Seputar Perawatan Burung Madu

- 6:18 AM

Seputar Perawatan Burung Madu

 
Burung madu ataupun yng lebih ternama di kalangan kicau mania kita yang dengannya sebutan burung kolibri ( walaupun secara umum ada perbedaan mendasar dari burung madu yang dengannya burung kolibri ini ) memanglah salah satunya burung yng pula tidak sedikit dipelihara oleh penggemar burung di Indonesia, beberapa jenis malah cukup ternama menjadi burung kicauan yng tidak sedikit dicari, salah satunya diantaranya burung madu bakau, burung madu sriganti serta burung madu kelapa. Hal yng butuh diperhatikan disini merupakan bahwasanya seluruh jenis burung madu merupakan salah satunya burung yng dilindungi oleh UU serta Aturan Pemerintah No.7 tahun 1999. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu harap pertimbangkan kembali andai ingin memelihara burung madu ini.
Beberapa jenis burung madu yng ternama serta tidak sedikit dipelihara

Burung madu mampu dikembang biakan yang dengannya tatacara menangkarkannya, lantaran semisal halnya burung pleci burung madu inipun akan Amat gampang berkembang biak andai menjumpai pasangannya yng tepat.
Serta dalam perawatannya yang telah di sebutkan baik burung madu bakau ataupun burung madu kelapa butuh asupan nutrisi yng cukup tinggi, dimana di tempat asli aslinya orang-orang memperoleh asupan nutrisi yang telah di sebutkan dari nektar bunga maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan hariannya , asupan nutrisi yang telah di sebutkan mampu didapatkan dari nektar buatan.
Mengenai pemberian nektar buatan ini masih tidak sedikit kicau mania kita yng beranggapan bahwasanya campuran air serta gula yang telah di sebutkan tak mempunyai kandungan gizi yng dibutuhkan padahal kalau ditelaah lebih lanjut baik didasari berita dari banyak sekali sumber bahwasanya nektar buatan ini mempunyai komposisi yng mendekati yang dengannya komposisi yng terdapat dalam bunga.
Pada bunga, nektar merupakan cairan manis yng diperoleh oleh beberapa bunga bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik perhatian penyerbuk semisal serangga, kelelawar serta pula burung.
Jumlah serta komposisi nektar ini bervariasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap spesies bunga, namun biasanya memiliki kandungan sebagian besar air serta gula yang dengannya sejumlah protein, garam serta asam amino. Kandungan gula yng terdapat dalam nektar yang telah di sebutkan sekitar 3- 80 % bergantung dari jenis bunga serta kualitas tanahnya.
Nektar inipun mampu dibuat yang dengannya tatacara membeli nektar yng telah berupa serbuk/bubuk maupun membuat sendiri nektar buatan mempergunakan campuran air serta gula yang dengannya perbandingan 1:4 ( satu gelas bagi atau bisa juga dikatakan untuk 4 sendok teh gula ), resep yang telah di sebutkan andai dibuat yang dengannya tatacara yng tepat memiliki kandungan konsentrasi gula 20-25 %, serta adalah yng paling dekat meniru konsentrasi gula dalam nektar alami yng dibutuhkan burung. Tips lain merupakan menanam bunga di dalam pot ataupun di halaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil nektarnya. Jadi dalam pemberian nektar buatan ini merupakan pengganti pakan yng mempunyai kemiripan serta kedekatan kandungan yng dimiliki oleh nektar asli yng didapatkan dari bunga yang dengannya mencermati bahan serta tatacara pembuatan yng dianjurkan, lantaran saya sendiri tak prenah menjumpai berita negatif dari efek pemberian nektar buatan ini, bahkan kebanykan penangkar maupun penggemar burung di seluruh dunia menganjurkan resep yang telah di sebutkan, lantaran memanglah dasarnya memang burung yang telah di sebutkan merupakan pemakan gula.
Berikut beberpa hal yng Perlu diperhatikan dalam pembuatan nektar buatan yang telah di sebutkan, supaya diperoleh komposisi yng mendekati yang dengannya komposisi yng terdapat pada nektar bunga:
  1. Jangan menambahkan pewarna makanan ataupun zat pewarna lain kedalam nektar buatan yang telah di sebutkan, lantaran tak mempunyai nilai gizi serta mampu memicu kerusakan pada ginjal burung.
  2. Jangan mempergunakan gula merah / gula batu, gula ber-energi, maupun jenis gula lain selain dari gula yng berwarna putih ( gula putih ), hindari mempergunakan gula yng telah bercampur bahan kimia.
  3. Pemberian madu sebaiknya tak dicampurkan yang dengannya larutan nektar buatan ini, lantaran mampu mempercepat kerusakan pada nektar buatan serta mempercepat tumbuhnya bakteri dalam larutan yang telah di sebutkan. Kalaupun burung ingin diberikan madu, maka genakan madu asli yng disimpan dalam wadah terpisah yang dengannya porsi yng secukupnya saja.
Selain diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung madu ataupun kolibri, nektar buatan ini pula mampu dikonsumsikan pada burung jenis lain, semisal pleci, robin, cucak rante serta burung lain-lainnya yng salah satunya dalam jenis Nectariine.
Selain pemberian nektar buatan ini, bebeberapa jenis burung madu serta pula kolibri pula Amat menyukai serangga-serangga kecil maupun makanan lain-lainnya, berikut beberapa makanan yng pula dikonsumsi oleh burung madu atapun burung kolibri :
  • Getah: Disaat nektar susah didapati , burung madu maupun burung kolibri akan menghisap getah pohon dari lubang yng dibuat oleh burung pelatuk. walaupun getah pohon tak semanis nektar bunga, akan tetapi getah pohon adalah penyedia sumber sukrosa (sucrose) yng memadai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan energi burung madu maupun burung kolibri.
  • Serangga: Serangga kecil, larva, telur serangga (kroto) serta pula laba-laba kecil adalah sumber makanan penting yng dibutuhkan burung madu ataupun kolibri, orang-orang mempunyai kandungan protein serta lemak yng tak mampu didapatkan dari nektar. Selain itu pula adalah kebutuhan utama dalam pertumbuhan burung anakan semasa berkembang biak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh jumlah protein yng cukup maka burung madu ataupun kolibri ini Perlu diberikan seranggga dalam jumlah yng cukup tidak sedikit setiap harinya.
  • Pollen / Serbuk sari : Burung madu maupun kolibri memanglah tak langsung mengkonsumsi serbuk sari, namun tidak sedikit serbuk sari dari bunga yng menempel pada paruh orang-orang sewaktu menghisap nektar dari bunga. beberapa serbuk sari yng tertelan akan menjadi sumber protein yng walaupun jumlahnya cukup kecil. walaupun bukan menjadi pakan umum burung madu ataupun kolibri, akan tetapi serbuk sari mampu menjadi pakan pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung madu ataupun kolibri.
  • Pasir : Siapa mampu menduga kalau burung madu maupun kolibri diluar dugaan Suka terlihat memakan abu serta pasir dalam jumlah yng kecil. Butiran pasir yang telah di sebutkan memanglah mampu menjadi sumber yng baik dari mineral penting serta garam, akan tetapi pemberiannya pun tak mampu diberikan dalam jumlah tidak sedikit ataupun Perlu sehari-hari, lantaran memanglah bukan makanan utama orang-orang. Pasir pantai mampu diberikan seminggu sekali dalam jumlah Amat kecil saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

Perawatan burung madu
Dalam perawatan burung madu ini memanglah tak terlepas dari pemberian kroto serta nektar ataupun air gula akan tetapi selain itu pemberian serangga dan pakan yng berprotein mampu membantunya mendapatkan asupan energi serta gizi yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk aktifitasnya sehari-hari. Selain dari itu pemberian multivitamin tambahan sebetulnya Amat dibutuhkan oleh burung sekelas burung madu ataupun kolibri, lantaran semisal disebutkan diatas, protein serta nutrisi yng dibutuhkan orang-orang Amat tinggi, menjadikan butuh tidak sedikit serangga bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi, maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasinya, pemberian BirdVit serta pula BirdMineral mampu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang kebutuhan orang-orang akan protein, vitamin serta nutrisi yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap fit serta selalu mempunyai energi yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk beraktifitas ataupun berkicau orang-orang.
Memancing bunyi yang dengannya bunyi sejenis
Semisal halnya burung ciblek, burung madu pun mampu dipancing bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih rajin berkicau yang dengannya mempergunakan bunyi kicauan burung madu sejenis yng diputarkan melalui perangkat elektronik baik mempergunakan handphone maupun m3 player. Beberapa jenis burung madu memanglah mempunyai sifat teritorial ataupun fighter menjadikan gampang sekali membalas sahutan bunyi burung sejenisnya.
* BirdVit serta BirdMineral bisa diperoleh di agen omkicau terdekat di kota kamu Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/10/seputar-perawatan-burung-madu.html.

Seputar Seputar Perawatan Burung Madu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Seputar Perawatan Burung Madu