Mengatasi Burung Tledekan / Sulingan Yang Sedang Ngedrop.

- 8:06 PM

Mengatasi Burung Tledekan / Sulingan Yang Sedang Ngedrop.

 
Burung tledekan gunung ataupun sulingan merupakan burung petarung ataupun yang mempunyai sifat teritorial, serta lantaran sifatnya itu burung tledekan cenderung gampang stress ataupun ngedrop berlebi andai selalu berdekatan yang dengannya burung bertipe fighter lain-lainnya semisal kacer ataupun murai batu. Selain itu, masih tidak sedikit pula penggemar burung yang memelihara burung tledekan gunung ini dalam kondisi bakalan ataupun muda hutan, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk tatacara bagi tledekan mania, berikut bagaimana mengatasi burung tledekan / sulingan yang sedang ngedrop.

Sejak dahulu, burung tledekan ataupun sulingan ini adalah burung yang mempunyai penggemar yang banyak sekali. Kemampuan burung ini bernyanyi yang dengannya merdu serta penuh variasi itulah yang berusaha mendatangkan ketertarikan tidak sedikit orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencobat merawat serta memeliharanya. Malah beberapa tahun lantas, burung tledekan mendapatkan kelas tersendiri dalam aneka macam lomba-lomba burung yang diselenggarakan di aneka macam daerah, sampai-sampai kini burung yang mempunyai penampilan serta gaya 'nyeklek' yang khas ini pun mulai tidak sedikit di cari.
Perawatan burung tledekan sebetulnya tak jauh berbeda yang dengannya perawatan burung kicauan lain yang mempunyai karakter percis, semisal kacer, ciblek, ataupun murai batu. Kebutuhan burung akan pakan serangga yang memiliki kandungan protein yang tinggi cukup besar, serta hal yang telah di sebutkan pula yang bisa atau mampu membuat burung menjadi rajin berkicau. Selain itu, lantaran sifat serta karakternya yang telah di sebutkan, burung tledekan cenderung gampang stress ataupun ngedrop, yang penyebabnya mampu bermacam-macam, diantaranya merupakan:
  1. Burung yang ngedrop lantaran kalah mental sesudah bertemu burung sejenis dalam sebuah latihan / lomba.
  2. Burung yang ngedrop lantaran selalu digempur oleh burung kicauan lain berkarakter percis serta bersuara keras.
  3. Burung yang ngedrop lantaran perubahan pola rawatan lebih-lebih dari segi pemberian EF (Extra Fooding).
  4. Burung yang ngedrop lantaran perubahan kondisi kebugaran atau kesehatan ataupun fisiknya.
Catatan: Bagi atau bisa juga dikatakan untuk point 1,2, serta 3 perawatan terapi pada burung yang ngedrop mampu di lakukan yang dengannya tips yang percis, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk point ke-4 perawatan berbeda serta intensif Perlu diberikan lantaran menyangkut masalah yang berkaitan yang dengannya kebugaran atau kesehatan burung.
Akan tetapi selain burung yang gampang ngedrop, banyak sekali juga burung tledekan ataupun sulingan ini yang mempunyai mental yang cukup baik serta tahan banting, lebih-lebih pada burung yang dirawat sejak dari anakan ataupun burung muda hutan yang sudah mempunyai mental yang terlatih.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi permasalahan burung yang ngedrop , kita mampu memberikan tindakan dan perlakuan khusus yang pula Suka di lakukan oleh para tledekan mania bertahun-tahun, yakni :
1. Menjauhkan dari burung berkarakter percis (fighter/teritorial)
Selama masa terapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan kondisi burung yang ngedrop, sebaiknya burung yang telah di sebutkan dijauhkan serta dijauhkan dari keberadaan burung lain ataupun sejenis, lebih-lebih dari kacer, murai batu, serta burung kicauan lain yang bersuara kencang ataupun lantang.
2. Rutin memberikan mandi malam
Baik burung bakalan ataupun burung yang sedang ngedrop, maka mandi malam adalah solusi paling baik supaya burung kembali rajin berbunyi. Mandi malam mampu di lakukan selama satu minggu dahulu, ataupun sampai-sampai burung mulai rajin bersuara. Selama terapi mandi malam, maka mandi-mandi lain-lainnya yang biasa diberikan pada pagi serta sore hari mampu dihilangkan, jadi dalam hal ini burung cuma mandi sekali saja setiap harinya yakni pada malam hari.
Mandi malam mampu di lakukan antara pukul 19:00 - 20:00, sedangkan tips mandinya mampu di lakukan baik yang dengannya mempergunakan sprayer ( semprotan yang dengannya setelan halus) ataupun mempergunakan karamba mandinya.
Sesudah mandi, burung yang telah di sebutkan segera diberikan jangkrik sebanyk 2-3 ekor, serta sesudah itu burung dikerodong sampai-sampai pagi hari.
3. Rutin mengembunkan burung
Selain mandi malam secara rutin, satu hal yang penting dalam mengembalikan kondisi burung tledekan yang ngedrop merupakan melakukan pengembunan pada burung. Tatacaranya mampu yang dengannya mengeluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali yakni antara pukul 05:00 - 05:30 serta digantung di teras ataupun halaman rumah.
Sewaktu pengembunan burung diberikan jangkrik sebanyk 1-2 ekor, serta kroto sebanyk satu sendok teh kecil yang mampu diberikan setiap 2-3 hari sekali.
4. Memberikan pakan serta vitamin yang teratur.
Hal lain yang pula turut mendukung dalam perawatan burung tledekan ngedrop merupakan pemberian pakan yang teratur lebih-lebih pakan tambahannya ataupun EF. Pakan yang mampu diberikan setiap harinya merupakan jangkrik yang dengannya porsi yang disesuaikan, ulat hongkong cukup 1-2 ekor saja sehari, serta kroto dua - tiga hari sekali.
Selain itu bagian yang turut mendukung perkembangan burung merupakan pemberian vitamin tambahan yang bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melancarkan metabolisme burung menjadikan membuat orang-orang menjadi lebih tenang, serta kembali rajin berbunyi.
-
Yang dengannya melakukan cara-cara yang telah disebutkan di atas secara rutin, maka dalam beberapa hari burung yang ngedrop akan kembali pulih serta rajin berbunyi, sedangkan andai cara-cara di atas diterapkan pada burung bakalan maka hal yang telah di sebutkan mampu merangsang burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersuara lebih rajin serta lantang dari pada sebelumnya yang cuma ngeriwik saja.
Mudah-mudahan berguna
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/06/mengatasi-burung-tledekan-sulingan-yang.html.

Seputar Mengatasi Burung Tledekan / Sulingan Yang Sedang Ngedrop.

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengatasi Burung Tledekan / Sulingan Yang Sedang Ngedrop.