Jenis - Jenis Kacer

- 12:39 AM

Jenis - Jenis Kacer

 
Burung Kacer ataupun Magpie Robin yng ternama di Indonesia tatkala ini ada dua jenis, yaitu kacer hitam yng Suka disebut kacer jawa timur serta kacer poci ataupun kacer sekoci yng Suka disebut kacer sumatra. Burung ini memanglah masih berkerabat yaitu percis-percis dalam genus Copsychus.
Kacer Poci
Kacer Jatim
Burung kacer jawa nama ilmiahnya merupakan Copsychus sechellarum sedangkan kacer poci merupakan Copsychus saularis. Perbedaan keduanya yng menyolok hanyalah pada warna bulu hitam-putih. Copsychus sechellarum ataupun kacer jawa berbulu hitam seluruh di bagian dada hingga dekat kloaka, sementara Copsychus saularis ataupun kacer poci warna hitam cuma hingga dada serta ke bawah sampai-sampai kloaka berwarna putih. Sementara itu burung yng Amat mirip yang dengannya kacer poci ataupun kacer sumatra merupakan kacer madagaskar (Copsychus albospecularis). Semisal disebutkan di atas, kacer terdiri dari 3 species, yaitu Copsychus saularis, Copsychus sechellarum serta Copsychus albospecularis. Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk Copsychus saularis (Oriental Magpie Robin) ini terdiri dari 9 subspecies, yakni:
1. saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia),
2. andamanensis, (Kep. Andaman),
3. musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand),
4. prosthopellus, (Hainan-China),
5. erimelas (India ke Indochina),
6. pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
7. ceylonensis (India, Srilanka),
8. adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
9. mindanensis (Mindanao-Philippines).
Kacer sumatera ataupun kacer poci memiliki warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung serta bagian luar ekor. Sedangkan warna putih berada pada dada, perut serta ekor bagian dalam. Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia serta Indonesia.
Mempunyai bunyi yng keras, nyaring serta pintar menirukan bunyi-bunyi di sekelilingnya. Penampilan Amat atraktif sembari membuka ekor dan mengeluarkan bunyi kicauan yng merdu. Burung ini Amat menyukai udara panas.
Kacer hitam (Copsychus sechellarum) ataupun Seychelles Magpie Robin penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa serta Kalimantan (Indonesia). Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Kemampuan berkicau Amat baik serta pintar menirukan bunyi-bunyi di sekelilingnya. Penampilan Amat atraktif sembari memainkan ekor. Volume bunyi tengah. Jenis ini pula Amat suka yang dengannya udara panas.
Sementara itu kacer madagaskar ataupun Madagascar Magpie Robin (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis serta inexpectatus. Seluruh subspecies Copsychus albospecularis ini tersebar di wilayah Madagascar Afrika.
Bagian leher sebelah atas, punggung serta ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tak kalah dari kedua sepupunya C. saularis serta C. sechellarum
Selain dari ketiga species di atas, ada satu jenis kacer lagi yng beredar di kalangan pedagang serta pemilik burung kacer, yakni Kacer Blorok. Jenis ini pendapat dari anggapan kebanykan orang ataupun peneliti merupakan adalah hasil perkawinan silang yng berlangsung di alam, antara Kacer Hitam Putih (C. saularis) yang dengannya Kacer Hitam (C. sechellarum)
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/12/jenis-jenis-kacer.html.

Seputar Jenis - Jenis Kacer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis - Jenis Kacer