Mencegah Dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Kenari (bumble Foot / Bubulan )

- 4:50 AM

Mencegah Dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Kenari (bumble Foot / Bubulan )

 
Banyak sekali penggemar burung kenari yng mengeluhkan kalau kaki dari burung kenari peliharaan terlihat bengkak dan banyak sekali pula yng mempunyai anggapan bahwasanya bengkak pada kaki burung kenari yang telah di sebutkan di akibatkan oleh gigitan nyamuk, padahal kalau kita telusuri lebih lanjut sebetulnya tidak sedikit faktor yng mampu menjadi penyebab bengkaknya kaki kenari misalnya, bentuk ataupun bahan tenggeran yng tidak lebih cocok misalnya terbuat dari plastik dsb, akibat infeksi bakteri ataupun jamur dan penyakit dan faktor lain yng berkaitan yang dengannya kondisi sangkar yng kotor dan sebagainya.
Pada tahap-tahap awal pertama kaki bengkak (bubulan) ataupun dikenal yang dengannya sebutan Bumble foot pada burung kenari ini, bentuknya akan terlihat semisal jerawat yng kecil berwarna merah muda dan umumnya terdapat atau terletak pada telapak kaki ataupun diantrara kukunya, yng andai tak segera diatasi maka jerawat kecil yang telah di sebutkan akan menjadi makin membengkak kebiruan pada kondisi ini dia andai tak segera ditangani mampu menghasilkan kerusakan permanen pada kaki kenari yang telah di sebutkan.

Mengapa kenari mampu tekena penyakit kaki bengkak ataupun bubulan yang telah di sebutkan, yang akan di sajikan kali ini merupakan beberapa hal ataupun faktor yng mampu menimbulkan timbulnya bumble foot ataupun bulbulan pada kenari :
  • Bengkak yng berlangsung pada kaki kenari umumnya berlangsung disaat kenari yng kelebihan makan makanan yng mampu memicu berlebihnya asam urat didalam aliaran darah menjadikan kelebihan yang telah di sebutkan akan menumpuk dan menjadi kristal yng semisal jarum tajam, dan jarum ini akan mengikuti peredaran darah dan pada akhirnya menumpuk di persendian kaki ataupun telapak kaki dan memicu infeksi didalamnya.
  • Burung kenari yng mempunyai penyakit ginjal Amat rentan terhadap penyakit kaki bengkak ini.
  • Kenari yng mengalami obesitas rentan terhadap penyakit ini.
  • Kenari yng kelebihan metabolisme
  • dalam beberapa kasus kaki kenari yng bengkak ini pula mampu berlangsung akibat tangkringan ataupun tenggeran yng tak sesuai misalnya terbuat dari plastik, terlalu lebar dan terlalu tajam.

Kenapa bumble foot ini cuma mengenai kaki kenari saja ? penyebab penyakit kaki bengkak ataupun Bumble foot ini cuma berlangsung pada kaki burung kenari merupakan :
  • lantaran kaki adalah daerah yng mendapatkan tidak sedikit stress pada tubuh burung kenari.
  • lantaran berat asam urat yng terdapat dalam darah dan akan turun kebagian bawah dari tubuhnya akibat tarikan gravitasi.
  • Jerawat penyebab bengkak ini tak akan muncul pada bagian lain dari tubuh burung kenari lantaran ada bulu-bulu yng bisa atau mampu menyerap kelebihan asam urat.

Perawatan kenari yng di kenai penyakit kaki bengkak ataupun Bumble Foot
Pada tahap awal pembengkakan , pengobatan paling baik merupakan yang dengannya tips melunakan tempat bertenggernya , tatacaranya mampu yang dengannya mempergunakan perban ataupun kain yng dililitkan pada tenggerannya. sembari memberikan pola makan yng teratur dan lebih tinggi kandungan nutrisinya yakni yang dengannya memberikan sayuran yng berwarna hijau tua menjadi sumber vitamin A , ataupun lebih baik lagi mempergunakan pakan burung yng mempunyai kualitas tinggi ( mempunyai kandungan yng komplet yang dengannya komposisi yng lebih tinggi dan mempunyai kualitas) .
Antibiotik mampu diberikan dan pula salep anti-inflamasi dan antibiotik topikal pada kakinya , Andai pembengkakan yang telah di sebutkan dalam kondisi yng Amat parah maka pemberian perban barangkali diharapkan yang dengannya penggantian perban yng di lakukan secara terpola.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegahan Burung Kenari supaya tak gampang di kenai penyakit ini merupakan:
  • Teratur membersihkan sangkar dan tempat tenggerannya.
  • Memotong kuku kenari andai terlihat panjang.
  • Memberikan Vitamin semisal BirdVit dan BirdMineral menjadi imunitas dari macam-macam penyakit.
  • Mengganti tenggeran yang dengannya yng sesuai andai tenggeran yng dipakai dirasa tidak lebih tepat, misalnya terlalu besar ataupun terlalu tidak sedikit ampelasnya.
  • Memberikan makanan yng memiliki kandungan Vitamin A semisal sayuran segar yng berwarna hijau tua.
  • Tak berlebihan dalam memberikan telur rebus, lantaran yang dengannya mengkonsumsi telur rebus yng berlebihan akan membuat kadar asam urat dalam tubuh burung menjadi meningkat dan hal ini mampu menjadi awal penyebab terjadinya penyakit kaki bulbulan ataupun Bumble Foot ini.
Mudah-mudahan memberikan manfaat dan Salam Kicau !!!
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/12/mencegah-dan-mengobati-bengkak-pada.html.

Seputar Mencegah Dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Kenari (bumble Foot / Bubulan )

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mencegah Dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Kenari (bumble Foot / Bubulan )