Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil

- 7:48 PM

Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil

 
Kicaukan - Tatacara Penanganan Kenari Tatkala Mabung Supaya Sukses - Sobat kicaukan, apakah kamu punya burung kenari di rumah? Pernahkah kamu mengalami kesulitan tatkala kenari kesayangan kamu tengah mabung/molting? Tentu akan lebih rumit serta susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat serta menangani kenari yng tengah mabung lantaran tatkala kenari mabung ada tidak sedikit faktor yng berpengaruh terhadap sukses ataupun tidaknya proses mabung yang telah di sebutkan.
Mabung ataupun molting merupakan rontok, berubah bulu, ataupun meranggas, yakni bergantinya bulu yng lama ke bulu yng baru yng berlangsung secara periodik. Pada tatkala mabung kamu Perlu lebih memperhatikan kenari kamu serta Perlu mencukupi segala kebutuhan kenari. Lantaran disaat kenari tengah mabung bisa menyerap 25% protein yng ada dalam tubuhnya. Ini berguna kamu Perlu mengganti kebutuhan protein yng terserap yang telah di sebutkan yang dengannya tatacara mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi kenari kamu.
CARA PENANGANAN KENARI SAAT MABUNG AGAR BERHASIL
Protein dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi pertumbuhan bulu baru supaya sempurna. Ketahuilah bahwasanya pada tatkala mabung, kenari butuh tenaga/energi yng lebih tidak sedikit daripada tatkala kenari tengah memproduksi telur, yakni sekitar 2,5 kali lipat. Ada tidak sedikit faktor yng bisa memberi pengaruh kesuksesan kenari seusai mabung, di antaranya menjadi berikut :
  • Usia burung
  • Cuaca
  • Hormon
  • Siklus perkembangbiakan
  • Nutrisi

Nah, bagi kamu yng ingin tahu tatacara perawtan serta penangana kenari tatkala mabung supaya sukses, sebaiknya baca tulisan atau artikel ini dari awal hingga akhir supaya kamu benar-benar paham. Lantaran ada tidak sedikit kasus yng menunjukan bahwasanya proses mabung yng tak sukses akan berdampak pada pertumbuhan bulu yng tak rata, serta ada pula bulu yng tak rontok tatkala mabung. Ini dia yng Perlu kamu perhatikan supaya kenari kamu sukses melewati masa mabung yang dengannya sempurna.
Lantas bagaimana penanganan yng benar pada tatkala kenari tengah mabung supaya sukses? Yang akan di sajikan kali ini kami berikan tips-tips penanganan kenari tatkala mabung supaya sukses :
1. Pastikan kenari kamu bebas dari virus pembawa penyakit Tatkala mabung merupakan tatkala yng paling rawan serta menentukan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu pastikan kenari kamu bebas dari virus-virus pembawa penyakit yng bisa menggagalkan proses mabung kenari. Misalnya circovirus serta polyoma. Kedua virus ini bisa memicu kenari kesulitan dalam memproduksi bulu baru. Kamu mampu mengecek kondisi kenari di dokter hewan di sekeliling kamu.
2. Bersihkan kenari dari parasit pengganggu Langkah yng kedua merupakan membersihkan kenari dari gangguan parasit yng barangkali saja ada di bulu serta tubuh kenari. Parasit semisal kutu, cacing, serta mikroba lain Perlu dibersihkan supaya tak mengganggu proses mabung. Bagi kamu yng ingin tahu lebih terang wacana tatacara membersihkan kutu pada burung, silahkan baca di sini.
3. Mencukupi kebutuhan nutrisi kenari Ini dia yng paling utama dalam menagangani kenari yng tengah mabung, yakni mencukupi kebutuhan nutrisinya. Semisal yng sudah dijelaskan di atas, bahwasanya kenari yng tengah mabung butuh 25% protein dari umumnya lantaran 25% protein dalam tubuh kenari habis diserap selama proses mabung. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kiranya sobat kicaukan memberikan nutrisi-nutrisi lengkap bagi kenari kamu sesuai yang dengannya kebutuhannya. Ingat, pakan yng cukup nutrisi bukan berguna pakan yng tidak sedikit. Yng penting merupakan kandungan nutrisi dalam pakan yang telah di sebutkan. Lantaran akan sia-sia andai kenari gemuk akan tetapi cuma berisi karbohidrat saja. Beberapa nutrisi yng Amat dibutuhkan kenari tatkala mabung antara lain :
  • Protein
  • Kalsium
  • Iodium/yodium
  • Mineral

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi segala kebutuhan nutrisi yang telah di sebutkan, kamu mampu memberikan pakan tambahan (EF) pada kenari kamu. Pakan-pakan yang telah di sebutkan antara lain :
  • Bee pollen
  • Telur rebus
  • Sayuran (misalnya sawi)
  • Biji-bijian berkecambah. Misalnya tauge yng sudah direndam dalam air hingga tumbuh akar/kecambahnya.
  • Kulit tiram. Kulit tiram adalah satu dari sekian banyaknya sumber kalsium serta iodium yng penting bagi kenari tatkala mabung.
  • Tulang sotong. Tulang sotong tidak sedikit memiliki kandungan kalsium serta mineral yng dibutuhkan kenari tatkala mabung.
  • Grit yng memiliki kandungan mineral
  • BMT (birdmolt)
  • Spirulina
  • Multivitamin
Penanganan kenari yng tengah mabung mencakup kebutuhan nutrisi yng lengkap yng Amat dibutuhkan oleh kenari. Andai kamu tak memperhatikan kebutuhan nutrisi yang telah di sebutkan maka mampu jadi kenari akann "gagal" seusai mabung. Tentu kamu tak ingin ini berlangsung kan? Silahkan praktikkan tips-tips di atas di rumah. Kalau ada kekurangan serta kesalahan mohon diluruskan.
Demikian berita yng bisa kami sampaikan wacana tatacara penanganan kenari tatkala mabung supaya sukses, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kamu serta Terimakasih sudah membaca tulisan atau artikel ini. Simak terus Kicaukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh macam-macam berita penting seputar dunia burung serta perawatannya. Salam kicau, mudah-mudahan berhasil.!!!
Sobat kicaukan, andai kamu menilai tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi kamu silakan like di Facebook ataupun tweet di Twitter. Terimakasih.
Lihat pula tulisan atau artikel menarik yang akan di sajikan kali ini : Cara Merawat Prenjak Kepala Merah Supaya Cepat Gacor.

Sumber rujukan dan gambar : http://kicaukan.blogspot.com/2013/11/cara-penanganan-kenari-saat-mabung-agar-berhasil.html.

Seputar Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil