Murai Batu Kegemukan, Ini Solusinya

- 4:54 AM

Murai Batu Kegemukan, Ini Solusinya

 
Pernahkah kamu mendapati tubuh Murai Batu terlihat lebih gemuk dari sebelumnya? Andai iya, kamu Perlu menangani permasalahan itu. Kegemukan pada Murai Batu diluar dugaan membawa kepada keadaan yng tak baik. Percis halnya semisal kegemukan (obesitas) yng berlangsung pada kita-kita. Kegemukan berpotensi besar terserang penyakit. Beberapa penyakit yng biasanya Suka menyerang burung kicauan yang dengannya berat tubuh terlebih :
  • Penyakit Hati (Lepatic lipidosis)
    Ini lantaran, kegemukan pada burung didorong oleh meningkatnya jumlah lemak dalam tubuhnya. Lemak yng terlebih, apalagi yng berada di sekeliling organ hati, akan menurunkan kinerja hati. Andai terus berlanjut, keadaan ini mampu menghasilkan pendarahan serta permasalahan dalam organ hatinya.

  • Menjadi malas serta tak lincah
    Penyebabnya yaitu, bobot tubuhnya tak diiringi yang dengannya tenaga yng meningkat. Kegemukan memicu burung gampang terasa lapar. Ia akan terus makan serta makan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan kalori yng meningkat. Di tatkala kekenyangan, burung akan enggan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergerak, Ia lebih memilih berdiam diri di sangkar serta beristirahat. Tingkah laku ini bisa berlanjut serta menjadi kebiasaan bagi burung serta lebih parahnya burung tak mau berbunyi/ menjadi bisu.

  • Reproduksi yng bermasalah
    Kegemukan pula memberi pengaruh nalurinya berkembangbiak. Faktornya merupakan akibat naluri birahi yng menurun, sebagian besar menyerang indukan betina. Jikapun sudah berlangsung pembuahan dalam dirinya, serta memasuki tingkat pembentukan telur. Kegemukan membuat burung rentan terserang egg binding (telur lengket/terjepit), serta tentu akan menyulitkannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan telur bagi indukan betina.

Peristiwa kegemukan yng berlangsung bagi burung kicauan, dalam hal ini Murai Batu, tak selalu berlangsung begitu saja. Coba ingat-ingat sebelumnya, adakah perubahan pola pakan yng berlebihan kamu berikan pada Murai Batu dari umumnya. Ataupun coba cari tau, andai kamu membeli Murai Batu dari pasar, apakah Murai Batu yang telah di sebutkan merupakan Murai Batu hasil penangkaran ataupun Murai batu liar yng diperoleh dari penangkapan di hutan.
Asal muasal Murai Batu butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui, supaya kamu mampu lebih menyesuaikan jenis pakannya. Lantaran Murai Hutan terbiasa yang dengannya pakan alami semisal jangkrik, belalang, ulat. Serta andaikan disaat bersama kamu mendadak langsung kamu kasih pakan olahan semisal voer, terperinci ini dia yng menjadi penyebabnya. Akan tetapi terkadang, kegemukan yng berlangsung pada Murai Batu mampu lantaran keadaan Murai Batu itu sendiri. Misalnya, pada tatkala Murai Batu mengalami masa mabung. Di tatkala semisal ini Murai batu akan mengurangi aktivitasnya, jadi aktivitas yng dikerjakannya cuma makan serta makan.
Andaikan Murai Batu kamu menunjukan gejala kegemukan, ataupun bahkan telah tergolong gemuk. Beberapa tatacara di bawah ini bisa kamu terapkan guna mengatasi permasalahan itu.
  • Penjemuran
    Satu dari sekian banyaknya dampak positif di lakukan penjemuran merupakan mencegah berlangsung kegemukan. Penjemuran ini sebetulnya bukan tatacara utama membakar kalori, namun lebih kepada mengurangi nafsu makannya. Coba perhatikan, penjemuran akan membuat Murai Batu tidak sedikit minum. Pengaruh sinar cahaya matahari meredakan nafsu makan yng tinggi.

  • Pemandian
    Tips ini pula ampuh mengatasi kegemukan Murai Batu. Pancing Murai Batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk tidak sedikit mandi. Seusai di lakukan penjemuran nafsu Murai Batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi umumnya tinggi. Mandi dalam hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk membakar lemak dari gerakan-gerakan ataupun aktivitas pemandian yng ia lakukan.

  • Perhatikan jenis pakan
    Disaat kegemukan melanda, hindari Murai Batu diberi pakan yng memiliki kandungan karbohidrat. Pakan olahan semisal voer pula jangan. Pakan yng baik adalah pakan alami berupa serangga kesukaannya.

  • Latihan Murai Batu
    Sesekali tak ada salahnya kamu terapkan sangkar umbaran bagi atasi Murai Batu yng gemuk. Dalam sangkar umbaran Murai Batu lebih leluasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergerak, terbang ataupun meloncat sana kemari, sekalian latihan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membakar lemaknya, ketimbang dalam sangkar yng notabene sempit. Namun Perlu diingat, pengalaman dari penghobi, penerapan sangkar umbaran memiliki dampak negatif terhadap kualitas kicauan burung jadi rusak. Oleh lantaran itu, tak disarankan di lakukan secara Suka.

Sekian tulisan atau artikel ini, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi pembaca.
Oleh : Roma Doni
Rujukan : omkicau.com, agrobur.com serta beberapa sumber lain-lainnya.
Gambar : http://blog-muraibatu.blogspot.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/11/murai-batu-kegemukan-ini-solusinya.html.

Seputar Murai Batu Kegemukan, Ini Solusinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Murai Batu Kegemukan, Ini Solusinya