Memaksimalkan Volume Kicauan Murai Batu

- 10:20 AM

Memaksimalkan Volume Kicauan Murai Batu

 
Bagi burung kicauan, salah satunya Murai Batu kemampuan bunyi kicauannya menjadi satu dari sekian banyaknya tolak ukur yng Amat penting. Apalagi bagi Murai Batu yng ingin diikutsertakan dalam sebuah lomba. Tentu hal yng menjadi aspek penilaian utama para juri lomba merupakan bunyi kicauannya. Umumnya poin-poin yng akan dinilai oleh para juri yaitu melihat dari segi variasi kicauan yng dikeluarkan, merdu tidaknya kicauannya, serta kegacoran Murai Batu tatkala lomba.
Seluruh poin-poin di atas tak akan ada pengertiannya andai Murai Batu yng dilombakan mempunyai volume bunyi yng pelan. Apalah jadinya kemampuan bunyi kicauan yng handal namun tak diiringi yang dengannya kekuatan volume bunyi. Juri lomba pun akan susah menilai lantaran bunyi kicauan yng dikeluarkan tak kedengaran dikarenakan tertutupi oleh suara-suara kicauan dari burung yng lain. Di sinilah kita menjadi sadar betapa pentingnya kekuatan volume bunyi pada burung kicauan, dalam hal ini Murai Batu.
Butuh diketahui, kekuatan (volume) bunyi yng diperoleh oleh Murai Batu mampu berbeda-beda. Bergantung dari kemampuan pita bunyi yng dimiliki. Menjadikan Murai Batu yng menghasilkan bunyi yng merdu serta kuat, itu berguna burung yang telah di sebutkan dasarnya mempunyai pita bunyi yng tidak jelek alias bagus. Begitu pula sebaliknya.
Namun, pada Murai Batu yng mempunyai volume bunyi yng pelan, ada perawatan yng mampu diterapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk coba memaksimalkan volume suaranya yang telah di sebutkan. Lantaran kadangkala, Murai Batu yng bervolume bunyi pelan itu bukan lantaran pita bunyi yng dimilikinya tak tidak jelek alias bagus, namun lantaran rasa malas/enggan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan volume bunyi yng tinggi/kuat.

Gambar 1. Murai Batu berkicau
Berikut cara perawatan dalam upaya memaksimalkan volume kicauan Murai Batu :
  • Setiap pagi Perlu di lakukan pengembunan pada Murai Batu yng ingin dimaksimalkan volume bunyi kicauannya. Antara jam 6 – 7 pagi. Namun andai kondisi udara terlalu dingin, misalnya baru habis hujan, sebaiknya hari itu urungkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pengembunan. Menghindari Murai Batu supaya tak terganggu kesehatannya.

  • Sesudah di lakukan pengembunan, tentu perawatan selanjutnya yakni penjemuran jangan hingga dilewatkan. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keseimbangan suhu tubuh Murai Batu dari yng semula dingin akibat di kenai embun, lantas coba dihangatkan kembali melalui penjemuran. Pun demikian penjemuran tak butuh terlalu lama, cukup 30 menit saja, serta waktu paling lama yakni 1 jam. Itu pula Perlu dilihat jam-jam melakukan penjemuran yng baik, tak boleh lewat dari jam 10 pagi.

  • Tahap ketiga, Murai Batu Perlu dimasukkan pada kadang umbaran. Andai kamu tak punya, penting rasanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu buat. Yang dengannya sangkar umbaran akan membuat burung menjadi lebih aktif, ketimbang ditaruh dalam sangkar yang dengannya ruang yng sempit. Pada sangkar ini, upayakan suhu di sekeliling terjaga (sejuk), tak panas, serta ditempatkan pada tempat yng terbuka.

    Gambar 2. Sangkar Umbaran

  • Pemandian pada Murai Batu pula butuh di lakukan pada siang hari. Andaikan Murai Batu telah terbiasa mandi yang dengannya sendirinya dalam keramba, tentu adalah hal yng Amat tidak jelek alias bagus, kamu tinggal menyediakan keramba yang telah di sebutkan pada sangkar umbaran tadi.

  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kualitas bunyi tak terlepas pula dari faktor pakan yng kamu berikan. Pakan-pakan olahan dalam proses ini ditunda bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak diberikan pada Murai Batu, berikan ia pakan alami yng kaya vitamin serta bergizi baik, dalam hal ini direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikannya pakan kroto.

Dalam masa perawatan yang telah di sebutkan sebisa barangkali hindari Murai Batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengar bunyi kicauan dari burung sejenis maupun dari kicauan burung lain-lainnya. Terapkan langkah di atas secara tekun serta rutin, umumnya dalam jangka waktu satu bulan akan mulai terlihat perubahan pada volume bunyi kicauannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing Murai Batu berkicau, boleh diperdengarkan melalui kicauan Murai Batu yng diputar pada perangkat elektronik milik kamu.
Oleh : Roma Doni
Sumber Rujukan :
1. http://muraibatu.info/2014/10/ask-bagaimana-meningkatkan-volume-kicau-burung-murai-batu/
Sumber Gambar :
1. http://kicaumaniapacitan.blogspot.com/2013/05/cara-mengatasi-suara-serak-pada-murai.html
2. http://omkicau.com/2014/07/19/kreasi-kandang-umbaran-murah-meriah/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2015/02/memaksimalkan-volume-kicauan-murai-batu.html.

Seputar Memaksimalkan Volume Kicauan Murai Batu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Memaksimalkan Volume Kicauan Murai Batu