Wiwik Kipas Dengan Suara Kicauan Yang Mirip Suara Peluit

- 11:00 PM

Wiwik Kipas Dengan Suara Kicauan Yang Mirip Suara Peluit

 
Selama ini penggemar burung di Indonesia pasti akan menghindari suara yang dianggap menjadi suara mati ataupun suara setan. Akan tetapi tahukah kamu, tak seluruh jenis burung yang salah satunya dalam Genus Cacomantis ini mempunyai suara mendayu-dayu semisal wiwik kelabu. Misalnya burung wiwik kipas mempunyai suara kicauan yang mirip suara peluit.
Wiwik kipas cuma mampu ditemui di Papua serta Australia

Wiwik kipas ataupun Fan-tailed cuckoo (Cacomantis flabelliformis) merupakan burung wiwik yang mempunyai tubuh lebih besar, yakni sekitar 27 cm. Warna tubuh bagian bawah coklat merah dengan motif belang yang samar serta bintik-bintik pada kedua sisi dari dada serta perutnya. Penampilan orang-orang sekilas mirip wiwik rimba (Cacomantis variolosus) serta wiwik dada coklat (Cacomantis castaneiventris).
Terdapat 5 sub-spesies dari wiwik kipas ini dengan penyebarannya :
  1. Cacomantis flabelliformi flabelliformis : mempunyai daerah penyebaran dari Australia timur sampai-sampai Australia tenggara serta Tasmania. Pada musim dingin orang-orang akan bermigrasi ke dataran rendah di pulau Papua bagian selatan serta Kepulauan Aru.
  2. Cacomantis flabelliformi pyrrophanus : mempunyai daerah penyebaran di New Caledonia serta Kepulauan Loyalty.
  3. Cacomantis flabelliformi schistaceigularis : mempunyai daerah penyebaran di Vanuatu.
  4. Cacomantis flabelliformi simus : mempunyai daerah penyebaran di Fiji.
  5. Cacomantis flabelliformi excitus : mempunyai daerah penyebaran di Papua (Jajaran pegunungan sedang, Daerah kepala burung, serta Huon).
Wiwik kipas salah satunya jenis burung yang jarang dijumpai, dikarenakan daerah asal orang-orang yang terlalu luas, menjadikan membuat orang-orang cukup susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk didapati. Berlebi orang-orang tak membuat sarangnya sendiri, yang membuat burung ini tak akan menetap dalam satu wilayah.
Namanya pula burung parasit, seluruh jenis burung wiwik mempunyai kebiasaan tidak baik, yakni meletakkan telur orang-orang dalam sarang burung lain, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas dirawat sampai-sampai menjadi burung dewasa oleh indukan burung yang telah di sebutkan. Akan tetapi lantaran berbeda daerah asal serta daerah penyebaran, wiwik kipas lebih Suka menginfeksi sarang burung sikatan serta fairy-wren dan beberapa jenis burung kecil lain yang terdapat di wilayah Papua serta Australia.
Wiwik kipas yang dirawat oleh burung scrub-wren

Makanan utama seluruh jenis burung wiwik merupakan ulat bulu, itu sebabnya orang-orang akan selalu muncul dalam pohon-pohon yang dipenuhi dengan ulat bulu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makananya. Selain itu orang-orang pula menyukai serangga-serangga lain serta larva.
Suara burung wiwik kipas Amat berbeda dengan wiwik lain-lainnya yang mempunyai irama mengalun serta mendayu-dayu, semisal wiwik kelabu , wiwik lurik, serta wiwik uncuing yang mempunyai suara kicauan yang ternama serta pula terkenal dengan mitosnya.
Suara burung wiwik kipas berupa suara getaran yang mirip suara peluit , suara yang telah di sebutkan umumnya dilantunkan andai orang-orang tengah sendirian bertengger dalam batang pohon bagi atau bisa juga dikatakan untuk jangka waktu yang cukup lama, Suara getaran yang telah di sebutkan kadang mengalun cukup cepat ataupun mengalun dengan lambat. Bagi sebagian orang, irama yang telah di sebutkan kadang dianggap mewakili perasaan orang-orang. Serta semisal pula burung wiwik jenis lain-lainnya, suara wiwik kipas akan lebih Suka terdengar seusai fajar ataupun pada waktu senja serta malam hari.
Yang unik merupakan, andai burung wiwik kipas jantan bertemu dengan burung betina, suara getaran akan berganti menjadi siulan lembut yang kadang terdengar Amat melengking.
Penasaran dengan suara burung wiwik kipas ? Silahkan download suara kicauannya di bawah ini :
Suara burung wiwik kipas |
DOWNLOAD
Suara burung wiwik kipas v2 |
DOWNLOAD
Suara burung wiwik kipas modifikasi |
DOWNLOAD
Mudah-mudahan berguna Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/03/wiwik-kipas-dengan-suara-kicauan-yang.html.

Seputar Wiwik Kipas Dengan Suara Kicauan Yang Mirip Suara Peluit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wiwik Kipas Dengan Suara Kicauan Yang Mirip Suara Peluit