Gejala Murai Batu Cacingan Dan Cara Mengatasinya

- 2:44 AM

Gejala Murai Batu Cacingan Dan Cara Mengatasinya

 
Cacingan salah satunya satu dari sekian banyaknya penyakit yng Suka menyerang bagi Murai Batu. Sesuai namanya, penyakit “cacingan” berlangsung lantaran adanya cacing yng hidup dalam tubuh Murai Batu, di mana cacing yang telah di sebutkan memicu gangguan bagi tubuhnya. Maksudnya begini, cacing yng hidup dalam tubuhnya mengambil nutrisi dan sari-sari makanan yng masuk, menjadikan tak tersebar ke seluruh tubuh. Tentu saja hal itu membuat tak terpenuhinya asupan gizi yng dibutuhkan bagi tubuh Murai Batu.
Murai Batu yng telah terjangkit cacingan, sepertinya sia-sia saja andai pun diberi jenis pakan yng sehat. Selama, cacing yng menjadi parasit dalam tubuhnya tak dibasmi, selama itulah gizi/nutrisi yng masuk akan diambilnya.
Penyakit cacingan seringkali berlangsung pada Murai Batu yng tak dirawat oleh si pemilik. Itu lantaran dari hal kebersihan sangkar dan kebugaran atau kesehatan pakan tak terjaga. Sangkar yng kotor berpeluang bagi berkembangbiaknya bakteri dan larva ataupun telur cacing di dalamnya. Begitu pula yang dengannya pakannya, pakan yng telah tercemar dan tak diganti, mampu sudah tercampuri bibit penyakit. Andai tetap dikonsumsi Murai Batu, maka keseringan Murai Batu terjangkit cacingan makin besar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat Murai Batu kamu di kenai cacingan ataupun tak, gejala-gejala di bawah ini bisa kamu dijadikan menjadi rujukan :
  • Kotoran Encer
    Murai Batu terjangkit cacingan pula akan bermasalah pada bagian pencernaan. Pakan yng masuk dalam tubuhnya tak mengalami proses pengolahan yng benar. Alhasil kotoran yng diperoleh tak semisal umumnya namun terlihat encer/cair.

  • Bulu Kusam dan Mata Tak Tajam
    Tak terpenuhinya Asupan gizi bagi Murai Batu yng terjangkit cacingan, berdampak pada beberapa bagian tubuhnya. Semisal, bulu Murai Batu akan terlihat kusam, kumal, tak mengkilat dan segar. Lirikan ketajaman penglihatannya menjadi agak berkurang, tatapan Murai Batu terkesan lelah.

  • Tubuh Tampak Kurus
    Cacingan membuat hilangnya nafsu makan bagi Murai Batu. Lama-kelamaan tubuh Murai Batu menjadi kurus, badannya lemah, tak bergairah dalam sangkar.

  • Perilaku
    Disaat dalam sangkar, kebiasaan Murai Batu terdiam di tangkringan, menaikkan satu dari sekian banyaknya kakinya, memejamkan mata ciri tertidur.

Penyakit cacingan bukan hal kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk disepelekan. Cacing yng hidup dalam tubuh Murai Batu akan Amat membahayakan andai tak segera dibasmi. Oleh lantaran itu, merawat Murai Batu sebaik barangkali akan Amat membantu terhadap kebaikan Murai Batu kamu ke depan. di bawah ini langkah-langkah mencegah dan mengatasi Murai Batu dari penyakit cacingan :
  • Perhatikan Kebersihan sangkar dan pakan
    Ini adalah langkah pencegahan sekalian upaya pengobatan Murai Batu cacingan. Sehari-hari lakukan kebersihan sangkar. Semisal pembersihan terhadap kotoran-kotoran yng menempel. Agar bisa tak berusaha mendatangkan serangga lain (lalat) yng membawa bakteri datang.
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi pakan, lebih-lebih pakan jenis voer. Andaikan kamu mencampur voer yang dengannya air,usahakan pakan yang telah di sebutkan cuma dipakai dalam jangka satu hari saja. Kandungan air pada voer mempercepat pakan menjadi basi. Pakan basi tak baik bagi kebugaran atau kesehatan Murai Batu.

  • Memberikan obat cacing
    Di toko burung, terdapat obat yng bisa mengatasi penyakit cacingan ini. Kamu mampu mempergunakan obat yang telah di sebutkan dan memberikannya pada Murai Batu kamu. Cacing menjadi faktor penyebab permasalahan Perlu dibasmi dahulu supaya Murai Batu cepat sehat kembali.

  • Ekstra Fooding
    Mempercepat kepulihan pada Murai Batu, Ekstra Fooding mampu membantu. Amat cocok andaikan Murai Batu terlihat kurus. Ekstra Fooding dimaksudkan memenuhi kembali kekurangan asupan gizi bagi Murai Batu. Penulis menyarankan pakan kroto menjadi ekstra fooding, selain disukai Murai Batu pula memiliki kandungan protein yng tinggi.

Yah, ini dia tulisan atau artikel mengenai penyakit cacingan pada Murai Batu yang dengannya langkah pencegahan dan solusinya. Semoga memberikan manfaat bagi kamu para pembaca dan para penghobi burung kicauan Murai Batu. Terimakasih.
Oleh : Roma Doni
Rujukan : http://anfbirdfarm.com/index.php/murai-batu-cacingan
http://www.kicaumania.or.id/forums/archive/index.php/t-54480.html
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/12/gejala-murai-batu-cacingan-dan-cara.html.

Seputar Gejala Murai Batu Cacingan Dan Cara Mengatasinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Gejala Murai Batu Cacingan Dan Cara Mengatasinya