Pleci Enggano, Burung Endemik Pulau Enggano

- 8:30 PM

Pleci Enggano, Burung Endemik Pulau Enggano

 
Kacamata enggano (Zosterops salvadorii) adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung endemik Pulau Enggano, Bengkulu. Selain pleci, Pulau Enggano pula menyimpan beberapa burung endemis lain-lainnya semisal anis enggano (Zoothera leucolaema), celepuk enggano (Otus enganensis), serta pergam enggano (Ducula oenothorax).
Pleci enggano, burung endemik Pulau Enggano
Pleci enggano salah satunya jenis burung pengicau dari keluarga Zosteropidae. Tubuhnya berukuran kecil yang dengannya panjang tubuh sekitar 11 cm. Penampilannya mirip semisal saudaranya, burung kacamata biasa (Zosterops palpebrosus). Punggung berwarna zaitun, dada kuning yang dengannya bagian perut berwarna putih-krem. Iris mata coklat, paruh serta kaki hitam dan lingkaran mata yng berwarna putih.
Spesies pleci yng dalam bahasa Inggris dikenal yang dengannya nama Enggano white-eye ini secara umum memiliki kebiasaan serta perilaku yng mirip semisal burung kacamata biasa. Begitu juga yang dengannya bunyi kicauan yng dimilikinya.
Pleci endemik ini cuma mampu dijumpai di pulau Enggano yng salah satunya dalam wilayah administratif Provinsi Bengkulu. Meskipun mempunyai daerah sebaran yng dibatasi (endemik) akan tetapi jenis burung ini masih dianggap belum mendekati ambang batas bagi atau bisa juga dikatakan untuk berstatus rentan. Lantaran alasan yang telah di sebutkan, IUCN menetapkan pleci ini yang dengannya status konservasi Berisiko Rendah ataupun Least Concern (LC).
Meskipun lantas spesies burung endemik ini belum salah satunya dalam daftar jenis burung dilindungi, akan tetapi bukan berguna burung ini jauh dari ancaman kepunahan. Penangkapan liar serta rusaknya tempat asal mampu mengancam kelestarian burung pleci khas Enggano ini di alam liar. Apalagi yang dengannya persebarannya yng dibatasi, bukan tak barangkali dalam waktu beberapa puluh tahun lagi, pleci ini akan bernasib percis semisal saudaranya yng tinggal di Pulau Sangihe yakni pleci sangihe.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/04/pleci-enggano-burung-endemik-pulau.html.

Seputar Pleci Enggano, Burung Endemik Pulau Enggano

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pleci Enggano, Burung Endemik Pulau Enggano