Penjelasan Seputar Penyebab Murai Batu Yang Mengalami Serak -2

- 2:36 PM

Penjelasan Seputar Penyebab Murai Batu Yang Mengalami Serak -2

 
  • Kebersihan sangkar yang tak terjaga
    Sangkar yang kotor berpotensi besar membuat Murai Batu terserang serak. Hal ini mampu penyebabnya yaitu oleh dua faktor. Pertama, lantaran tidak sedikit debu yang menempel pada sangkar, menjadikan bila ada angin datang, debu yang telah di sebutkan berserakan serta berkemungkinan terhirup oleh Murai Batu lantas memicu gangguan pernapasan.
    Kedua, oleh lantaran kotoran Murai Batu itu sendiri. Kotoran burung yang menumpuk menghasilkan gas ammonia. Pada kandungan kadar gas yang tinggi, gas ammonia tak cuma bisa mengganggu pernapasan, melainkan pula mampu menyerang paru-paru. Yang dengannya begitu, kebersihan sangkar Perlu pula menjadi perhatian kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari Murai Batu terserang penyakit ini.

  • Perlunya membersihkan sangkar yang kotor
  • Pemilik tak peka terhadap perubahan musim
    Pergantian Musim (pancaroba) antara musim panas serta musim penghujan berpengaruh terdapat kondisi Murai Batu, hal ini dia yang harusnya diketahui oleh para pemilik Murai Batu. Semisal di musim penghujan, musim ini Murai Batu rentan sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk terserang penyakit semisal radang pernapasan, bunyi serak, pilek hingga pula pada penyakit tetelo.
    Andai telah masuk musim penghujan, perawatan harian semisal penjemuran serta pemandian sebaiknya tak butuh di lakukan. Murai Batu akan lebih aman andai pada sangkarnya diberi Full kerodong. Lantas pada musim ini pula perhatian kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk Suka melihat kesegaran pakan, lantaran di musim penghujan pakan olahan semisal voer menjadi cepat basi.
    Begitupun bila yang berlangsung musim panas tiba. Letakkan sangar pada daerah yang teduh, perawatan harian semisal penjemuran serta pemandian butuh di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kesegaran Murai Batu supaya tetap fit. Akan tetapi andaikan cuaca tengah tidak sedikit angin, lebih baik Murai Batu tak butuh dijemur dahulu, diangin-anginkan sebentar saja, lantas sangkarnya dikerodong sebagiannya.

  • Serak akibat infeksi saluran pernapasan
    Kadang serak pada Murai Batu pula penyebabnya yaitu lantaran telah adanya gangguan pada saluran pernapasan yakni berupa infeksi. Andaikan benar sudah berlangsung infeksi, penyakit serak yang telah di sebutkan menjadi tidak banyak susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk disembuhkan. Ada beberapa jenis penyakit infeksi saluran pernapasan pada burung, akan tetapi yang Suka berlangsung yakni penyakit psittacosis serta penyakit tungau kantung udara.
    Penyakit psittacosis merupakan infeksi gangguan pada pernapasan yang penyebabnya yaitu oleh jamur Chlamydia psittaci. Tak cuma membuat burung menjadi serak, penyakit ini pula bisa membuat burung macet berbunyi. Mengenali gejala ini penyakit ditandai yang dengannya keluarnya cairan lendir dari paruhnya, suaranya kicauan terdengar mampet, burung semisal mengalami gejala tengah pilek. Penyakit ini sifatnya menular, jadi sebaiknya burung yang terserang Perlu dijauhkan dari burung yang sehat supaya yang lain tak ikutan terserang pula.
    Lantas penyakit tungau kantung udara, yang penyebabnya yaitu oleh parasit tungau. Parasit ini Suka hinggap pada tubuh burung yakni pada bagian kantung udara, menjadikan disebutlah penyakit tungau kantung udara.

    Parasit tungau pada kantung udara
    Gejala yang ditimbulkannya pada biasanya semisal burung mengalami serak, serta kadang disaat berbunyi tiba-tiba suka kehilangan bunyi. Gejala fisiknya, burung yang terasa tak nyaman umumnya akan gelisah dalam sangkar, Suka menaik-turunkan ekornya, serta memegarkan kedua sayapnya.
    Tentunya kedua penyakit infeksi saluran pernapasan ini timbul tak terlepas dari faktor kebersihan sangkar Murai Batu. Kedua penyakit ini dia yang Perlu diwaspadai pada sangkar Murai Batu yang kotor.

Pada tulisan atau artikel selanjutnya penulis akan membahas cara-cara yang ampuh dalam mengobati Murai Batu yang serak.
Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 4 : http://www.majalahburungpas.com/top-ilmiah-kita/bersihkan-kotoran-burung-agar-burung-lebih-sehat.html
Pic 5 : http://hamsterindonesia.wordpress.com/category/info-burung-indonesia/page/16/
Pic 6 : http://omkicau.com/2012/11/27/tungau-ku-bikin-burung-susah-bernafas-dan-mogok-bunyi/
Sumber Rujukan :
https://www.facebook.com/notes/hobi-burung-kicauan-dan-penangkaran/deteksi-dini-terhadap-kondisi-murai-batu-yang-serak-omkicaucom/10151372276541400
http://sklbirdfarm.com/2012/08/25/penyebab-dan-mengatasi-murai-batu-yang-terserang-serak/
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/08/penjelasan-seputar-penyebab-murai-batu_5.html.

Seputar Penjelasan Seputar Penyebab Murai Batu Yang Mengalami Serak -2

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penjelasan Seputar Penyebab Murai Batu Yang Mengalami Serak -2