Cekakak Jawa : Si Gesit Yang Menawan

- 9:57 PM

Cekakak Jawa : Si Gesit Yang Menawan

 
Burung Cekakak ataupun raja udang malah pula dikenal yang dengannya nama tengkek merupakan satu spesis burung yang menyebar di beberapa benua salah satunya asia, afrika dan australia. Penyebarannya meliputi india sampai-sampai asia tenggara salah satunya sumatera serta kepulauan jawa. Di indonesia sendiri terdapat sekitar 45 jenis dari burung raja udang ini serta yang paling ternama merupakan burung cekakak jawa [ Halcyon cyanoventris ] . Cekakak jawa tidak sedikit didapati di daerah - daerah pinggiran sungai di hutan-hutan pulau jawa serta sumatera, bulunya yang berwarna biru terang yang dengannya bercampur tidak banyak warna hitam pada bulu sayap menjadi tanda khas dari warna burung cekakak jawa di tambah lagi yang dengannya warna hitam pada kepala serta paruh berwarna merah membuat burung cekakak jawa begitu elok serta menawan.
cekakak jawa hampir percis yang dengannya kerabatnya yakni cekakak belukar [halcyon smynencis] perbedaanya yang paling menonjol merupakan dari warna-nya; cekakak belukar memiliki warna coklat kemerahan dari kepala,leher,perut sampai-sampai pantat.
Burung ini salah satunya jenis burung predator yang meskipun makanan utamanya berupa ikan, katak, belalang Suka pula terlihat burung ini memakan kadal. Burung ini bersarang di dalam sebuah lubang di pepohonan ataupun di lubang lubang yang berada di tebing-tebing pinggiran sungai, umumnya tebing yang dipilih memiliki kemiringan antara 85-90 derajat yang dengannya kedalaman sarangnya 30-50cm yang dengannya ketinggian 5-15cm diatas permukaan air.
Sarang cekakak di tebing pinggir sungai
Burung ini bertelur 2 sampai-sampai 4 butir meskipun ada pula yang bertelur sampai-sampai 7 butir. pengeraman umumnya di lakukan selama 1 bulan serta dibutuhkan waktu 2-3 minggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan burung cekakak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu terbang sendiri. Tatkala ini burung cekakak adalah satu dari sekian banyaknya burung yang tidak sedikit dicari pecinta burung kicauan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan masteran bagi burung kesayangannya. bunyi cekakak yang ber'speed' cepat serta mengalun rapat serta nada di ujung yang menurun . bunyi burung cekakak ini mampu didengar disini;
sumber :
wikipedia forum national geographic indonesia gambar : (c)andyswan | forum nasional geographic indonesia
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/02/cekakak-jawa-si-gesit-yang-menawan.html.

Seputar Cekakak Jawa : Si Gesit Yang Menawan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cekakak Jawa : Si Gesit Yang Menawan