Tips Penanganan Murai Batu Lepas Dari Kandangnya

- 4:55 PM

Tips Penanganan Murai Batu Lepas Dari Kandangnya

 

Burung lepas itu tidak sedikit penyebabnya yaitu oleh beberapa hal, diantaranya merupakan lantaran kecerobohan kita tidak ingat menutup sangkar maupun menggantangnya di tempat yng gampang goyang / jatuh misalnya pada ranting pohon yng kecil ataupun pada pengait sangkar yng telah mulai longgar mampu jadi pula lantaran serangan binatang lain semisal tikus ataupun kucing.
Lantas apakah yng Perlu kita lakukan andai suatu tatkala burung kesayangan kita lepas dari kandangnya, saya akan memberikan cara bagaimana mengatasi situasi yng demikian. Jangan Panik Umumnya begitu tahu burung kita lepas, hal pertama yng kita lakukan merupakan PANIK, jadi usahakan tetap tenang sewaktu menggiring burung kita yng lepas kembali ke kandangnya.
Siapkan Ulat hongkong / Jangkrik.Atur kandangnya supaya pintunya selalu terbuka. ataupun andai punya sangkar jebakan genakan sangkar jebakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjebak burung kita supaya mau masuk ke sangkar.
Tatacara pertama : tusukan ujung batang lidi pada jangkrik, lantas arahkan ke burung yng lepas tadi, umumnya siburung tak akan langsung terbang akan tetapi selama beberapa menit burung yang telah di sebutkan cuma akan diam sembari melihat situasi sekelilingnya (si burung berupaya menyesuaikan diri ). umumnya siburung akan mencari tempat pijaknya semisal sangkar burung yng lain, tali jemuran, batang pohon ataupun tembok rumah serta pada tatkala itulah kita sodorkan batang lidi yng telah diberi jangkrik / ulat hongkong tadi. mainkan batangan lidi tadi sembari diarahkan ke sangkar yng pintunya telah terbuka. andai siburung mengikuti jangkriknya segera masukan jangkrik ke lantai kandangnya, umumnya siburung akan mengikuti arah ketempat jangkrik tadi dilepaskan lantas segera seusai burung itu masuk sangkar tutup pintunya.
Tatacara kedua :
Pegang kandangnya yng pintunya telah sengaja dibuka , lantas usahakan menarik perhatian siburung yang dengannya memasukan beberapa jangkrik / ulat ke kandangnya. lantas arahkan / sodorkan kandangnya yang dengannya pintu yng menghadap siburung. kalau burung terbang kesana - kemari, cobalah tetap ikuti serta sembari tetap memasukan beberapa jangkrik/ulat ke kandangnya hingga siburung tertarik serta kembali masuk kekandangnya.
Tatacara ketiga :
Yang dengannya mempergunakan sangkar yng didesain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjebak burung, masukan cepuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk serangga di lantai sangkar yng khusus buat menjebak. buka/ geser pintunya lantas gantung ditempat yng terlihat oleh burung yang telah di sebutkan. ataupun kamu mampu mempergunakan getah dari pohon nangka maupun getah pohon karet yng sudah dioleskan keranting, akan tetapi tatacara ini tidak lebih begitu efektif lantaran siburung tak akan langsung menghampiri ranting yng telah dilumuri yang dengannya getah yang telah di sebutkan.
Tatacara keempat :
Yang dengannya bersenjatakan sprayer yng berlebi dahulu diisi yang dengannya air shampo, semprotkan sprayer yng berisi air shampo ke tubuh burung yng lepas (kalau posisi kamu serta si burung berjarak dekat) , semprotkan pelan-pelan saja yang dengannya lembut sembari melihat pergerakan si burung , andaikan si burung diam saja serta bahkan menikmatinya segera putar perlahan pengatur sprayer kamu ke semprotan kencang hal ini supaya bulu sayap siburung basah oleh air shampo yng lengket yng membuat si burung tak barangkali lagi terbang jauh/tinggi.
Bagaimana bila Burung kamu terlanjur terbang jauh keluar rumah , maka hal yng Perlu kamu lakukan merupakan mencari burung sejenis ( lebih tidak jelek alias bagus lagi kalau burung betina ) masukan burung yang telah di sebutkan ke sangkar jebakan, lantas gantang ditempat yng mampu terlihat oleh burung yang telah di sebutkan hinggap ( dibatang pohon ,tiang listrik ataupun atap rumah ). tunggulah hingga burung yang telah di sebutkan berani mendekat.
Cara - cara diatas selalu saya lakukan andai ada burung saya ataupun milik tetangga kebetulan lepas, serta hasil nya burung yang telah di sebutkan kembali kekandangnya yang dengannya selamat. namun andai kamu masih belum sukses barangkali memanglah kamu belum berjodoh yang dengannya burung yang telah di sebutkan, hehehe
sebaiknya selalu pantau situasi lingkungan siapa tahu ada tetangga kamu yng kebetulan memperoleh burung yang telah di sebutkan menjadikan kamu mampu menebusnya menjadi ciri Terimakasih. Burung burung yng gampang ditangkap kembali seusai lepas dari kandangnya ( dgn catatan burung telah jinak / tak giras ):
1. Kutilang 2. Ciblek.3. Kacer.4. Pentet.5. Parkit.6. Nuri / Betet7. Poksay ( Perlu dipancing yang dengannya betina/sejenis )
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung jenis lain-lainnya umumnya akan kembali seusai beberapa jam/hari lantaran kelaparan , yang dengannya catatan :tak ada yng menangkapnya. 8. Cucak hijau / Cucak Rante9. Cucak Rawa.10. Muray batu ( pancing yang dengannya muray /masih muda )
bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung jenis ini umumnya akan langsung terbang mengabaikan atau meninggalkan kamu. 11. Perenjak12. Anis merah.13. Terucukan.
  • Penanganan Murai Batu Lepas
  • Penangkaran murai di sangkar gantung
  • Pencegahan Murai batu tak sekarat
  • Murai Batu Macet serta tak Gacor Lagi
  • Perhatian andai ingin membelu murai batu
  • Cara Kemampuan murai batu paling baik
  • Membiasakan murai batu makan Voer
  • Murai batu lomba serta cara perawatan
  • Penjinakan murai batu
  • Murai batu nias serta jenisnya
  • Peternakan murai batu
  • Murai batu dewasa hutan serta perawatannya
  • Tanda khas murai batu kalimantan
  • Typikal murai batu borneo
  • Berhasil menangkar murai
  • Murai batu berkutu serta tipsnya


Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/tips-penanganan-murai-batu-lepas-dari.html.

Seputar Tips Penanganan Murai Batu Lepas Dari Kandangnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Penanganan Murai Batu Lepas Dari Kandangnya