Burung Mampu Deteksi Bencana Alam Yang Akan Terjadi

- 11:59 PM

Burung Mampu Deteksi Bencana Alam Yang Akan Terjadi

 
Telah lama diketahui bahwasanya binatang mempunyai firasat yang paling akurat disaat mendeteksi bencana alam yang bakal terjadi. Sebuah penelitian semakin menguatkan hal yang telah di sebutkan.
Para ilmuwan di Tenesse mendapati sekelompok burung pengicau Golden-winged warblers telah memberikan tanda-tanda akan terjadi angin tornado di Tennessee pada April lantas. Burung-burung yang telah di sebutkan melarikan diri dari sarangnya sehari sebelum topan itu melanda.

Topan itu sendiri sudah menewaskan sedikitnya 35 orang, menghancurkan ribuan rumah, mencabuti pohon serta melemparkan kendaraan beroda empat semisal mainan saja. Sedangkan pada hari fenomena yang telah di sebutkan terjadi, burung-burung kecil itu telah berada sejauh 1.500 kilomoter jauhnya, sejauh Florida ataupun Kuba.
Semisal bersumber kantor informasi Reuters, Jumat (19/12), para ilmuwan mengujarkan bahwasanya burung warbler itu selamat lantaran mengirimkan pesan bahaya dalam frekuensi yang amat rendah, serta jauh dari jangkauan yang mampu didengar oleh pendengaran kita-kita.
Sementara, kita-kita sendiri tak pernah mampu mengira akan ada topan besar, lantaran pada hari burung-burung itu melarikan diri, cuaca lokal di daerah Pegunungan Cumberland tatkala itu malahan normal-normal saja, tak ada perubahan tekanan udara, suhu, ataupun perubahan kecepatan angin.
"Ini mengindikasikan bahwa burung-burung kecil ini bisa mendeteksi cuaca buruk dari jarak yang jauh," tutur David Andersen, ahli biologi dari U.S. Geological Survey serta University of Minnesota, satu dari sekian banyaknya peneliti yang ikut mempublikasikan penelitian itu di jurnal Current Biology.
Andersen mengujarkan, orang-orang menghipotesis bahwasanya burung-burung kecil itu mampu mendeteksi bunyi infrasound dari tornado yang telah terjadi, walau jaraknya masih Amat jauh dari tempat bencana.
Bunyi infrasound merupakan bunyi yang frekuensinya di bawah frekuensi yang mampu ditangkap oleh alat pendengaran kita-kita. Sejumlah hewan mampu mendengar bunyi serendah itu. Salah satunya burung-burung warbler di Tennessee.
Pendapat dari pengamtan Henry Streby spesialis ekologi dari Universitas California, burung-burung kecil itu kembali ke tempatnya semula sesudah badai berlalu.
Para peneliti itu pula telah mengkaji peta migrasi burung-burung penyanyi Tennessee. Orang-orang pula melacak jalur evakuasi burung memakai alat pemancar yang dipasang pada beberapa ekor burung.
Golden-winged warblers yang berasal dari Tennesse itu mempunyai berat tubuh 9 gram, yang dengannya bentang sayap mencapai 19 cm, burung ini menghabiskan musim dingin di Amerika Sedang serta bagian selatan Amerika Selatan sebelum bermigrasi kembali ke daerah Pegunungan Appalachian di selatan AS serta daerah Great Lakes di AS serta kanada bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembangbiak.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/12/burung-mampu-deteksi-bencana-alam-yang.html.

Seputar Burung Mampu Deteksi Bencana Alam Yang Akan Terjadi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Burung Mampu Deteksi Bencana Alam Yang Akan Terjadi