Anis Bentet Sangihe, Burung Asli Indonesia Yang Terancam Punah

- 1:39 AM

Anis Bentet Sangihe, Burung Asli Indonesia Yang Terancam Punah

 
Anis bentet sangihe ataupun Sangihe shrike-thrush (Colluricincla sanghirensis) merupakan jenis burung yang adalah endemik Pulau Sangihe di Sulawesi Utara. Burung bertubuh kecil ini salah satunya dalam keluarga Colluricinclidae, serta cuma didapati di sekeliling Gunung Sahendaruman.
Anis bentet sangihe
Daerah asal
Anis bentet sangihe biasanya didapati sendirian ataupun terkadang bersama kelompok-kelompok kecil burung penghuni hutan di sekeliling Gunung Sahendaruman serta Gunung Awu. Gunung Sahendaruman sendiri adalah gunung berapi yang telah tak aktif yang terdapat atau terletak di pulau yang mempunyai luas 58.200 hektar.
Gunung ini adalah satu-satunya tempat berhutan primer yang ada di Pulau Sangihe. Walaupun luas hutannya cuma sekitar 500 hektar, akan tetapi Sahendaruman menjadi rumah bagi delapan jenis burung yang adalah endemik Sangihe, yang empat jenis di antaranya dalam kondisi terancam punah yang dengannya status Kritis serta satu jenis berstatus Genting.
Dari keempat jenis yang telah di sebutkan, anis bentet sangihe mempunyai status terancam punah, sedangkan 3 spesies lain yakni eriwang sangihe (Eutrichomyias rowleyi), kacamata sangihe (Zosterops nehrkorni) serta udang-merah sangihe (Ceyx sangirensis). Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk spesies burung yang berada dalam status Genting merupakan burung-madu sangihe (Aethopyga duyvenbodei).

Anis bentet sangihe memiliki tubuh berukuran kecil yakni sekitar 17 cm, tubuh bagian atas berwarna coklat zaitun yang dengannya warna coklat tua pada bagian bahu serta bawah punggungnya, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna coklat pucat yang membias kekaratan pada bagian perutnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tatkala ini, populasi anis bentet sangihe masih diperkirakan terdapat tidak lebih dari 100 individu burung, mengingat kecilnya tempat asal orang-orang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga populasi orang-orang yang terus berkurang, pada bulan Januari 1999, burung anis bentet sangihe mulai ditetapkan menjadi burung dilindungi, sesuai yang dengannya Aturan Pemerintah no.7 Tahun 1999.
Bunyi anis bentet sangihe
Download mp3 format | wav format
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/01/anis-bentet-sangihe-burung-asli.html.

Seputar Anis Bentet Sangihe, Burung Asli Indonesia Yang Terancam Punah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Anis Bentet Sangihe, Burung Asli Indonesia Yang Terancam Punah