Bubut-pacar Jambul, Burung Pengembara Yang Pemalu

- 10:33 AM

Bubut-pacar Jambul, Burung Pengembara Yang Pemalu

 
Penampilannya yang gagah yang dengannya ekor panjangnya yang tebal membuat jenis burung ini berusaha mendatangkan penasaran orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeliharanya. Akan tetapi spesies burung yang dikenal yang dengannya nama Bubut-pacar jambul ini bukanlah jenis burung yang umum didapati, keberadaannya di Indonesia cuma dalam rangka mengembara saja selama daerah asalnya mengalami musim dingin. Meski begitu, burung pengembara ini diluar dugaan memiiki sifat pemalu, serta barangkali itu pula yang membuatnya susah didapati.
gambar burung bubut pacar jambul
Burung bubut-pacar jambul ataupun Chestnut-winged Cuckoo (Clamator coromandus)

Di dunia internasional, bubut-pacar jambul memiliki nama Inggris Chestnut-winged Cuckoo yang dengannya nama ilmiah Clamator coromandus. Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Sunda menyebutnya yang dengannya sebutan Lontrok jambul sedangkan orang-orang Melayu lebih cenderung menyebutnya menjadi Mendu Jambol. Spesies burung ini adalah satu dari sekian banyaknya anggota dari keluarga Cuculidae yang seluruh anggotanya dikenal menjadi burung parasit, sebagaimana kedasih ataupun wiwik.
Menjadi anggota keluarga cuculidae dari genus Clamator, bubut-pacar jambul akan menitipkan telurnya di dalam sarang burung lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara. Beberapa jenis burung yang kerap menjadi korbannya merupakan merbah (bulbul), shrikes (cendet), starling (jalak), laughingthrushes (poksai) serta babbller. Sewaktu menjalankan aksinya itu terkadang burung betina akan membuang telur yang telah ada, ataupun andai tak pernah sempet maka hal yang telah di sebutkan akan di lakukan oleh anaknya yang baru menetas sesudah dierami induk asuhnya yang baru.
Bubut-pacar jambul mempunyai tubuh berukuran besar yang dengannya panjang sekitar 45-46 cm. Tubuhnya berwarna hitam, putih serta coklat-kemerahan. Jambulnya tegak mencolok yang dengannya ekornya yang panjang serta tebal. Daerah asal tempat orang-orang berkembangbiak merupakan di India, Cina Selatan serta Asia Tenggara. Disaat wilayahnya dilanda musim dingin itulah, orang-orang akan bermigrasi menuju Filipina, Sulawesi, kalimantan, Sumatera, Lingga, Bangka, Mentawai malah hingga ke Jawa.
Secara umum, bubut-pacar jambul berhabitat di daerah yang dengannya pepohonan yang rendah, di hutan-hutan semak, mangrove, lahan pertanian malah pekarangan sampai-sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Salah satunya jenis burung yang susah dilihat lantaran mempunyai sifat pemalu serta Suka bertenger di antara daun-daun yang rimbun. Akan tetapi Suka tampak disaat tengah berburu makanan yang berupa serangga yang dekat yang dengannya permukaan tanah.
Bunyi burung bubut-pacar jambul berupa teriakan keras serta kasar yang dengannya siulan parau yang mirip bunyi peluit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengarkan bagaimana bunyi burung bubut-pacar jambul ini, silakan pencet tombol play di bawah ini:
Salam kicau!
Foto: OrientalBirdImages.org
Audio: Xenocanto.org
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/03/bubut-pacar-jambul-burung-pengembara.html.

Seputar Bubut-pacar Jambul, Burung Pengembara Yang Pemalu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bubut-pacar Jambul, Burung Pengembara Yang Pemalu