikan yang dengannya kondisi serta karakter burung.
Menjadi semisal, Kamu mulai menjemur pukul 08.00 yang dengannya durasi 1 jam, berguna burung Perlu segera diangkat pukul 09.00. Andai ingin menjemur mulai puku 08.30 yang dengannya durasi 2 jam, maka burung Perlu telah diangkat pukul 10.30.
Pukul 11.00 adalah batas maksimal waktu penjemuran, akan tetapi bersifat relatif. Di daerah yng berhawa sejuk semisal Bogor, Kaliurang, serta Batu, batasan waktu ini Amat tepat. Namun bagi kota berhawa panas semisal Semarang, Jakarta, ataupun Surabaya, batasan maksimal mampu tidak banyak dikurang menjadi pukul 10.00 – 10.30.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah mungkin serak, prinsip “lebih cepat lebih baik” butuh diterapkan. Maksudnya penjemuran di lakukan mulai 08.00, yang dengannya durasi 1-2 jam. Ini jauh lebih aman. Karena, seringkali kita tak menyadari bahwasanya penjemuran terlalu lama mampu membuat individu murai batu tertentu mengalami heat stress.
Dalam kondisi awal, burung yng mengalami heat stress akan terlihat gelisah, Suka turun ke plangkringan, suaranya menjadi serak, serta mulai jarang berbunyi. Maka, disaat Kamu melakukan penjemuran serta melihat MB yang dengannya gejala semisal ini, mampu dipastikan ini dia penyebab utama kenapa suaranya menjadi serak.
Supaya tak mengulangi kesalahan yng percis, durasi penjemuran butuh dikurangi di hari-hari selanjutnya, sesudah burung sembuh dari seraknya.
Solusi :Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sementara waktu, stop dulu penjemuran.Burung sehari-hari dikerodong secara penuh, akan tetapi kotorannya Perlu dibersihkan dua kali sehari: pagi serta sore hari.Berikan BirdTwitter selama 3-4 hari, ataupun hingga kondisi seraknya hilang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan yng efektif, silakan lihat tatacara pakainya di link yang telah di sebutkan.Khusus MB yng serak akibat heat stress, penanganan tak boleh ditunda lagi. Karena andai tak segera ditangani, Amat barangkali gejala heat stress akan melebar menjadi heat stroke.
Andai gejala stress terlihat disaat burung masih dijemur, Kamu mampu meringankan penderitaannya yang dengannya tatacara menyemprotkan air ke tubuhnya, secara bertahap, hingga akhirnya basah kuyup, lantas dianginkan. Selebihnya mengikuti solusi di atas.2. Serak akibat mengkonsumsi kroto basiKroto hingga tatkala ini masih menjadi pakan favorit bagi sebagian besar burung berkicau. Hingga-sampai muncul anggapan bahwasanya burung ocehan tanpa kroto tak akan bersuara tidak jelek alias bagus serta gacor. Ketergantungan ini dia yng terkadang merepotkan kicaumania disaat pasokan kroto di pasaran menipis ataupun malah kosong (ayo, siapa mau bikin produk kroto dalam kaleng, he..he..).
Celakanya, situasi ini Suka dimanfaatkan oknum pedagang nakal, misalnya mencampur kroto yang dengannya bahan pengawet rawan semisal formalin. Ada juga yng mencampur kroto yang dengannya semut mati, belatung, serta sebagainya. Malah banyak sekali juga yng mencampurkan tidak banyak kroto basi ke dalam kroto segar yang dengannya perbandingan tertentu.
Sesedikit apapun bagian kroto basi yng dicampurkan ke kroto segar, disaat bagian itu disantap murai batu, maka Amat barangkali membuat burung sakit. Kroto basi umumnya telah mengalami perubahan warna, aroma, serta rasa. Hal itu lantaran tumbuhnya cendawan / jamur, ataupun mampu pula mikroba negatif, dalam kroto basi yang telah di sebutkan.
Disaat MB mengkonsumsi kroto basi, tentu mikroba akan masuk pula ke saluran pencernaan serta akan berbiak di sana, dan menyebar ke jaringan tubuh lain-lainnya, salah satunya pita bunyi serta saluran pernafasan. Ini dia sebabnya kenapa murai batu yng mengkonsumsi kroto basi Suka mengalami serak.
PERAWATAN MURAI SERAK:Pisahkan burung yng terinfeksi, supaya tak menular ke burung lain yng sehat. Lebih baik lagi andai Kamu mempunyai sangkar karantina, yng tatacara pembuatannya telah pernah dijelaskan di sini.Obati burung yng sakit yang dengannya BirdBlown secara teratur, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengusir mikroba serta/ataupun cendawan yng masuk ke saluran pernafasan.Bersihkan wadah pakan, salah satunya cepuk kroto, serta ubah yang dengannya kroto yng benar-benar segar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperluas wawasan kita ihwal murai batu maka info murai senantiasa memberikan informasi-informasi lain-lainnya. mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kicaumania seluruh. thanks
OBAT DAN VITAMIN UNTUK MURAI BATU
MURAI BATU PARUH CELAH DAN MITOSNYA
BAHAN-BAHAN UNTUK MENANGKAR MURAI
MURAI YANG PANDAI DAN UNIK
Serta artikel-artikel yng baru saja dibaca pengunjung di blog murai ini
MACAM-MACAM JENIS MURAI YANG DICARI PENGHOBBY
MENANGKAR MURAI BATU DISANGKAR GANTUNG
MURAI BATU SERAK DAN TIPS SOLUSINYA
MURAI BATU LIAR DAN TIPS MENJINAKKANNYA

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/tips-perawatan-murai-serak-karena-kroto.html.

Seputar Tips Perawatan Murai Serak Karena Kroto Basi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Perawatan Murai Serak Karena Kroto Basi