Murai Batu Medan Sebagai Burung Ter-unggul Dari Jenis Burung Lainnya

- 6:43 PM

Murai Batu Medan Sebagai Burung Ter-unggul Dari Jenis Burung Lainnya

 
Rasanya telah Amat familiar kita mendengar burung murai batu, akan tetapi pastinya masih ada yng membuat kita penasaran wacana jenisnya. Manakah jenis burung murai batu yng paling istimewa serta mempunyai level yng paling baik diantara burung-burung murai batu yng lain di seluruh Indonesia?
Jawabannya merupakan jenis burung murai batu yng berasal dari Medan Sumatera Utara ataupun biasa disebut yang dengannya murai batu medan. Burung yng mempunyai nama latin Copsychus malabaricus ini terpilih menjadi type burung yng paling baik. murai batu medan terhitung ke dalam family Turdidae. Jenis burung ini sudah menyebar di seluruh pulau Sumatera, Kalimantan, dan beberapa pulau Jawa. murai batu medan adalah burung kicau yng Amat ternama tatkala ini. Cuma saja tindakan eksploitasi rimba yng terlalu berlebihan ditambah lagi perburuan liar yng mementingkan keuntungan sepihak ini membuat type murai batu medan ini Amat sukar di dapatkan di pasaran, hal ini dia yng Amat disayangkan, padahal harga murai batu medan ini Amat tinggi lantaran memanglah kualitasnya Amat baik.
murai batu medan yng berhabitat asli di kota Medan itu sebetulnya merupakan tak ada. Sebelum adanya pemburuan liar yang telah di sebutkan jenis murai batu ini masih tidak sedikit dijumpai di beberapa wilayah Sumatera Utara, semisal Bukit Lawang, Bohorok, serta kaki gunung Leuser yng terdapat atau terletak di perbatasan Sumatera Utara yang dengannya Aceh.

Lantaran tatkala ini Amat sukar didapati maka para penangkar setempat pun mengawinkan jantan serta betina murai batu dari aneka macam jenis. Ini dia praktik yng selalu orang-orang lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh jenis burung yng istimewa. Hal ini juga yng menghasilkan sebagian besar murai batu medan yng beredar di pasaran itu merupakan murai batu yng berasal dari aceh, serta sebagian lain-lainnya dari Pasaman, Padang Sidempuan, serta Malaysia.
Kebanykan tidak sedikit orang yng mengidolakan burung murai batu medan ini berekor panjang, yang dengannya panjang ekor rata-rata ada 22 cm sampai-sampai 27/28 cm. Andai ada murai batu yng mempunyai ekor panjang kira-kira30 hingga 35 cm malah lebih, maka itu merupakan murai batu asal Malaysia serta pedalaman asia Tenggara.

Amat gampang dalam menelaah tanda tanda khusus murai batu medan, di antaranya merupakan dipandang dari wujud ataupun pola ekor si burung.
Tanda khusus murai batu medan dari pola ekor serta lain-lainnya:
  1. Pada gundukan bulu putih ada setrip berwarna hitam dari pangkal membelah ekor yang dengannya horizontal serta membentuk huruf U.
  2. Mempunyai panjang ekor berkisar pada 14cm-27cm.
  3. Dari segi warna Bulu hitamnya : Umumnya burung murai Medan mempunyai warna bulu hitam legam serta mengkilat, kalau di kenai sinar matahari bisanya akan terlihat warna kebiru biruan
  4. Burung murai batu ini datangnya dari Aceh (Langkat, Pasaman, Tangse, Sabang serta sebagainya.)
  5. Dari segi bentuk badan : murai batu medan kerap mempunyai postur badan yng lebih besar akan tetapi atletis.
  6. Diteliti dari segi kaki : pada burung murai batu medan muda warna kakinya umumnya berwarna kehitam-hitaman. Kalau pendapat dari orang-orang murai kaki hitam itu tidak jelek alias bagus, ini berlangsung pada usia murai batu yng mulai menua.

Oleh : Ade Sundari
Sumber Gambar serta Rujukan : http://3.bp.blogspot.com, http://seputar-duniafauna-blogspot.com, http://ciri-khusus-murai-batumedan
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/12/murai-batu-medan-sebagai-burung-ter.html.

Seputar Murai Batu Medan Sebagai Burung Ter-unggul Dari Jenis Burung Lainnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Murai Batu Medan Sebagai Burung Ter-unggul Dari Jenis Burung Lainnya