Tips Menangani Burung Yang Lepas Dari Kandangnya

- 5:25 AM

Tips Menangani Burung Yang Lepas Dari Kandangnya

 
Lepas ! siapa yang tak akrab yang dengannya kalimat yang telah di sebutkan, seluruh kicau mania pasti pernah mengalami andai suatu hari burung peliharaannya lepas dari kandangnya.
bagaimana rasanya ? Burung lepas itu tidak sedikit penyebabnya yaitu oleh beberapa hal, diantaranya merupakan lantaran kecerobohan kita tidak ingat menutup sangkar maupun menggantangnya di tempat yang gampang goyang / jatuh misalnya pada ranting pohon yang kecil ataupun pada pengait sangkar yang telah mulai longgar mampu jadi pula lantaran serangan binatang lain semisal tikus ataupun kucing. Lantas apakah yang Perlu kita lakukan andai suatu tatkala burung kesayangan kita lepas dari kandangnya, saya akan memberikan cara bagaimana mengatasi situasi yang demikian.
  • Jangan Panik Umumnya begitu tahu burung kita lepas, hal pertama yang kita lakukan merupakan PANIK, jadi usahakan tetap tenang sewaktu menggiring burung kita yang lepas kembali ke kandangnya.
  • Siapkan Ulat hongkong / Jangkrik.
  • Atur kandangnya supaya pintunya selalu terbuka. ataupun andai punya sangkar jebakan genakan sangkar jebakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjebak burung kita supaya mau masuk ke sangkar.
Tatacara pertama :
tusukan ujung batang lidi pada jangkrik, lantas arahkan ke burung yang lepas tadi, umumnya siburung tak akan langsung terbang akan tetapi selama beberapa menit burung yang telah di sebutkan cuma akan diam sembari melihat situasi sekelilingnya (si burung berupaya mengikuti keadaan ). umumnya siburung akan mencari tempat pijaknya semisal sangkar burung yng lain, tali jemuran, batang pohon ataupun tembok rumah serta pada tatkala itulah kita sodorkan batang lidi yng telah diberi jangkrik / ulat hongkong tadi. mainkan batangan lidi tadi sembari diarahkan ke sangkar yang pintunya telah terbuka. andai siburung mengikuti jangkriknya segera masukan jangkrik ke lantai kandangnya, umumnya siburung akan mengikuti arah ketempat jangkrik tadi dilepaskan lantas segera sesudah burung itu masuk sangkar tutup pintunya.
Tatacara kedua :
Pegang kandangnya yang pintunya telah sengaja dibuka , lantas usahakan menarik perhatian siburung yang dengannya memasukan beberapa jangkrik / ulat ke kandangnya. lantas arahkan / sodorkan kandangnya yang dengannya pintu yang menghadap siburung. kalau burung terbang kesana - kemari, cobalah tetap ikuti serta sembari tetap memasukan beberapa jangkrik/ulat ke kandangnya hingga siburung tertarik serta kembali masuk kekandangnya.
Tatacara ketiga :
Yang dengannya mempergunakan sangkar yang didesain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjebak burung, masukan cepuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk serangga di lantai sangkar yng khusus buat menjebak. buka/ geser pintunya lantas gantung ditempat yang terlihat oleh burung yang telah di sebutkan. ataupun kamu mampu mempergunakan getah dari pohon nangka maupun getah pohon karet yang sudah dioleskan keranting, akan tetapi tips ini tidak lebih begitu efektif lantaran siburung tak akan langsung menghampiri ranting yang telah dilumuri yang dengannya getah yang telah di sebutkan.
Tatacara keempat :
Yang dengannya bersenjatakan sprayer yang berlebi dahulu diisi yang dengannya air shampo, semprotkan sprayer yang berisi air shampo ke tubuh burung yang lepas (kalau posisi kamu serta si burung berjarak dekat) , semprotkan pelan-pelan saja yang dengannya lembut sembari melihat pergerakan si burung , andaikan si burung diam saja serta bahkan menikmatinya segera putar perlahan pengatur sprayer kamu ke semprotan kencang hal ini supaya bulu sayap siburung basah oleh air shampo yang lengket yang membuat si burung tak barangkali lagi terbang jauh/tinggi.
Bagaimana bila Burung kamu terlanjur terbang jauh keluar rumah , maka hal yang Perlu kamu lakukan merupakan mencari burung sejenis ( lebih tidak jelek alias bagus lagi kalau burung betina ) masukan burung yang telah di sebutkan ke sangkar jebakan, lantas gantang ditempat yang mampu terlihat oleh burung yang telah di sebutkan hinggap ( dibatang pohon ,tiang listrik ataupun atap rumah ). tunggulah hingga burung yang telah di sebutkan berani mendekat. Tips - cara diatas selalu saya lakukan andai ada burung saya ataupun milik tetangga kebetulan lepas, serta hasil nya burung yang telah di sebutkan kembali kekandangnya yang dengannya selamat. namun andai kamu masih belum sukses barangkali memanglah kamu belum berjodoh yang dengannya burung yang telah di sebutkan, hehehe sebaiknya selalu pantau situasi lingkungan siapa tahu ada tetangga kamu yang kebetulan memperoleh burung yang telah di sebutkan menjadikan kamu mampu menebusnya menjadi ciri Terimakasih. Burung burung yang gampang ditangkap kembali sesudah lepas dari kandangnya ( dgn catatan burung telah jinak / tak giras ): 1. Kutilang 2. Ciblek. 3. Kacer. 4. Pentet. 5. Parkit. 6. Nuri / Betet 7. Poksay ( Perlu dipancing yang dengannya betina/sejenis )
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung jenis lain-lainnya umumnya akan kembali sesudah beberapa jam/hari lantaran kelaparan , yang dengannya catatan :tak ada yang menangkapnya. 8. Cucak hijau / Cucak Rante 9. Cucak Rawa. 10. Muray batu ( pancing yang dengannya muray bahan/masih muda )
bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung jenis ini umumnya akan langsung terbang mengabaikan atau meninggalkan kamu. 11. Perenjak 12. Anis merah. 13. Terucukan.
Itu cara dari saya perihal bagaimana mengatasi burung yang lepas dari kandangnya. serta andai kamu sukses mendapatkannya kembali maka cobalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkerodongnya supaya burung yang telah di sebutkan kembali tenang. sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis-jenis burung itu merupakan didasari pengalaman saya yang kebetulan percis yang dengannya pengalaman beberapa rekan saya. Selamat berupaya. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/07/tips-menangani-burung-yang-lepas-dari.html.

Seputar Tips Menangani Burung Yang Lepas Dari Kandangnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Menangani Burung Yang Lepas Dari Kandangnya