Hwamei | Riwayatmu Kini ...

- 8:27 PM

Hwamei | Riwayatmu Kini ...

 
Hwamey (Leucodioptron canorum, formerly Garrulax canorus) ataupun lebih akrab dikenal yang dengannya sebutan wambi merupakan burung yng pernah ternama di kalangan pecinta burung kicauan indonesia di tahun 90an, sejajar yang dengannya burung burung lain yng pula mempunyai tidak sedikit penggemar dizamannya yakni Poksay, Samho, Robin peking, serta Jalak hongkong. Populasi hwa mey tatkala itu cukup tidak sedikit dipasaran ataupun di habitatnya di negeri china menjadikan burung hwamey yng diambil dari bahasa china ( hua-mei ) yng berguna 'alis yang dicat' itu tidak sedikit di ekspor ke negara-negara tetangga salah satunya Indonesia serta malaysia. akan tetapi semenjak terjadinya kasus flu burung pertama kali yng mewabah di negeri china , pemerintah indonesia menutup pintu masuk burung-burung dan unggas-unggas impor dari negeri china serta ini salah satunya burung hwamei, poksay, robin peking, jalak hongkong serta samho. malah kelangkaan burung hwamei ini pun terasa sampai-sampai tatkala saat ini ini. Burung hwamei ini salah satunya burung yng pintar menirukan bunyi burung lain, suaranya yng keras, tajam serta bervariasi menjadikan burung ini mempunyai cukup tidak sedikit peminatnya baik di negara asalnya maupun di negara-negara asia lain-lainnya semisal thailand, malaysia, philipina malah indonesia. Sayang keberadaan burung hwamei di indonesia makin sulit didapatkan kalaupun ada pasti harganya melambung tinggi ataupun burungnya pun telah tua. Burung inipun pernah sempet merajai arena-arena kontes maupun lomba-lomba burung berkicau dizamannya. Burung hwamei salah satunya burung tipe 'fighter' , temperamennya yng tinggi membuat burung ini di negeri asalnya Suka dijadikan menjadi burung aduan (semisal ngadu ayam kalo di indonesia) . Daerah asal burung ini merupakan di semak-semak belukar, Hutan sekunder, Hutan terbuka, Taman serta kebun sampai-sampai ketinggian 1800 dpl. Populasi burung ini cukup tidak sedikit tersebar di area-area terbuka, Burung ini senang bersembunyi di dalam semak maupun pepohonan yng rindang.
Hwamei mengais makanannya diantara dedaunan di atas tanah, makanannya merupakan serangga serta pula buah-buahan. umumnya terlihat berpasangan ataupun dalam jumlah kelompok yng kecil. Musim kawin berlangsung dari bulan Mei sampai-sampai Juli. Sebuah sarang berbentuk cangkir besar dibangun sampai-sampai dua meter di atas tanah di pohon ataupun semak ataupun pula di antara semak belukar. Bertelur antara Dua sampai-sampai lima telur yng berwarna biru ataupun biru-hijau.
Perbedaan Jantan serta Betina
Perbedaan burung hwamei jantan serta betina mampu didengar dari bunyi yng dikeluarkannya, Kalau burung jantan suaranya bervariasi serta terdengar keras sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung betina cuma bersuara memanggil ' tcrrrrrrr...tcrrrrrrrr...tcrrrrrrrrrrr' .
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh jantan umumnya lebih gemuk serta besar dari burung betina dan warna alis matanya yng tajam serta tebal, sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung betina umumnya warna keseluruhan tubuhnya terlihat kusam.
Rawatan Harian Burung hwamei
Perawatan harian burung ini percis saja yang dengannya burung burung bertipe fighter lain-lainnya semisal Kacer, Tledekan serta Muray batu. Jangan menggantung 2 ekor burung yng percis secara berdekatan ataupun saling melihat lantaran hal itu mampu berpengaruh pada mental serta pula kondisi si burung. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk EF (ekstra Fooding) mampu secara rutin diberikan Jangkrik, belalang serta buah-buahan segar.
Pemilihan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung hwamei dianjurkan mempergunakan sangkar berbentuk bulat ( kalau dulu sangkar bulat yng mempunyai kunci berbentuk garpu Suka disebut yang dengannya sangkar hwamei ) dikarenakan andai mempergunakan sangkar dikhawatirkan merusak paruh maupun bulu-bulu ekornya. lantaran burung hwamei salah satunya burung yng Amat giras sampai-sampai Suka menabrak-nabrak sangkarnya sampai-sampai membuat ujung pangkal paruhnya rusak ataupun pula peruhnya bengkok, akan tetapi pula biarpun burung hwamei kamu telah jinak lebih baik tetap mempergunakan sangkar berbentuk bulat ( telah dari sononya begitu,hehehe )
Bunyi burung hwamei
Video hwamei
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/02/hwamei-riwayatmu-kini.html.

Seputar Hwamei | Riwayatmu Kini ...

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hwamei | Riwayatmu Kini ...