Hiii, Spesies Burung Ini Gemar Menghisap Darah !

- 7:51 PM

Hiii, Spesies Burung Ini Gemar Menghisap Darah !

 
Ada tidak sedikit spesies burung di dunia yng mempunyai keunikannya sendiri, misalnya saja cenderawasih yang dengannya tariannya yng Amat indah, pula lyre bird yng pandai menirukan beragam bunyi. Namun diluar keindahannya itu, ada pula spesies burung yng terkenal yang dengannya "sisi gelap" yng mengerikan. Hiiii, burung apakah itu?
 burung ini gemar menghisap darah
Kalau kita bicara makanan burung, yng pertama kali muncul dalam fikiran merupakan biji-bijian serta serangga. Namun ada spesies burung yng bahkan menyukai makanan tambahan lain-lainnya, yakni darah!. Semisal vampire, Beberapa spesies burung ini gemar menghisap darah.
Vampire finch (Geospiza difficilis)
Vampire finch merupakan burung asli dari Kepulauan Galapagos yng adalah endemik di Pulau Darwin. Meskipun memiliki penampilan mirip burung finch, akan tetapi spesies ini bukan salah satunya keluarga finch melainkan dari keluarga Thraupidae, genus Geospiza yng terdiri dari enam spesies di dunia.
Sesuai namanya, vampire finch memiliki perilaku yng cukup unik serta aneh. Spesies burung ini mempunyai kebiasaan yng jarang didapati pada spesies burung lain-lainnya, yakni meminum darah burung lain. Jenis burung yng kerap menjadi korbannya merupakan Nazca serta blue-footed boobies.

Pada waktu menjalankan aksi mengerikannya itu, vampire finch akan mematuki kulit burung tesebut yang dengannya paruhnya yng tajam sampai-sampai berdarah, seusai itu meminum darahnya. Anehnya, burung yng jadi korbannya itu pasrah saja ataupun tak memberikan perlawanan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hal yang telah di sebutkan ada beberapa jenis teori yng berkembang, antara lain perilaku si burung vampir ini bahkan membantu burung lain dalam membersihkan parasit. Lantaran alasan itu pula, si korban akan diam saja walau darahnya disedot oleh si vampire ini.

Perilaku tidak baik lain dari vampire finch ini merupakan gemar mencuri telur burung lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan makanannya. Uniknya, andai telur yang telah di sebutkan berukuran besar serta susah dipecahkan yang dengannya paruhnya maka ia akan menggelindingkan telur yang telah di sebutkan yang dengannya paruhnya serta membenturkannya ke bebatuan hingga pecah.
Di sayangkan, burung yng unik ini berada dalam status terancam punah, apalagi satwa ini hidup dibatasi di pulau kecil.
Jalak oxpecker (Buphagus sp.)
Oxpecker merupakan dua spesies burung yng adalah endemik Sub-sahara Afrika yakni Red-billed oxpecker (Buphagus erythrorhynchus) serta Yellow-biled oxpecker (Buphagus africanus). Keduanya berasal dari keluarga Buphagidae, sebagian ahli burung menetapkannya menjadi subfamily dari Buphaginae yng salah satunya dalam keluarga jalak-jalakan, Sturnide.

Burung ini berukuran tengah yang dengannya bulu-bulu yng berwarna coklat muda, perbedaan paling mencolok dari kedua burung ini merupakan warna paruhnya. Pemberian nama oxpecker baik dalam bahasa Inggris serta ilmiah diberikan sesuai daerah asal orang-orang, yakni suka bertengger di atas hewan mamalia besar semisal zebra, badak, dll.
Semisal perilaku burung jalak kerbau yng gemar bertengger di atas tubuh kerbau, oxpecker pula gemar bertengger di atas hewan mamalia berukuran besar semisal zebra, badak, serta sebagainya. Kebiasaan itu dilakukannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makanan berupa parasit yng menempel di mamalia yang telah di sebutkan. Namun ada makanan lain yng paling digemarinya, yakni darah.
Oxpecker akan mencari luka yng ada di tubuh hewan yang telah di sebutkan lantas akan mematukinya sampai-sampai mengeluarkan darah, seusai itu menikmati menu istimewanya itu yang dengannya lahap. Kalau tak ada luka, maka burung itu akan mematuki kulit hewan itu hingga terluka serta berdarah. Selain mengisap darahnya, luka yng menganga yang telah di sebutkan diluar dugaan berusaha mendatangkan kedatangan parasit yng mampu menjadi sajian pelengkap "cuci mulut".
Hmm, sadis pula ya. Walau begitu, si mamalia yng dihisap darahnya itu tak pernah mau mengusirnya, lantaran terasa terbantu dari parasit yng mengganggunya. Dalam mencari makanannya itu, kedua jenis burung oxpecker itu diluar dugaan mempunyai tips yng berlainan.
Red-billed oxpecker mempergunakan paruhnya bak gunting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari parasit lebih-lebih yng bersembunyi di sela rambut/surai dari jerapah ataupun zebra, sedangkan Yellow-billed oxpecker mempergunakan paruhnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematuk kulit ataupun parasit yng ada di tubuh hewan berbulu pendek semisal kerbau ataupun badak.
Dalam mencari makanannya itu, oxpecker jarang mau bertengger di atas hewan mamalia yng berukuran kecil semisal rusa, kambing serta sebagainya. Orang-orang lebih suka bertengger di atas tubuh hewan mamalia besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakan parasit serta mengisap darahnya, akan tetapi uniknya burung ini ogah bertengger di atas tubuh unta.
Gelatik batu
Siapa sangka burung gelatik batu yng dikenal menjadi burung ramah serta baik hati ini diluar dugaan mempunyai sifat yng Amat kejam. Burung gelatik batu/wingko merupakan jenis burung berukuran kecil yng Amat digemari pecinta burung di seluruh dunia. Penampilannya yng imut serta bunyi kicauannya yng merdu membuat tidak sedikit orang jatuh cinta pada spesies burung ini. Akan tetapi siapa mampu menyangka, dibalik keramahannya itu gelatik batu diluar dugaan memiliki sifat kejam yng sungguh diluar dugaan.

Beberapa waktu lantas, para pengamat serta ahli burung dihebohkan oleh perilaku aneh yng ditunjukkan oleh burung great tit (sejenis gelatik batu). Burung gelatik yang telah di sebutkan sedang membantai seekor kelelawar serta lantas memakan bagian kepalanya.
Pendapat dari penelitian lanjutan, diketahui bahwasanya burung gelatik ini diluar dugaan gemar masuk ke dalam sebuah gua yng berisi kelelawar. Di dalam gua yang telah di sebutkan, burung ini akan menangkap kelelawar yng sedang tertidur (hibernasi), serta lantas memakan bagian kepalanya. Selain membunuh serta memakan kelelawar, burung great tit pula tercantum Suka membunuh serta memakan bagian kepala burung gereja.

Itulah beberapa spesies burung yng mempunyai perilaku yng Amat kejam serta mengerikan, malah beberapa di antaranya tak pernah kita duga percis sekali. Akan tetapi itulah dunia satwa yng penuh misteri serta keunikannya sendiri.
Salam
Tulisan atau artikel ini dilindungi oleh DMCA, tak diperkenankan menyalin sebagian ataupun seluruh isi dalam tulisan atau artikel ataupun website ini tanpa seizin www.agrobur.com.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/01/hiii-spesies-burung-ini-gemar-menghisap.html.

Seputar Hiii, Spesies Burung Ini Gemar Menghisap Darah !

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hiii, Spesies Burung Ini Gemar Menghisap Darah !